Daftar Isi
    Panduan Lengkap InPods 12 TWS: Cara Mengatur Volume, Nyalakan, Matikan, Cek Baterai, Pairing, & Charge

    InPods 12 atau lebih sering disingkat sebagai i12 merupakan earphone wireless atau earphone tanpa kabel yang sangat praktis untuk digunakan. Earphone yang sekitar 90% mirip dengan AirPods yang diusung oleh Apple sempat digadang-gadang sebagai salah satu earphone wireless terbaik dengan harga yang tidak terlalu mahal seperti Airpods.

    Salah satu penyebab InPods 12 True Wireless Stereo atau lebih sering disingkat i12 TWS ini sangat diminati oleh para pendengar musik karena ia memiliki ukuran yang sangat kecil serta desainnya sangat praktis, sehingga dapat memudahkanmu untuk membawa earphone ini kemana-mana tanpa takut mengambil banyak ruang. Earphone ini juga wireless alias tanpa kabel, sehingga kamu dapat menyambungkannya hanya dengan menggunakan bluetooth saja. Selain itu, harganya juga termasuk jauh lebih murah dibandingkan dengan AirPods, yaitu kisaran puluhan hingga ratusan ribu saja, berbeda jauh dengan AirPods Apple yang mencapai harga 3 juta ke atas.

    Salah satu yang unik dari i12 TWS adalah ia tidak memiliki tombol sama sekali di earphonenya, melainkan menggunakan sentuhan di bagian atasnya. Sentuhan ini dapat memiliki arti yang beragam, contohnya 1x sentuhan untuk memutar atau menyalakan lagu, sentuhan lama untuk menyalakan atau mematikan, dan sebagainya. 

    Pada kesempatan kali ini, Saladinez akan memberikan panduan lengkap cara menggunakan InPods 12 TWS baik dari cara menyambungkan dengan Android atau iOS, mengatur volume, mengaktifkan dan menonaktifkan, serta cara mengecek sisa baterainya. Langsung saja berikut panduannya.

    1. Cara Mengaktifkan & Menonaktifkan InPods 12 TWS


    Untuk menyalakan atau mematikan earphone i12 TWS, kamu dapat melakukannya hanya dengan satu sentuhan panjang saja.

    Untuk menyalakan atau mengaktifkannya, kamu dapat mengeluarkan earphone dari kotaknya, lalu tekan dan tahan sekitar 3 detik pada salah satu earphonenya, maka akan ada suara bahwa earphone telah aktif.

    Sedangkan untuk mematikan atau menonaktifkannya, kamu dapat melakukan hal yang sama seperti mengaktifkannya, perbedaannya ialah kamu perlu melakukan hal ini untuk kedua earphone (kanan dan kiri). Tekan lalu tahan hingga sekitar 3 detik, maka akan ada suara yang memberitahumu bahwa earphone telah sukses kamu matikan.

    2. Cara Menyambungkan & Memutuskan (Pairing) i12 TWS ke Android


    Pertama, kamu perlu mengeluarkan earphone dari kotaknya terlebih dahulu, lalu aktifkan.

    Setelah aktif, maka kamu perlu mengaktifkan bluetooth di hp androidmu, lalu pindai atau telusuri perangkat.

    Apabila muncul perangkat earphone yang bernama "i12", tekan lalu pilih sambungkan.

    Earphone akan bersuara lagi yang menunjukkan bahwa earphone telah sukses tersambung ke handphonemu. Untuk memutuskannya, kamu dapat membuka bluetooth lagi, lalu klik pada perangkat yang bernama "i12", kemudian pilih putuskan sambungan.

    3. Cara Cek Baterai InPods 12 TWS


    Cara Cek Baterai InPods 12 TWS

    Apabila InPods 12 TWS sudah tersambung ke hpmu, biasanya ada notifikasi yang menunjukkan sisa baterai dari earphonemu. Apabila tidak ada, kamu bisa masuk ke pengaturan bluetooth. Disana terdapat berapa daya yang tersisa dari earphonemu. Saladinez sarankan untuk segera dicharge apabila baterai sudah tersisa di bawah 20%. Hal ini dikarenakan sering ditemukan kasus suara yang lambat masuk atau suara terputus-putus akibat dari baterai yang sisa sedikit.

    4. Cara Charge / Isi Ulang Baterai InPods 12 TWS


    Walaupun dapat digunakan untuk Android, i12 TWS hanya dapat dicas menggunakan kabel charger dari iPhone saja, yaitu yang berbentuk lonjong. Untuk mengecas atau mengisi ulang baterainya, kamu dapat mematikan terlebih dahulu earphonenya, masukkan ke dalam kotak, lalu sambungkan kabel charger ke box. Lampu pada box akan berkedip merah yang pertanda bahwa earphone sedang diisi ulang. Lampu akan mati apabila sudah penuh.

    Selain 4 hal di atas, ada 3 panduan menekan lagi untuk i12 TWS, antara lain sebagai berikut.
    • Tekan 1x pada salah satu earphone untuk play & pause lagu.
    • Tekan 3x pada earbud kanan untuk pindah ke lagu selanjutnya.
    • Tekan 3x pada earbud kiri untuk pindah ke lagu sebelumnya.

    Sekian artikel Saladinez tentang panduan lengkap cara menggunakan InPods 12 TWS (i12) dari cara mengatur volume, mengaktifkan, menonaktifkan, mengecek baterai, pairing / sambungkan ke android, & isi ulang.

    Jadilah komentator pertama!

    Kebijakan Komentar

    Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.

    Emoticon
    :)
    :(
    hihi
    :-)
    :D
    =D
    :-d
    ;(
    ;-(
    @-)
    :P
    :o
    }D
    (o)
    :p
    (p)
    :-s
    (m)
    8-)
    :-t
    :-b
    b-(
    $-)
    (y)
    x-)
    (l)
    Penggunaan Tag & Gambar di Komentar
    Menggunakan PRE (block element)
    [pre] ... [/pre]

    Menggunakan CODE (block element)
    [code] ... [/code]

    Memasukkan IMG (gambar)
    [img src='...'/]

    Catatan:
    • Isi ... pada tag PRE dan CODE dengan kode yang ingin dimasukkan
    • Isi ... pada tag IMG dengan link gambar yang ingin ditampilkan
    • Parse terlebih dahulu kode yang ingin dimasukkan pada tab sebelah kanan (☷), caranya yaitu masukkan kode yang ingin diparse ke dalam box input, lalu hasil parse akan muncul pada box output
    HTML Parser
    Input:
    Output: