Penjelasan, Fungsi, & Tugas HUMAS di Organisasi ROHIS

    Salah satu jabatan atau divisi yang ada di dalam organisasi Rohani Islam (ROHIS) adalah Hubungan Masyarakat. Jabatan yang lebih sering disingkat humas ini merupakan salah satu divisi yang sangat penting, bahkan menurut saya wajib ada di setiap organisasi ROHIS. Divisi Humas ini tidak hanya ada di organisasi sekolah, namun juga diperlukan untuk organisasi masyarakat.

    Baca Juga: Contoh Struktur Organisasi ROHIS Beserta Tugasnya di Sekolah

    Penjelasan Divisi Humas ROHIS


    Divisi humas adalah divisi yang erat kaitannya dengan keorganisasian, terlebih hal-hal yang berkaitan dengan eksternal. Humas selalu mengambil peran penting dalam program kerja organisasi karena fungsinya yang memang berkaitan erat dengan itu, seperti mencari dana, mengirim surat, melakukan promosi, dan lainnya.

    Karena tugasnya yang banyak berkaitan dengan eksternal, maka diusahakan para anggota yang menjabat sebagai pengurus humas harus memiliki keahlian dalam hal negosiasi, mencari dana, kreativitas, dan mampu melakukan mobilisasi serta cepat tanggap. Selain itu juga divisi ini memerlukan jumlah anggota yang cukup banyak.

    Fungsi dan Tugas Divisi Humas ROHIS


    1. Mengambil jabatan penting di acara / event


    Biasanya, humas akan ditempatkan di jabatan yang tinggi di dalam sebuah acara atau event seperti Isra' Mi'raj oleh koordinator pelaksana. Hal ini kurang lebih sama seperti seksi acara di organisasi OSIS. Koordinator dari divisi ini bisa ditempatkan sebagai ketua atau wakil ketua ketika ada acara mengenai keislaman di sekolah atau masyarakat.

    2. Menyosialisasikan kegiatan di ROHIS


    Selain mengambil peranan penting saat ada proker, para anggota pemegang humas juga memiliki tugas untuk menyosialisasikan kegiatan-kegiatan yang dirasa perlu untuk disebarluaskan kepada banyak orang. Kegiatan-kegiatan itu bisa seperti jadwal kegiatan rutin di organisasi, memberitahukan siapa yang menjadi imam serta muadzin, perayaan Isra' Mi'raj, dan lain sebagainya.

    Sosialisasi disini bukan hanya melakukan publikasi secara lisan. Humas juga harus bisa memublikasikannya melalui berbagai macam media lainnya, seperti sosial media, surat kabar, banner, majalah dinding, hingga undangan resmi. Jadi tidak heran bila divisi ini akan sering bekerja sama dengan ketua dan sekretaris.

    3. Mencari dana untuk program kerja & acara


    Bukan hanya mendapat posisi penting di dalam acara, humas pun juga ikut berperan dalam mencari dana segar agar program kerja dan acara bisa berjalan dengan lancar. Tentunya hal ini bukanlah pekerjaan yang mudah, karena mencari dana memanglah menjadi salah satu bagian paling sulit dalam membuat sebuah acara.

    Baca Juga: Contoh Program Kerja & Kegiatan untuk Rohis yang Menarik

    Para anggota humas akan pergi kesana kemari mencari dana dan sponsor, mengirim proposal bantuan dana dari sekolah, hingga melakukan wirausaha untuk mendapatkan dana tambahan. Diperlukan keahlian khusus dalam mencari dana serta komunikasi yang baik agar bisa melakukan pekerjaan ini.

    4. Menjadi pelopor kegiatan-kegiatan rutin di internal ROHIS


    Selain mengurus eksternal, ternyata divisi humas juga mengatur kegiatan internal. Oleh karenanya kadang divisi ini sering dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian internal dan eksternal. Humas internal akan mengatur dan mengurus segala kegiatan bersama di dalam organisasi, sedangkan eksternal akan mengatur segala kegiatan yang berkaitan dengan di luar organisasi.

    Sebagai seorang humas, para anggota harus bisa menjadi pelopor, penyemangat, serta menjadi contoh teladan untuk seluruh anggota ROHIS. Ia memiliki peran untuk mengajak para anggota untuk melaksanakan kegiatan, baik itu kegiatan rutin maupun spesial.

    Selain itu juga biasanya humas diberikan kepercayaan oleh ketua untuk membuat program-program baru yang bertujuan untuk meningkatkan iman, solidaritas, serta mengenalkan organisasi ROHIS ke dunia luar.

    Sekian penjelasan lengkap mengenai divisi humas di organisasi rohani Islam beserta fungsi, tugas, dan keahliannya, semoga bermanfaat.

    Jadilah komentator pertama!

    Kebijakan Komentar

    Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.

    Emoticon
    :)
    :(
    hihi
    :-)
    :D
    =D
    :-d
    ;(
    ;-(
    @-)
    :P
    :o
    }D
    (o)
    :p
    (p)
    :-s
    (m)
    8-)
    :-t
    :-b
    b-(
    $-)
    (y)
    x-)
    (l)
    Penggunaan Tag & Gambar di Komentar
    Menggunakan PRE (block element)
    [pre] ... [/pre]

    Menggunakan CODE (block element)
    [code] ... [/code]

    Memasukkan IMG (gambar)
    [img src='...'/]

    Catatan:
    • Isi ... pada tag PRE dan CODE dengan kode yang ingin dimasukkan
    • Isi ... pada tag IMG dengan link gambar yang ingin ditampilkan
    • Parse terlebih dahulu kode yang ingin dimasukkan pada tab sebelah kanan (☷), caranya yaitu masukkan kode yang ingin diparse ke dalam box input, lalu hasil parse akan muncul pada box output
    HTML Parser
    Input:
    Output: