Daftar Isi

    7 Jenis Kartu di PES 2021 Beserta Penjelasan & Cara Mendapatkan Dengan Mudah

    Salah satu fitur yang sangat menarik dari game Pro Evolution Soccer atau PES 2021 adalah banyaknya jenis kartu pemain yang disedikaan. Total, ada 7 jenis kartu yang tersedia setiap minggunya, antara lain seperti Iconic Moment, Legend, Fans' Choice, Player of The Week, Club Selection, Base, dan Carryover. Untuk Fans' Choice, Player of The Week, dan Club Selection biasanya sering digabung dan disebut sebagai Featured Player.


    Setiap jenis tersebut memiliki overall yang berbeda-beda. Satu orang pemain dapat memiliki beberapa overall yang berbeda tergantung jenis kartu yang dimilki. Biasanya, pemain dengan jenis kartu Iconic Moment memiliki rating yang paling tinggi, yaitu dapat mencapai lebih dari 100. 


    Mari kita bahas bersama semua kartu tersebut beserta cara mendapatkannya dengan mudah.


    Penjelasan Tentang 7 Jenis Kartu di PES 2021 Lengkap Dengan Cara Mudah Mendapatkannya


    1. Iconic Moment / Momen Unik


    Contoh pemain Iconic Moment / Momen Unik di PES 2021

    Kartu yang paling bagus dan paling sulit untuk didapatkan adalah Iconic Moment atau Momen Unik. Kartu yang sering disingkat sebagai IM ini hanya muncul 1x dalam seminggu, dengan harapan mendapatkannya sangat-sangat sulit, bahkan beberapa mengatakan hanya 2% saja kemungkinannya.


    Iconic Moment identik dengan kartu dengan background berwarna merah. Iconic Moment didasarkan pada momen-momen unik yang pernah dilalui oleh seorang pemain lama. Misal, pada tanggal 27 Mei 2009 lalu Messi pernah mencetak gol spektakuler ke gawang Manchester United pada laga Champions League Final, lalu melakukan selebrasi unik yaitu melepas sepatu berwarna birunya lalu menciumnya. Momen tersebut diabadikan di dalam PES dengan wajah Messi yang sedang memegang sepatu birunya itu. 


    Iconic Moment selalu memiliki rating maksimal di atas 90, bahkan beberapa hingga lebih dari 100. Sedikit berbeda dengan kartu lainnya, rating pemain Iconic Moment dapat di-boost apabila kamu menggunakan tim yang sesuai dengan pemain tersebut. Apabila kamu memiliki Iconic Moment Messi dengan rating 99, lalu kamu menggunakan tim Barcelona bagi skuat, maka rating Messi tersebut bisa meningkat hingga 100 lebih.


    Iconic Moment hanya bisa didapatkan menggunakan roll dengan biaya 100 Coins atau membelinya menggunakan eFootball Points. Cara paling ampuh untuk mendapatkan Iconic Moment di PES 2021 dengan cepat adalah dengan rajin menabung Coin dan eFootball Points. Menurut Saladinez, kumpulkan minimal 3000 Coins, lalu coba roll agen Iconic Moment. Semakin banyak kamu melakukan roll, semakin besar kemungkinan mendapatkannya.


    2. Legend / Legenda


    Contoh Pemain Legend / Legenda di PES 2021

    Selain Iconic Moment, ada jenis kartu lainnya yang cukup unik, yaitu Legend. Legend adalah jenis kartu yang diisi oleh para pemain legenda yang sudah pensiun, seperti Maradona, Ronaldinho, Casillas, Oliver Kahn, dan lain sebagainya. Biasanya, pemain legenda yang mendapatkan kartu ini adalah pemain yang pernah berjaya di masanya. Kartu ini identik dengan warna kuning emas.


    Cara untuk mendapatkan pemain Legends di PES 2021 dengan mudah adalah dengan melakukan roll di draw yang memiliki Legenda di dalamnya. Selain itu, Legends juga bisa didapatkan dari challenge challenge tertentu yang disediakan pada waktu terbatas. 


    3. Featured Player / Pemain Sorotan


    Featured Player atau Pemain Sorotan adalah kumpulan pemain yang sedang trending atau disorot pada saat tertentu. Featured Player dapat dibagi menjadi 3 macam, yaitu Player of The Week, Fans' Choice, dan Club Selection. Bentuk mini thumbnail dari pemain Featured Player adalah ungu. Berikut penjelasannya.


    a. Player of The Week


    Contoh Pemain Featured Player: Player of The Week di PES 2021

    Player of The Week atau POTW adalah kartu pemain khusus yang tersedia dalam beberapa hari dan terus diupdate setiap minggu. Sesuai dengan namanya, POTW adalah pemain yang sedang top perform pada minggu sebelumnya. Pemain yang mendapatkan MOTM, mencetak gol dan asis, mendapatkan cleansheet, atau melakukan banyak intersepsi berpeluang tinggi untuk mendapatkan kartu jenis POTW. Kartu ini identik dengan warna hijau terang.


    Pemain POTW memiliki rating sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan pemain versi biasa. Semisal Lionel Messi memiliki rating maksimal 98, maka Ronaldo versi POTW bisa memiliki rating tetap 98, 99, atau bahkan lebih tinggi.


    Kartu ini bisa didapatkan dengan melakukan box draw di agen khusus POTW dengan biaya 100 Coins.


    b. Fans Choice


    Contoh Pemain Featured Player: Fans' Choice di PES 2021

    Sesuai dengan namanya, Fans' Choice merupakan kumpulan pemain dari suatu liga yang dipilih oleh fans secara langsung. Setiap box Fans' Choice dapat berisi hingga 20 pemain, tergantung berapa banyak tim yang terdapat pada liga yang disediakan. Kartu ini identik dengan warna coklat.


    Pemain yang ada di Fans' Choice dipilih melalui survey dalam bentuk voting di web Konami. Setiap orang yang memiliki akun Konami dapat ikut serta dalam voting tersebut. Mekanisme dari Fans' Choice sama seperti POTW.


    Kartu ini bisa didapatkan dengan melakukan box draw di agen khusus Fans' Choice dengan biaya 100 Coins.


    c. Club Selection


    Contoh Pemain Featured Player: Club Selection di PES 2021

    Club Selection adalah kumpulan pemain dari klub tertentu. Setiap box Club Selection dapat berisi hingga 8 pemain dengan posisi yang berbeda-beda. Kartu CS dapat kamu draw setiap minggu dengan waktu tertentu. Untuk mekanismenya sama dengan POTW dan Fans' Choice. Kartu ini identik dengan background lapangan di dalam sebuah stadion.


    Kartu ini bisa didapatkan dengan melakukan box draw di agen khusus Club Selection dengan biaya 100 Coins.


    4. Base Player / Pemain Dasar


    Contoh Pemain Base Player di PES 2021

    Base Player adalah pemain biasa atau sering disebut juga sebagai pemain normal. Pemain jenis ini tidak memiliki kelebihan apapun. Kamu bisa mendapatkannya dengan melakukan draw di semua box agen yang tersedia kecuali box Featured Player.


    5. Carryover / Pemain Bawaan


    Contoh Pemain Carryover di PES 2021

    Jenis terakhir yang sering disamakan dengan Base Player adalah Carryover. Pemain Base dan Featured Player yang kamu dapatkan sekarang di PES 2021 akan berubah menjadi pemain Carryover di PES 2022 nanti. Kartu ini identik dengan warna abu-abu.


    Pemain dengan kartu Carryover memiliki dua kelebihan, yaitu kondisinya stabil pada kondisi C dan apabila dijual maka harganya bisa 2 hingga 3 kali lipat lebih mahal dibandingkan pemain yang sama dengan kartu Base.


    Sekian panduan seputar berbagai jenis kartu yang ada di PES 2021 Mobile maupun PC lengkap dengan penjelasan dan cara mendapatkannya dengan mudah, semoga bermanfaat!

    Jadilah komentator pertama!

    Kebijakan Komentar

    Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.

    Emoticon
    :)
    :(
    hihi
    :-)
    :D
    =D
    :-d
    ;(
    ;-(
    @-)
    :P
    :o
    }D
    (o)
    :p
    (p)
    :-s
    (m)
    8-)
    :-t
    :-b
    b-(
    $-)
    (y)
    x-)
    (l)
    Penggunaan Tag & Gambar di Komentar
    Menggunakan PRE (block element)
    [pre] ... [/pre]

    Menggunakan CODE (block element)
    [code] ... [/code]

    Memasukkan IMG (gambar)
    [img src='...'/]

    Catatan:
    • Isi ... pada tag PRE dan CODE dengan kode yang ingin dimasukkan
    • Isi ... pada tag IMG dengan link gambar yang ingin ditampilkan
    • Parse terlebih dahulu kode yang ingin dimasukkan pada tab sebelah kanan (☷), caranya yaitu masukkan kode yang ingin diparse ke dalam box input, lalu hasil parse akan muncul pada box output
    HTML Parser
    Input:
    Output: