Lengkap! Contoh Artikel Opini Tentang Pendidikan, Kesehatan, Politik, & Ekonomi

Dalam kehidupan sehari-hari, pasti anda tidak pernah lepas dengan yang namanya opini. Opini sering dilakukan ketika sedang melakukan rapat, bermusyawarah, pertemuan, atau bahkan hanya sekedar tugas sekolah saja. Opini sering kali muncul ketika ada sebuah permasalahan atau perbedaan pendapat di antara masyarakat. Kali ini, Saladinez akan memberikan penjelasan lengkap dari pengertian apa itu opini, ciri-ciri, serta contoh lengkapnya tentang pendidikan, kesehatan, politik, dan ekonomi.

Pengertian Apa itu Opini?


Opini adalah sebuah pendapat, ide, atau gagasan seseorang terhadap suatu masalah. Sifat dari opini sendiri adalah objektif dan masih merupakan sebuah teori, sehingga kebenaran akan opini masih perlu dipertanyakan. Berbeda dengan fakta yang merupakan suatu pendapat yang sudah pasti benar. Opini juga bersifat pribadi, yang artinya setiap orang dapat memiliki opini yang berbeda-beda.

Ciri-Ciri Opini


  • Hanya berisi sebuah pendapat
  • Belum dapat dipastikan kebenarannya
  • Tidak ada data yang sangat akurat untuk mendukung opini
  • Belum tentu kalimat opini sudah/dapat terjadi peristiwanya
  • Disertai menggunakan kalimat mungkin, bisa jadi, menurut saya, misal, sebaiknya, seharusnya, dan semacamnya

Contoh Artikel Opini Tentang Pendidikan


Ada banyak sekali universitas-universitas yang tersebar di Indonesia. Bahkan, bisa dikatakan hampir setiap kota pasti memiliki setidaknya 1 buah universitas di dalamnya. Sayangnya, banyaknya universitas ini berbanding terbalik dari para lulusannya. Dengan kata lain, ada banyak sekali anak muda yang tidak melanjutkan pendidikannya hingga ke tingkat perkuliahan. Mereka lebih memilih langsung kerja daripada harus melanjutkan ke jenjang kuliah. 

Ada banyak alasan yang membuat mereka berbuat seperti itu, salah satunya adalah mahalnya biaya yang diperlukan untuk kuliah. Padahal, kuliah sangatlah penting sebagai penunjang untuk mencari kerja nantinya. Semakin tinggi tingkat kuliahnya, semakin tinggi pula posisi jabatan orang tersebut di tempat kerja nantinya.

Menurut saya, sebaiknya pemerintah Indonesia dapat bergerak untuk mengurangi biaya yang diperlukan untuk kuliah ini. Bila tidak bisa, cukup berikan dan permudahlah urusan beasiswa bagi para pelajar yang berbakat dan berprestasi. Hal ini tentu hanya bertujuan satu, yaitu demi menciptakan generasi-generasi baru yang berpendidikan guna melanjutkan perjuangan bangsa ini di kancah internasional.

Contoh Artikel Opini Tentang Kesehatan


Merokok merupakan hal yang lumrah dan biasa bagi masyarakat Indonesia. Untuk tahun 2018 saja, jumlah perokok aktif di Indonesia mencapai 60 juta jiwa. Tentu hal bukanlah jumlah yang sedikit. Padahal, sudah jelas terdapat slogan yang mungkin sudah sangat familiar kita dengar, yaitu "Merokok Membunuhmu". Meski begitu, para pecandu rokok tidak memperdulikan hal tersebut.

Terjadi banyak pro dan kontra diantara masyarakat. Ada yang pro terhadap larangan dan bahaya merokok, ada pula yang sebaliknya. Kubu kontra berpendapat bahwa rokok tidak terlalu berbahaya seperti yang dikemukakan baik oleh slogan tersebut maupun para dokter. Mereka pun memiliki pendapat bahwa perusahaan rokok merupakan salah satu penyumbang negara hingga trilyunan Rupiah per tahunnya.

Jadi, menurut opini saya, alangkah lebih baiknya para perokok aktif, para kubu yang menolak rokok, para pemilik perusahaan tembakau & rokok, pemerintah negara, hingga para buruh tembakau duduk bersama dalam sebuah meja mendiskusikan untuk mencari jalan keluarnya. Entah bagaimana pun hasil akhirnya, yang pasti semua harus ada jalan keluarnya.

Contoh Artikel Opini Tentang Politik


Bicara tentang politik tentu tidak akan ada habisnya. Setiap tahunnya pasti akan ada saja berita hangat yang muncul di negara kita terkait dengan politik. Apalagi ketika tahun politik sudah tiba, seketika negara menjadi ramai membahas politik. Baik di dunia real hingga maya, semua membahas politik.

Bicara tentang politik tentu akan berkaitan juga dengan yang namanya perbedaan pendapat. Ada kubu yang sangat mendukung salah satu tokoh politik, ada juga yang sangat menolak tokoh tersebut. Sehingga jangan heran kalau terjadi permusuhan, perkelahian, bahkan pertumpahan darah dikarenakan perbedaan pandangan politik.

Menurut pandangan saya, sebaiknya para kubu yang berbeda pendapat tersebut dipertemukan dalam suatu acara atau pertemuan. Lalu, mereka saling sharing dan membahas apa yang membuat mereka sangat mendukung tokoh tersebut, dan apa pula alasan yang membuat kubu satunya sangat menolak tokoh tersebut. Hargai pendapat mereka. Anda tidak dapat memaksakan kehendak agar mereka ikut sependapat dengan anda. Karena mereka juga manusia yang sama seperti kita, setiap manusia memiliki otak, pandangan, dan pemikiran mereka masing-masing.

Contoh Artikel Opini Tentang Ekonomi


Banyak warga negara Indonesia yang mengalami kecemasan akibat nilai tukar Rupiah terhadap dolar yang semakin melemah. Mereka takut akan terulangnya kembali masa-masa krisis keuangan di Asia pada tahun 1998 lalu. Namun, apakah situasi lemahnya Rupiah saat ini dapat berujung kembalinya masa kelam itu?

Menurut opini saya, kemungkinan besar tidak.

Merupakan hal yang terlalu dini untuk terlalu khawatir akan terjadinya inflasi atau hal semacamnya dikarenakan pelemahan kurs Rupiah ini. Bahkan para analisis keuangan, pejabat-pejabat pemerintah, hingga pihak Bank Indonesia sendiri mengatakan bahwa saat ini Rupiah masih berada di level aman. Semua mengatakan bahwa ekonomi Indonesia masih aman dan jauh dari kata inflasi, apalagi bakalan terulang kembalinya masa krisis keuangan Asia tahun 1998 lalu.

Demikian artikel Saladinez tentang kumpulan contoh artikel opini tentang pendidikan berkarakter, kesehatan, pandangan politik Indonesia, dan ekonomi menurut ahli lengkap dengan pengertian dan ciri-ciri.semoga bermanfaat buat anda.

Related Posts

0 Komentar untuk Lengkap! Contoh Artikel Opini Tentang Pendidikan, Kesehatan, Politik, & Ekonomi