Cara Mengatasi Photoshop CS6 Portable Tidak Bisa Dibuka / Error Launcher Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Saladinez
Cara Mengatasi Photoshop CS6 Portable Tidak Bisa Dibuka / Error Launcher

Anda para desainer gambar pasti sudah tidak asing lagi yang namanya Photoshop. Aplikasi pengedit dan pembuat gambar ini merupakan salah satu yang paling terkenal dan terbaik di dunia, saingan dari Corel Draw.

Bahkan saya sendiri menggunakan Photoshop untuk membuat gambar thumbnail artikel blog ini. Penggunaannya yang mudah membuat orang-orang yang masih awam betah menggunakannya.

Ceritanya, waktu itu saya lagi edit-edit foto di Photoshop Portable CS6 di laptop, lalu tiba-tiba mati listrik dan spontan laptop saya mati. Lalu setelah listrik nyala kembali, saya membuka Photoshop untuk melanjutkan edit. Namun, Photoshop tidak bisa dibuka dan muncul pesan error seperti ini:

Another instance of Photoshop is currently closing

Another instance of Photoshop is currently closing. Please wait for it to finish before launcing it again

Atau, terkadang juga muncul error dengan pesan ini:

Configuration Error
sumber : Hienzo

Configuration Error


Please uninstall and reinstall the product

If this problem still occurs, please contact Adobe technical support for help, and mention the error code shown at the bottom of this screen.

Error: 1

http://www.adobe.com/support

Saya sempat kebingungan, kenapa Photoshop tidak bisa dibuka?

Saya buka berulang-ulang kembali dan tetap tidak bisa terbuka. Berhubung wifi masih belum baik, otomatis saya tidak bisa buka internet untuk mencari solusinya, jadi saya tanyakan ke teman saya. Saya pun diberikan beberapa arahan tutorial, sehingga aplikasi Photoshop CS6 saya kembali normal.

Dia mengatakan, cara ini bisa anda lakukan baik bagi pengguna Windows 10, 8, 8.1, maupun Windows 7.

Anda juga mengalaminya? Berikut beberapa cara mengatasinya:

Cara Mengatasi Photoshop Tidak Bisa Dibuka / Error


1. Mengubah Compability


Pertama, cari terlebih dahulu launcher Photoshop anda, biasanya bernama PhotoshopPortable.exe. Klik kanan pada ikon launcher tadi, baru tekan properties, dan buka tab Compability. Maka tampilannya akan menjadi kurang lebih seperti ini:

Compability Mode

Kemudian, silakan anda centang pada bagian "Run this program in compability mode for" dan bagian "Run this program as an administrator". Lalu tekan OK, dan coba buka kembali PS anda.

Masih tidak bisa dibuka? Silakan ikuti langkah atau cara kedua.

2. Menghapus data


Cari dimana folder root atau folder terinstalnya Photoshop CS6 anda, biasanya terletak pada disk C.

Lalu, masuk ke folder yang bernama "Data", dan hapus file berekstensi .ini yang bernama PortableApps.comLauncherRuntimeData-PhotoshopPortable.ini .

Data Launcher

Setelah itu, cobalah buka kembali Photoshop anda. Menurut saya, cara ini adalah cara terbaik dan yang paling sukses diantara cara yang lain. Kalau masih belum work juga, coba ikuti cara ke tiga.

3. Download dan instal ulang aplikasi


Cara selanjutnya ialah download dan instal ulang. Bila aplikasi tidak kunjung bisa dibuka, maka cara yang dapat anda lakukan adalah menginstal ulang. Instal ulang perlu dilakukan karena bisa saja saat anda mendownload, file belum selesai terdownload dengan sempurna, sehingga terjadi corrupt.

Saya merekomendasikan anda untuk mendownload ulang dari blog Hienzo, bisa search di Google dengan keyword "hienzo photoshop".

4. Restart PC


Yang terakhir adalah restart PC. Hal ini dilakukan agar aplikasi-aplikasi dimatikan sejenak terlebih dahulu agar fresh, lalu dibuka kembali. Biasanya, setelah restart, aplikasi-aplikasi akan kehilangan data yang belum tersimpan, yang biasanya membuat aplikasi menjadi error.

Setelah mengikuti tutorial diatas, apakah anda sudah mendapatkan solusinya? Semoga artikel cara mengatasi Photoshop CS6 Portable yang tidak bisa dibuka atau error ini dapat membantu anda.

Artikel Terkait

0 komentar untuk Cara Mengatasi Photoshop CS6 Portable Tidak Bisa Dibuka / Error Launcher

Silakan berkomentar menggunakan akun Google Plus anda. Jangan buang-buang waktu hanya untuk melakukan SPAM disini.