Daftar Isi
    Cara Memperbaiki InPods 12 Mati Sebelah Kanan / Kiri di Android

    Setelah sebelumnya Saladinez membahas tentang Panduan Lengkap InPods 12 TWS: Cara Mengatur Volume, Nyalakan, Matikan, Cek Baterai, Pairing, & Charge, kali ini Saladinez akan membahas tentang kenapa InPods 12 TWS mati sebelah kanan / kiri di Android serta cara mengatasinya. Sebelumnya, apakah kamu sudah tau apa itu InPods?

    Inpods merupakan earphone tanpa kabel atau wireless yang cukup populer saat ini. Earphone tanpa kabel sendiri sebenarnya sudah dipopulerkan terlebih dahulu oleh Airpods milik Apple. Namun sayangnya Airpods ini hanya dapat digunakan oleh pengguna yang menggunakan device produk dari Apple saja seperti iPhone, sedangkan sebagian besar orang masih menggunakan Android.

    Oleh karena itu, dibuatlah sebuah produk yang bernama InPods, sebuah produk wireless earphone tiruan dari Airpods. Harganya pun sangat jauh berbeda dibandingkan dengan Airpods. Ketika Airpods dibanderol dengan harga 3 hingga 4 juta Rupiah, InPods hanya dibanderol puluhan hingga ratusan ribu saja. Selain itu, InPods dapat digunakan oleh semua OS termasuk Android dan iPhone. Kehadiran InPods ini membuat para pengguna Androd dapat merasakan bagaimana rasanya menggunakan earphone wireless alias tanpa kabel.

    Kenapa InPods Mati Sebelah di Android? Ini Cara Mengatasinya.


    Lanjut ke topik pembahasan awal.

    Ketika sedang asyik menggunakan InPods, pernahkah kamu mengalami earbuds yang mati sebelah? Baik itu sebelah kanan maupun sebelah kiri? Jika pernah, kamu tidak perlu khawatir InPods 12 kamu rusak, karena bisa saja itu terjadi karena hal-hal lain yang dapat kamu perbaiki sendiri. Langsung saja berikut cara mengatasinya.

    1. Restart Earphone


    Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan melakukan restart atau mematikan dan menyalakan ulang. Cara mematikannya cukup mudah, kamu hanya perlu menekan sekitar 3 detik di bagian punggung dari earbuds baik earbuds kanan maupun kiri. Biasanya, akan ada suara yang menandakan bahwa earphone telah mati. 

    Bila kedua earbuds telah mati, kamu bisa menyalakannya ulang dengan menekan earbuds InPods 12 selama 3 detik (sama seperti cara mematikannya). Nyalakan earbuds baik yang kanan maupun kiri. Bila sudah nyala, coba sambungkan ke Android atau iOS mu.

    2. Cek Baterai yang Tersisa & Charge


    Cara cek sisa baterai pada InPods 12 TWS

    Bila restart InPods 12 tidak dapat mengatasi masalah earphone yang mati sebelah kanan atau kiri, maka cara kedua yang dapay kamu lakukan adalah mengecek sisa baterai earphonenya. 

    Perlu kamu ketahui, baterai yang terlalu rendah (biasanya dibawah 40%) dapat menurunkan kinerja dari earphone, baik suara yang jadi lambat masuk, suara tidak jelas atau jadi pecah, hingga salah satu earphone menjadi mati. Oleh karena itu, usahakan baterai masih di atas 20% ketika kamu menggunakannya.

    Untuk mengecek sisa baterai InPods 12, kamu bisa mengeceknya pada bluetooth. Biasanya, di bawah nama perangkat earphonenya terdapat informasi sisa baterai. Selain itu, pada beberapa hp juga terdapat notifikasi baterai. Untungnya, InPods 12 TWS ini akan memberikan peringatan berupa suara apabila baterainya sudah tersisa 20% atau kurang.

    3. Hapus / Lupakan Penyandingan


    Bila kedua cara di atas masih belum bisa mengatasi masalah InPods yang mati sebelah, maka cara ketiga yang dapat kamu lakukan adalah dengan menghapus atau melupakan penyandingan (forget pair).

    Untuk melakukannya, kamu bisa membuka pengaturan bluetooth, lalu cari perangkai InPods 12 (biasanya bernama i12), lalu lupakan atau hapus penyandingan. Hal ini membuat kamu akan melupakan penyandingannya sehingga kamu perlu melakukan connect ulang ketika ingin menggunakannya lagi.

    Menurut saya, ketiga cara di atas merupakan cara-cara yang paling ampuh untuk mengatasi InPods yang mati sebelah. Bila masih belum bisa teratasi, maka kemungkinan besar earphone mu memang rusak sehingga harus diperbaiki ke orang yang berpengalaman atau justru harus beli baru apabila rusaknya sudah termasuk parah. Sekian artikel Saladinez tentang kenapa InPods 12 TWS mati sebelah kanan / kiri di Android serta cara mengatasinya, semoga bermanfaat!

    6 komentar untuk Cara Memperbaiki InPods 12 Mati Sebelah Kanan / Kiri di Android

    Kebijakan Komentar

    Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.

    Emoticon
    :)
    :(
    hihi
    :-)
    :D
    =D
    :-d
    ;(
    ;-(
    @-)
    :P
    :o
    }D
    (o)
    :p
    (p)
    :-s
    (m)
    8-)
    :-t
    :-b
    b-(
    $-)
    (y)
    x-)
    (l)
    Penggunaan Tag & Gambar di Komentar
    Menggunakan PRE (block element)
    [pre] ... [/pre]

    Menggunakan CODE (block element)
    [code] ... [/code]

    Memasukkan IMG (gambar)
    [img src='...'/]

    Catatan:
    • Isi ... pada tag PRE dan CODE dengan kode yang ingin dimasukkan
    • Isi ... pada tag IMG dengan link gambar yang ingin ditampilkan
    • Parse terlebih dahulu kode yang ingin dimasukkan pada tab sebelah kanan (☷), caranya yaitu masukkan kode yang ingin diparse ke dalam box input, lalu hasil parse akan muncul pada box output
    HTML Parser
    Input:
    Output:
    1. Bang mau tanya, ini sudah i12 saya udah saya cas. Tapi lampu indikator yang sebelah kiri tidak nyala bang. Dan yang hanya terkonek cuma sebelah kanan. Bagaimana cara mengatasinya

      BalasHapus
    2. Gan kalau masalahnya inpods saya saat dicas yg sebelah kanan, casannya masuk sebentar lalu mati, itu kenapa y?

      BalasHapus