Daftar Isi

    Penjelasan Form / Wujud Fisik, Kondisi, dan Panah Pemain di PES 2021

    Para pemain game Pro Evolution Soccer (PES) android maupun PC pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu fitur form dan kondisi fisik dari pemain yang biasanya ditunjukkan dengan panah berwarna-warni dan angka. Wujud fisik atau Form dapat berupa angka 1 hingga 8, sedangkan kondisi dapat berupa panah berwarna merah, orange, kuning, hijau, atau biru.


    Keduanya memiliki kaitan yang sangat erat bagi performa pemain yang akan kita gunakan di dalam tim. Pemain dengan kondisi yang buruk akan memiliki performa yang menurun di dalam pertandingan, begitu juga sebaliknya pemain yang sedang dalam kondisi bagus akan memiliki performa yang top di lapangan.


    Mari kita bahas bersama.


    Apa itu Form / Wujud Fisik Pemain di PES 2021?


    Wujud Fisik atau dalam bahasa Inggrisnya Form adalah sebuah atribut dari pemain yang dapat kamu lihat ketika melihat detail dari pemain tersebut. Letaknya ada di paling bawah, dekat dengan ketahanan cidera dan akurasi kaki lemah. Atribut ini berfungsi menjelaskan bagaimana "konsistensi" performa dari pemain tersebut dalam pertandingan.


    Pemain dengan Form yang rendah akan memiliki konsistensi yang tidak stabil, sedangkan pemain dengan Form yang cukup tinggi akan lebih stabil. Dengan kata lain, semakin tinggi Form dari seorang pemain, semakin stabil juga performanya ketika di lapangan.


    Apa itu Form / Wujud Fisik Pemain di PES 2021?

    Wujud fisik ditunjukkan dalam bentuk angka 1 hingga 8, dengan 1 yang paling rendah dan 8 paling tinggi. Ketika saya cek, sebagian besar pemain yang ada di PES (tidak termasuk featured player) memiliki Wujud Fisik 4 dengan jumlah sebanyak 12.597 pemain, disusul dengan Wujud Fisik 5 (7.367 pemain), Wujud Fisik 6 (2.935 pemain), Wujud Fisik 3 (1.374 pemain), Wujud Fisik 7 (618 pemain), Wujud Fisik 8 (130 pemain), Wujud Fisik 2 (118 pemain), dan Wujud Fisik 1 (1 pemain).


    Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, semakin tinggi Form dari seorang pemain maka semakin konsisten juga performanya di lapangan. Sebagai contoh, Lionel Messi memiliki Form sebesar 8 karena ia selalu bermain dengan baik dan top perform selama dekade ini, atau Vinícius Júnior dengan Form 4 karena kita sering melihatnya low perform tetapi terkadang juga top perform (tidak konsisten). Performa dari pemain ini dapat dilihat dari kondisi pemain yang ditunjukkan dengan tanda panah saat sedang bertanding.


    Apa itu Tanda Panah di Pemain PES 2021?


    Apabila kamu sering memperhatikan, sebelum bertanding para pemain yang kamu bawa di dalam skuad akan memiliki tanda panah yang berbeda-beda. Tanda panah tersebut dapat berupa seperti ini:


    Apa itu Tanda Panah di Pemain PES 2021?

    Tanda panah sendiri dapat berupa 5 warna, yaitu berwarna biru (panah ke atas), hijau (atas condong kanan), kuning (kanan), orange (kanan condong bawah), dan merah (bawah). Selain itu juga terdapat tanda strip (-), khusus bagi pemain yang sedang dalam perawatan atau mengalami cidera. Panah ini hanya dapat kamu temukan apabila kamu sedang di dalam pertandingan.


    Tanda panah tersebut menunjukkan performa pemain pada saat itu. Semakin bagus panahnya, maka semakin bagus juga performa pemain tersebut. Bahkan, apabila seorang pemain mendapatkan panah biru, maka overall yang dimilikinya akan bertambah antara 15%-20% dari normal. Sebaliknya, apabila seorang pemain memiliki kondisi buruk dengan panah merah ke bawah, maka overallnya akan turun lumayan drastis, yaitu hingga 20% ke atas.


    Sayangnya, tidak ada informasi resmi berapa persen atau berapa banyak overall yang akan terpengaruh oleh tanda panah ini, yang pasti semakin bagus panah yang dimiliki seorang pemain, maka semakin banyak juga penambahan overall, begitu juga sebaliknya.


    Tanda panah ini memiliki kaitan yang cukup erat dengan Form. Semakin tinggi Form yang dimiliki seorang pemain, maka semakin besar juga kemungkinan pemain tersebut mendapatkan panah yang bagus. Sebagai patokan sederhana, berikut kemungkinan panah yang akan didapat berdasarkan nilai Form pemain.

    Hubungan antara Form dengan tanda panah di PES 2021


    Apa itu Kondisi Pemain / Live Condition di PES 2021?


    Live Condition adalah kondisi terkini dari pemain tersebut, apakah sedang dalam kondisi top perform atau sebaliknya. Kondisi ini ditunjukkan dalam bentuk huruf A, B, C, D, atau E. 


    Apa itu Kondisi Pemain / Live Condition di PES 2021?

    Kondisi ini tidaklah tetap, Konami akan melakukan update setiap minggu pada kondisi ini. Sebagai contoh, apabila Mbappe dalam minggu ini sedang dalam top perform (mencetak hattrick, mencetak banyak gol, dan sebagainya) maka kemungkinan besar ia akan mendapatkan kondisi A. Selain gol, MOTM, asis, intersepsi, cleansheet, cidera, dan lainnya juga menjadi perhitungan dalam menentukan kondisi pemain ini. Biasanya, pemain yang sedang cidera akan mendapatkan kondisi C (normal) atau D (agak buruk).


    Semakin baik kondisi pemainnya, maka semakin besar juga kemungkinan pemain tersebut mendapatkan tanda panah yang semakin tinggi. Terdapat sedikit perbedaan pada pemain dengan tipe Legend, ia tetap akan mendapatkan kondisi B (tidak pernah berubah).


    Sama seperti Form, Live Condition juga memiliki dampak secara langsung kepada tanda panah sang pemain. Pemain dengan Live Condition yang baik akan memiliki kemungkinan yang sangat besar mendapatkan panah hijau atau biru. 


    Berikut penjelasan lengkap mengenai Form / Wujud Fisik, tanda panah, serta Live Condition para pemain yang ada di PES 2021 untuk mobile maupun PC, semoga bermanfaat!

    Jadilah komentator pertama!

    Kebijakan Komentar

    Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.

    Emoticon
    :)
    :(
    hihi
    :-)
    :D
    =D
    :-d
    ;(
    ;-(
    @-)
    :P
    :o
    }D
    (o)
    :p
    (p)
    :-s
    (m)
    8-)
    :-t
    :-b
    b-(
    $-)
    (y)
    x-)
    (l)
    Penggunaan Tag & Gambar di Komentar
    Menggunakan PRE (block element)
    [pre] ... [/pre]

    Menggunakan CODE (block element)
    [code] ... [/code]

    Memasukkan IMG (gambar)
    [img src='...'/]

    Catatan:
    • Isi ... pada tag PRE dan CODE dengan kode yang ingin dimasukkan
    • Isi ... pada tag IMG dengan link gambar yang ingin ditampilkan
    • Parse terlebih dahulu kode yang ingin dimasukkan pada tab sebelah kanan (☷), caranya yaitu masukkan kode yang ingin diparse ke dalam box input, lalu hasil parse akan muncul pada box output
    HTML Parser
    Input:
    Output: