Cara Mengatasi Photoshop Tidak Bisa Dibuka: "Did Not Close Properly Last Time"

Pernahkah ketika kamu sedang asyik mengedit foto di Adobe Photoshop tiba-tiba muncul peringatan yang bertuliskan seperti ini:

Photoshop did not close properly last time it was run and will now clean up. Please then start Photoshop again manually.

Bila iya, sama saya juga pernah. Error seperti diatas memang sangat menjengkelkan. Selain karena mengganggu, error tersebut bisa muncul kapan saja, sehingga otomatis pekerjaan yang sedang kamu lakukan saat itu menjadi sia sia karena tidak tersimpan. Bahkan munculnya bisa di semua tipe Photoshop, seperti Photoshop CS6 misalnya.

Cara Mengatasi Photoshop Tidak Bisa Dibuka: "Did Not Close Properly Last Time"


Setelah saya telusuri dan cari tau, ternyata penyebab dari munculnya peringatan ini adalah karena kamu tidak menutup Photoshop dengan benar pada saat terakhir kali kamu menggunakannya, contohnya seperti kamu langsung menutupnya tanpa save, ditutup dengan paksa seperti menggunakan tombol Alt + F4, ditutup dengan Task Manager, terkena pembersihan RAM, laptop/komputer mati tiba-tiba, dan masih banyak lagi.

Cara Mengatasi Photoshop Tidak Bisa Dibuka: "Did Not Close Properly Last Time"

Ternyata solusinya mudah saja, berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan ketika muncul eror "did not close properly last time" di Photoshop.

1. Tekan OK dan buka kembali Photoshop nya 


Cara termudah yang dapat kamu lakukan hanyalah dengan menekan tombol OK ketika dialog box error nya muncul, tunggu beberapa saat, lalu buka lagi aplikasinya. Hal ini dikarenakan Photoshop akan melakukan "clean up" untuk meminimalisir dan mengatasi eror serta membuat file recovery dari pekerjaanmu yang belum disave sebelumnya. Jadi tenang saja, kemungkinan besar hasil editanmu terakhir kali tidak hilang kok!

2. Buka tutup berulang-ulang kali


Cara selanjutnya adalah bila dialog box terus muncul, kamu cukup membuka, menutup, membuka, dan menutup lagi aplikasinya. Hal ini berguna agar Photoshop terus melakukan clean up. Tetapi kemungkinan besar tidak ada recovery file.

3. Instal ulang


Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan instal ulang aplikasi Photoshop mu. Menurut saya cari ini adalah cara yang paling ampuh untuk mengatasi segala permasalahan di Photoshop, entah itu masalah did not close properly last time, error launcher, tidak bisa dibuka, dan lain sebagainya.

Tips Agar Tidak Mendapatkan Eror  "Did Not Close Properly Last Time" di Photoshop Lagi


1. Jangan langsung tutup secara paksa


Kebiasaan menutup aplikasi secara paksa misalnya dengan menekan kombinasi tombol Alt + F4, membersihkan memori RAM dengan menutup aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan secara paksa, menutup aplikasi dengan tombol "End Task" di Task Manager, dan masih banyak lagi. Selain menyebabkan eror, penutupan paksa seperti ini sangatlah tidak baik karena dapat menyebabkan beberapa plug-in di aplikasi mengalami kerusakan sehingga aplikasi tidak bisa dibuka lagi bila tidak diinstal ulang.

2. Pastikan baterai laptop/komputermu tidak habis


Baterai yang terlalu lemah bisa menyebabkan komputer atau laptopmu mati secara tiba-tiba, sehingga aplikasi-aplikasi pun akan tertutup secara paksa dan tiba-tiba. Hal ini bukan hanya berbahaya untuk Photoshop saja, melainkan berbahaya juga bagi kesehatan baterai laptop dan komputermu karena dapat menyebabkan baterai cepat suak.

3. Jangan maksa menjalankan program bila spesifikasi tidak cukup


Terutama aplikasi editing seperti Photoshop pasti memerlukan spesifikasi yang lumayan tinggi karena pasti bakalan banyak memakan RAM dan VRAM. Oleh karenanya para editor foto atau video selalu disarankan untuk menggunakan laptop dengan spek dewa agar laptopnya tidak cepat panas atau rusak. Coba baca spesifikasinya disini: Spesifikasi Adobe Photoshop Lengkap CS & CC Dari Versi Awal Hingga Kini.

4. Jangan gunakan aplikasi bajakan


Yang terakhir adalah jangan gunakan aplikasi bajakan. Selain terkadang mengandung virus, aplikasi bajakan juga lebih rentan terhadap eror, karena aplikasi tersebut sudah diubah-ubah dalamnya agar bisa dibajak. Cukup sisihkan uang semampu kita untuk menabung agar nantinya bisa beli aplikasi resmi dari sang pembuat. Selain lebih berkah, menggunakan aplikasi resmi juga berarti kita menghargai kerja keras sang developer.

Mungkin itu saja artikel Saladinez seputar Cara Mengatasi Photoshop Tidak Bisa Dibuka: "Did Not Close Properly Last Time", semoga bermanfaat buatmu!
ARTIKEL TERKAIT

Jadilah komentator pertama!

Kebijakan Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.

Emoticon
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
}D
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
$-)
(y)
x-)
(l)
Penggunaan Tag & Gambar di Komentar
Menggunakan PRE (block element)
[pre] ... [/pre]

Menggunakan CODE (block element)
[code] ... [/code]

Memasukkan IMG (gambar)
[img src='...'/]

Catatan:
  • Isi ... pada tag PRE dan CODE dengan kode yang ingin dimasukkan
  • Isi ... pada tag IMG dengan link gambar yang ingin ditampilkan
  • Parse terlebih dahulu kode yang ingin dimasukkan pada tab sebelah kanan (☷), caranya yaitu masukkan kode yang ingin diparse ke dalam box input, lalu hasil parse akan muncul pada box output
HTML Parser
Input:
Output: