Pengertian Apa itu DDR RAM Beserta Penjelasan & Fungsi Lengkapnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Saladinez
Pengertian Apa itu DDR RAM Beserta Penjelasan & Fungsi Lengkapnya

Pada kesempatan kali ini Saladinez ingin membahas seputar pengertian apa itu DDR pada RAM komputer & laptop lengkap dengan penjelasannya dalam bahasa Indonesia. Selain arti, saya juga akan menjelaskan seputar fungsi, kepanjangan, serta beberapa versi dari DDR yang ada dari dulu hingga kini. Langsung saja disimak artikelnya berikut ini.

Semua komputer dan laptop yang memiliki CPU pasti memiliki sebuah hardware di dalamnya yang bernama Random Access Memory atau lebih sering disingkat RAM. RAM merupakan sebuah hardware yang sangat penting peranannya, yaitu untuk menyimpan data yang sebelumnya diproses oleh prosesor atau CPU. Dengan kata lain, tanpa adanya RAM, komputer anda tidak akan bisa melakukan apa-apa.

Istilahnya, CPU itu merupakan sebuah otak, sedangkan RAM merupakan saraf-saraf yang ada di tubuh. Tanpa adanya saraf, otak tidak akan bisa memerintahkan tangan atau kaki untuk bergerak. Begitu juga dengan keberadaan RAM yang ada di laptop yang sering anda pakai setiap hari itu.

RAM sendiri sudah ada sejak lama, bahkan bisa saya katakan dari sudah ada sejak kemunculan komputer pertama di bumi. Sehingga tidak heran bila RAM sudah mengalami banyak perubahan dan update versi. Salah satu perubahan yang paling besar adalah kemunculan DDR pada SDRAM.

Pengertian DDR pada RAM di Komputer dan Laptop


DDR merupakan singkatan dari Double-Data-Rate. Seperti namanya "dua kali lipat", RAM yang sudah menggunakan teknologi DDR memiliki transfer rate yang jauh lebih cepat ketimbang RAM yang belum menggunakannya. Saya pikir pada zaman sekarang tidak ada satu pun komputer atau laptop yang terjual di toko offline maupun online yang memakai RAM tanpa DDR - pasti sudah memakai DDR semua.

Fungsi DDR pada RAM


DDR sendiri sudah mengalami banyak perubahan, dari DDR1, DDR2, DDR3, hingga yang paling terbaru saat ini adalah DDR4. Setiap perubahan versi tersebut pastinya memiliki banyak perbedaan, yaitu semakin baru versinya, semakin bagus juga kinerjanya,salah satunya adalah transfer rate yang semakin tinggi.

Seperti yang kita ketahui, RAM memiliki peranan yang sangat besar terhadap aktivitas mentransfer sebuah file ke tempat lain. Nah di sinilah transfer rate berperan. Semakin bagus versi DDR RAM, semakin tinggi transfer rate, semakin cepat pula proses transfer filenya. Bahkan anda tidak perlu menunggu berjam-jam lagi untuk mentransfer sebuah file dengan size 50 GB keatas dari sebuah disk ke disk lain.

Selain itu RAM juga memiliki peranan yang sangat penting dalam kinerja komputer terhadap sebuah game. Seperti yang kita ketahui, 99% game zaman sekarang pasti mencantumkan spesifikasi minimal untuk RAM misalnya saja spesifikasi game PES 2019 PC yang membutuhkan minimal 4 GB RAM agar game dapat berjalan dengan lancar tanpa lag. Hal ini dikarenakan game melakukan banyak proses dalam waktu yang bersamaan sehingga bila RAM tidak memadai maka proses akan menumpuk dan mengakibatkan game menjadi lag.

Bukan hanya game, aplikasi-aplikasi khususnya untuk Editing seperti Video Maker atau Photoshop juga sangat bergantung kepada RAM agar aplikasi tadi dapat berjalan dengan lancar, dikarenakan aplikasi editing melakukan banyak proses sekaligus dalam satu waktu, contohnya seperti efek-efek khusus yang ada di sebuah video ketika anda sedang mengeditnya.

Selain perbedaan pada kinerja, setiap versi DDR juga memiliki perbedaan pada bentuk fisiknya. Perbedaan yang paling menonjol adalah pada lubang setengah lingkaran yang terdapat di sampingnya. Biasanya, semakin tinggi dan baru versi DDR, semakin ke kiri pula keberadaan lubang tersebut.

Mungkin sekian saja artikel Saladinez seputar pengertian lengkap apa itu DDR pada RAM beserta penjelasan, perbedaan, versi, serta fungsinya, semoga bermanfaat buat anda.

Artikel Terkait