Cara Setting Low GTA V di Laptop RAM 4 GB Agar Tidak Lag

    Pernahkah kamu mendapatkan lag ketika bermain GTA V di laptop atau komputer? Atau kebingungan mencari cara mengatasi GTA 5 yang lag, patah-patah, FPS Drop  & cara fix setting low / medium spec di laptop RAM 4 GB? Bila iya tenang saja karena saya akan membahasnya satu-persatu kali ini.

    Sebelumnya, siapa sih yang tidak kenal dengan game satu ini? Grand Theft Auto adalah sebuah game bertema open-world paling populer yang pernah ada hingga saat ini. Game yang dikembangkan oleh Rockstar Games ini pertama kali dirilis versi pertamanya yang berjudul GTA London 1969 pada tahun 1999 hingga saat ini versi terbarunya yang bernama GTA V yang dirilis pada tahun 2013 lalu.

    Gameplay yang ditawarkan sangatlah menarik. Kamu akan menjadi seseorang yang bisa melakukan apa saja. Kamu juga akan mendapatkan beberapa misi unik dari teman-temanmu, seperti adu balap, menjadi mata-mata, hingga berperang melawan musuh geng.

    Tidak hanya dari segi gameplay, grafiknya pun sangat memukau. Untuk GTA V yang dirilis pada 2013 lalu saja sudah memiliki grafik sekelas game-game high end, sehingga tak jarang para pemainnya sering mengeluhkan terjadinya lag, patah-patah, FPS drop, stuttering, dan error lainnya.

    Tetapi masalah-masalah itu bukan hanya disebabkan oleh spesifikasi yang tidak mencukupi saja, loh! Masih ada banyak penyebab lainnya yang membuat GTA V mu menjadi lag walaupun spesifikasi sudah cukup untuk memainkannya. Langsung saja berikut tips-tips nya.

    Baca Juga: Spesifikasi Game: Grand Theft Auto IV PC

    Cara mengatasi GTA 5 yang lag, patah-patah, FPS Drop  & cara fix setting low / medium spec di laptop RAM 4 GB.


    1. Pastikan spesifikasi mencukupi


    Hal pertama dan paling utama yang harus kamu perhatikan adalah pastikan setidaknya laptop atau komputermu memenuhi syarat minimum spesifikasi untuk memainkan GTA V. Hal ini penting karena apabila kamu memiliki spesifikasi yang terlampau rendah, maka tentu mau melakukan beribu-ribu cara pun kamu tidak akan bisa mengatasi lag di GTA V. Berikut spesifikasi minimum dan rekomendasinya:

    Spek Minimum GTA V

    • OS : Windows 10 64-bit / Windows 8.1 64-bit / Windows 8 64-bit / Windows 7 64-bit Service Pack 1
    • Prosesor : Intel Core 2 Quad CPU Q6600 @ 2.40GHz (4 CPUs) / AMD Phenom 9850 Quad-Core Processor (4 CPUs) @ 2.5GHz
    • RAM : 4 GB
    • VGA : NVIDIA 9800 GT 1GB / AMD HD 4870 1GB
    • Storage : 80 GB
    • DirectX : 10

    Spek Rekomendasi GTA V

    • OS : Windows 10 64-bit / Windows 8.1 64-bit / Windows 8 64-bit / Windows 7 64-bit Service Pack 1
    • Prosesor : Intel Core i5 3470 @ 3.2GHz (4 CPUs) / AMD X8 FX-8350 @ 4GHz (8 CPUs)
    • RAM : 8 GB
    • VGA : NVIDIA GTX 660 2GB / AMD HD 7870 2GB
    • Storage : 80 GB
    • DirectX : 11
    Dengan RAM 4 GB saja kamu sudah bisa memainkan game sekelas GTA V, loh! Menurut saya, spesifikasi diatas tidaklah terlalu tinggi, karena banyak game-game lain seperti PES yang memerlukan spesifikasi yang jauh lebih tinggi. GTA V sendiri lebih menekankan pada VGA dan prosesor karena grafiknya yang cukup memukau sehingga memerlukan clock speed yang tinggi. Bila spesifikasimu sudah mencukupi atau setidaknya memenuhi syarat minimal, maka lanjut ke cara kedua.

    2. Jangan sambil multitasking atau membuka browser


    Hindari multitasking ketika bermain GTA V

    Hindari melakukan multitasking ketika kamu sedang memainkan GTA V karena hal itu dapat mengurangi performa game. Bisa kita lihat pada gambar di atas CPU dan RAM sudah termakan banyak karena membuka aplikasi lain. Sebisa mungkin untuk menutup semua aplikasi sebelum kamu memainkannya, ya!

    Aplikas-aplikasi yang harus kamu hindari adalah browser, photoshop, Corel, dan aplikasi lainnya yang memerlukan resource cukup banyak untuk menjalankannya. Terutama browser, karena browser biasanya dapat memakan 1 hingga 2 GB dalam sekali pakai.

    3. Aktifkan mode gaming


    Jangan sepelekan mode gaming! Mode ini disediakan khusus bagi kamu agar bisa menikmati game dalam performa maksimalnya. Untuk kamu para pengguna AMD, mungkin bisa mengaturnya melalui settingan AMD. Sedangkan bagi pengguna NVIDIA, kamu bisa menggunakan NVIDIA GeForce Experience dan Razer Cortex.

    Fungsi dari mode gaming adalah melakukan hibernasi pada aplikasi lain, menutup beberapa program yang berjalan di latar belakang, membebaskan ruang RAM dan Storage, menjaga frame rate agar tetap stabil, dan memaksimalkan seluruh pekerjaan pada game yang sedang kamu mainkan. Jadi jangan heran kamu akan mendapatkan performa terbaik ketika menyalakan mode ini.

    4. Setting grafik ke yang paling rendah


    Hal terpenting lainnya adalah atur kualitas grafis mu ke yang paling rendah, baik dari population density, population variety, MSAA, VSync, kualitas shadow, dan masih banyak lagi lainnya. Hal ini penting karena terbukti ampuh meningkatkan FPS mu bahkan hingga berkali-kali lipat!

    Contoh cara setting grafik di GTA V

    Pengaturan grafik dapat kamu akses di SETTINGS > Graphics. Sesuaikan kualitas grafik dengan Video Memory yang kamu miliki, jangan sampai kualitasnya melebihi dari kapasitas yang kamu miliki! Karena jika tidak, kamu akan merasakan lag yang sangat parah.

    5. Pakai mod untuk setting grafik


    Bila sudah setting grafik ke yang paling rendah namun kamu masih mendapatkan lag, kamu bisa menggunakan mod. Mod ini berfungsi untuk mengatur beberapa setting grafik yang tidak bisa kamu atur melalui gamenya, sehingga kamu memerlukan mod. Untuk mendownload modnya kamu bisa mengunjungi situs GTAind pada link berikut: Settingan GTA V Untuk PC Low Spek.

    Dari beberapa review yang ada, terbukti mod ini ampuh untuk mengurangi lag pada laptop atau komputer yang memiliki VRAM 512 MB, padahal minimal spesifikasinya kamu memerlukan VRAM 1 GB. Untuk cara memasang mod GTA V nya juga diterangkan pada situs tersebut.

    6. Mainkan game ketika charge


    Walaupun sebenarnya kurang baik bagi kesehatan bateraimu, tetapi bermain GTA V ketika laptop dalam keadaan charge mampu meningkatkan performa hingga 50%. Hal ini dikarenakan laptop terus-menerus mendapatkan energi sehingga tidak melakukan penghematan energi sedikitpun untuk menghemat baterainya. Jadi, kamu akan merasakan performa tertinggi tanpa ada penghematan sedikit pun.

    7. Ubah power plan ke mode performa tinggi


    Biasanya, secara default Windows akan mengatur power plan nya ke mode Balanced. Saya sangat menyarankanmu untuk mengubahnya ke mode performa tinggi / High Performance agar bisa memaksimalkan performa gamingmu.

    Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengklik kanan ikon baterai di taskbar, pilih Power Options, lalu ubah power plan dari Balanced atau Power Saving menjadi High Performance. Jangan sampai kamu menggunakan mode hemat karena akan menurunkan performa laptopmu!

    8. Pastikan komputer / laptop selalu dalam keadaan dingin


    Kemudian pastikan juga komputer atau laptop yang kamu gunakan dalam keadaan dingin. Cek lah suhunya menggunakan aplikasi atau dengan cara manual yaitu memegang bagian bawah laptop atau CPU komputer. Komputer yang panas dapat menurunkan performa bahkan berpotensi terjadinya kerusakan pada hardware!

    Baca Juga: Cara Mengatasi GTA IV yang Lag, FPS Drop, Macet, dan Patah atau Stuttering

    Hal-hal yang dapat kamu lakukan antara lain menggunakan cooling pad, memberikan ruang pada bagian bawah laptop, bermain di tempat yang terbuka, bila bermain pada ruangan tertutup maka pastikan suhu di ruangan itu tidak panas, mengistirahatkan sejenak bila sudah mulai panas, dan masih banyak lagi.

    9. Download melalui situs resminya


    Saya sarankan jangan mendownload atau memainkan GTA V yang kamu dapatkan bukan dari situs resmi. Hal ini karena biasanya aplikasi atau game bajakan sering disisipi oleh virus atau adware, sehingga hal itu sangatlah berpengaruh pada performa game. Selain itu juga game bajakan lebih rentan akan terjadinya error karena proses pemasangan yang sulit serta tidak bisa diupdate ke versi terbaru.

    10. Update driver dan hardware


    Cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan melakukan update driver dan upgrade hardwaremu. Mungkin upgrade hardware memerlukan biaya yang tidak sedikit, karena kamu akan memberi hardware baru. Tetapi saya yakin setelah melakukan upgrade, lag pada GTA V akan berkurang lumayan drastis.

    Kamu dapat mengupgrade RAM menjadi 8 GB, memasang VGA eksternal, memasang SSD agar game bisa dibuka lebih cepat, dan masih banyak hal lainnya. Konsultasikan PC mu ke pemilik toko agar kamu mendapatkan saran terbaik.

    Mungkin itu saja 10 cara mengatasi GTA 5 yang lag, patah-patah, fix FPS Drop serta cara setting low / medium spec di laptop RAM 4 GB, semoga bermanfaat.

    Jadilah komentator pertama!

    Kebijakan Komentar

    Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.

    Emoticon
    :)
    :(
    hihi
    :-)
    :D
    =D
    :-d
    ;(
    ;-(
    @-)
    :P
    :o
    }D
    (o)
    :p
    (p)
    :-s
    (m)
    8-)
    :-t
    :-b
    b-(
    $-)
    (y)
    x-)
    (l)
    Penggunaan Tag & Gambar di Komentar
    Menggunakan PRE (block element)
    [pre] ... [/pre]

    Menggunakan CODE (block element)
    [code] ... [/code]

    Memasukkan IMG (gambar)
    [img src='...'/]

    Catatan:
    • Isi ... pada tag PRE dan CODE dengan kode yang ingin dimasukkan
    • Isi ... pada tag IMG dengan link gambar yang ingin ditampilkan
    • Parse terlebih dahulu kode yang ingin dimasukkan pada tab sebelah kanan (☷), caranya yaitu masukkan kode yang ingin diparse ke dalam box input, lalu hasil parse akan muncul pada box output
    HTML Parser
    Input:
    Output: