Contoh Program Kerja & Kegiatan untuk Rohis yang Menarik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Saladinez
Contoh Program Kerja & Kegiatan untuk Rohis yang Menarik

Selain digunakan untuk mendalami agama Islam, organisasi Rohani Islam atau lebih sering disingkat Rohis ternyata juga dapat diisi dengan berbagai macam Program Kerja (Proker) dan kegiatan menarik agar organisasi tidak terlalu monoton dan cenderung lebih asik. Langsung saja pada artikel kali ini Saladinez berikan beberapa contoh proker dan kegiatan Rohis yang menarik.

Apa itu ROHIS?


Rohis merupakan singkatan dari Rohani Islam, adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk tujuan meningkatkan ketakwaan dan iman kepada Allah SWT. Organisasi ini sering kali kita temui pada sekolah-sekolah maupun pada sebuah komplek perumahan. Kalau di dalam komplek perumahan, kegiatan Rohis cenderung lebih mirip ke IRMA alias Ikatan Remaja Masjid.

Dalam pandangan orang lain sendiri, Rohis cenderung lebih sering melakukan kegiatan yang sangat monoton, seperti ngaji bareng dan mendengarkan ceramah, sehingga tak heran kalau anggota dan peminat dari Rohis tidak terlalu banyak, tidak sebanyak OSIS.

Oleh karenanya, anda yang ikut ke organisasi Islam yang satu ini dituntut untuk lebih kreatif dalam membuat sesuatu yang dapat menarik perhatian dan menghilangkan pandangan bahwa Rohis hanya berisi kegiatan ngaji dan ceramah saja, melainkan ada banyak kegiatan lainnya yang lebih seru.

Kalau bingung mencari ide kira-kira kegiatan apa yang perlu dibuat, tenang saja. Kali ini saya yang juga sebagai seorang yang ikut Rohis akan membagikan beberapa Program Kerja alias proker dan kegiatan yang pernah saya buat serta ikuti selama berada di Rohis 'Ainul Yaqin, yang tentunya sangat menarik dan membuat anggotanya semakin betah ikut di organisasi ini.

Contoh Program Kerja dan Kegiatan untuk Rohis yang Menarik 


1. Ngaji Bareng


Kegiatan pertama yang paling sering dilakukan adalah NGACIR alias ngaji ceria, atau biasa disebut juga ngaji bareng. Biasanya pada kegiatan ini seluruh anggota akan dikumpulkan pada suatu tempat (biasanya masjid), lalu bersama-sama belajar membaca dan memahami Al-Qur'an dengan dibantu oleh seorang guru atau ustadz. Saya yakin semua organisasi Rohis terutama yang ada di sekolah pasti mempunyai kegiatan yang satu ini.

2. Majelis Ta'lim


Seperti biasa, pada Majelis Ta'lim anda dan para anggota dapat berkumpul pada suatu masjid di saat waktu senggang sambil belajar sesuatu yang berkaitan dengan agama, beberapa yang sering dilakukan adalah belajar Fiqih, Hadist, dan Tajwid.

Dalam pelaksanaannya, anda dapat melakukannya di suatu masjid yang terletak di tempat yang agak ramai agar yang mengikuti kegiatan ini bukan hanya dari kalangan anggota Rohis saja, tetapi orang luar yang datang ke masjid juga tertarik untuk ikut. Untuk masalah waktu pelaksanaan, saya sarankan pada waktu antara Maghrib dan Isya, karena waktu itu merupakan saat dimana orang sedang istirahat dan tidak terlalu banyak pekerjaan.

3. Maulid Nabi


Hari-hari besar seperti Maulid Nabi juga perlu diadakan. Dalam perayaannya yaitu pada tanggal 12 Rabiul Awal, anda dapat mengumpulkan semua orang termasuk yang bukan anggota Rohis untuk ikut melaksanakan perayaan Maulid di masjid. Anda dapat mengundang salah satu tokoh ustadz terkenal di daerah tersebut untuk berceramah seputar peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW.

4. Pesantren Kilat


Kegiatan ini biasanya dilakukan di sekolah pada saat bulan Ramadan telah tiba, dan tentunya pada hari libur sekolah. Tujuan dari pesantren kilat sendiri adalah untuk meningkatkan iman dan ketakwaan para siswa, karena seperti yang kita ketahui Ramadan merupakan bulan yang suci dan istimewa dimana perbuatan baik akan dibalas kebaikan yang berlipat ganda pula.

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan selama pesantren kilat antara lain seperti mengaji bersama, mendengarkan ceramah, belajar Fiqih, Tajwid, dan lain sebagainya, mirip seperti Majelis Ta'lim, hanya saja dilakukan pada saat bulan Ramadan. Pesantren kilat sendiri biasanya dilaksanakan pada saat sebelum berbuka puasa sampai selesai sholat Tarawih.

5. Bakti Sosial


Sesuai dengan namanya, bakti sosial merupakan sebuah kegiatan amal, dimana nanti hasil dari kegiatan tersebut akan disumbangkan kepada yang membutuhkan. Program kerja yang sering disingkat dengan nama BAKSOS ini memiliki banyak kegiatan di dalamnya, seperti meminta sumbangan, melakukan kegiatan amal, berjualan sesuatu yang hasilnya akan disumbangkan, dan masih banyak lagi. Baksos sangat berperan dan kita sering melihatnya membantu ketika ada terjadi sebuah bencana di sekitar kita.

6. Blog dan Sosial Media


Bukan hanya di real-life saja, Rohis juga harus ikut serta di dunia maya seperti blog dan sosial media. Sosial media yang saya maksud seperti membuat Instagram Rohis, Twitter, Official Account Line, Fanspage Facebook, dan semacamnya. Bukan hanya dibuat, akun sosmed tadi juga harus aktif menshare sesuatu yang bermanfaat dan bertujuan untuk meningkatkan keimanan seseorang yang membacanya.

Kalau dalam hal blog, mungkin kita memerlukan seseorang yang pernah menjadi seorang Blogger atau setidaknya mengerti dasar blog guna mengurus blog Rohis. Blog Rohis nantinya bisa diisi dengan berbagai macam artikel yang seputar agama sekaligus sebagai "arsip online" untuk Rohis. Bila trafik dari blog tersebut sudah lumayan tinggi, tidak ada salahnya kalau dimonetisasi. Profit yang didapat dari blog tersebut dapat disimpan ke dalam uang kas untuk menunjang kegiatan Rohis lainnya yang kebanyakan membutuhkan banyak biaya. Untuk contoh blognya seperti berikut: Blog Rohis 'Ainul Yaqin.

7. Liga Rohis


Nah yang terakhir ini menurut saya yang paling seru. Liga Rohis merupakan sebuah liga sepakbola yang berisi tim-tim dari Rohis yang ada di kota tersebut. Sama seperti liga sepakbola lainnya, terdapat babak 16 atau 32 besar, lalu akan terus berkurang hingga ke Final. Tim Rohis pemenang akan diberikan hadiah yang berkaitan dengan islami, dan sebagian besar keuntungan yang didapatkan dari sponsor dapat disumbangkan kepada yang membutuhkan.

Siapa bilang Rohis itu isi kegiatannya cuma mengaji saja? Sebenarnya anda bisa mengisinya dengan kegiatan-kegiatan positif lainnya, yang tentunya tetap berkaitan dan tidak menentang ajaran agama Islam. Sekian artikel Saladinez seputar Contoh Program Kerja & Kegiatan untuk Rohis yang Menarik, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

0 komentar untuk Contoh Program Kerja & Kegiatan untuk Rohis yang Menarik

Silakan berkomentar menggunakan akun Google Plus anda. Jangan buang-buang waktu hanya untuk melakukan SPAM disini.