Daftar Isi

    Apa Itu Wide Midfielder? Penjelasan, Tugas, Posisi, & Contoh Pemain

    Gelandang merupakan salah satu peran yang sangat vital di sepak bola. Gelandang atau Midfielder juga memiliki banyak macamnya, salah satu contohnya ialah Wide Midfielder. Apa itu Wide Midfielder? Berikut pengertian, fungsi, tugas, posisi, skill, dan contoh pemainnya.


    Posisi & tugas Wide Midfielder


    Gelandang yang berposisi di kanan dan kiri dari lapangan bisa disebut juga sebagai Wide Midfielder. Sesuai dengan namanya, Wide Midfielder adalah seorang gelandang yang posisinya melebar atau di daerah sayap. Biasanya, Wide Midfielder sering digunakan pada skema formasi 4-4-2.


    Sama seperti winger, Wide Midfielder berposisi di daerah lebar atau sayap, namun Wide Midfielder dapat berposisi di daerah serangan maupun bertahan. Inilah perbedaan dari Wide Midfielder dengan winger, apabila winger hanya berada di garis terdepan untuk melakukan serangan, Wide Midfielder harus membantu tim di depan ketika serangan maupun di belakang ketika bertahan.


    Posisi Wide Midfielder di Sepak Bola

    Bisa dilihat pada gambar di atas, seorang Wide Midfielder akan berposisi di bagian kanan dan kiri dari formasi 4-4-2 bagian midfielder. Ia akan maju untuk membantu serangan tim maupun ikut mundur membantu full-back dalam pertahanan. Sehingga, ia sering juga disebut sebagai seorang midfield yang mobile.

    Skill apa yang harus dimiliki Wide Midfielder?


    Pace: Kecepatan, akselerasi, & kelincahan


    Karena ia berperan baik untuk menyerang maupun bertahan, maka seorang Wide Midfielder membutuhkan kecepatan, akselerasi, dan kelincahan yang baik agar dapat melakukan mobilisasi dengan baik. Dengan kecepatan yang baik, ia mampu berpindah dari yang awalnya di posisi depan untuk menyerang kembali ke posisi belakang dengan cepat agar tidak melewatkan kesempatan serta dapat memutuskan skema penyerangan lawan.


    Skill olah bola: Dribbling, ball control, & penjagaan bola


    Selain pace, seorang Wide Midfielder juga harus memiliki olah bola yang baik, entah dalam hal dribbling, ball control, maupun penjagaan bola. Karena posisinya yang di pinggir bahkan sering di touchline, maka Wide Midfielder harus memiliki ball control yang baik agar bola tidak terlepas dan keluar dari lapangan atau justru direbut oleh lawan (penjagaan bola).


    Selain itu, pada zaman sekarang, seorang yang memiliki kaki dominan kiri dapat ditempatkan di posisi kanan atau sebaliknya guna mempermudah dirinya untuk melakukan dribbling ke arah tengah menggunakan kaki andalannya. Hal ini juga berlaku oleh Wide Midfielder. Sering kali, seorang Wide Midfielder yang memiliki kaki dominan kiri justru ditempatkan di gelandang kanan atau sebaliknya agar dapat melakukan dribbling terobosan ke tengah. Perpindahan posisi ini tidak cukup apabila tidak dibarengi dengan kualitas dribbling yang baik, sehingga seorang Wide Midfielder juga harus memiliki kualitas dribbling terutama skill olah bola yang bagus.


    Mengumpan: Passing, crossing, assist


    Sebenarnya, tugas utama dari seorang Wide Midfielder adalah melakukan umpan-umpan crossing atau lambung ke arah tengah untuk selanjutnya diselesaikan oleh striker utama. Oleh karena itu, seorang Wide Midfielder harus memiliki tingkat akurasi crossing yang sangat baik agar dapat memberikan umpan lambung ke striker dengan tepat.

    Selain itu, area sayap sangat rentan terhadap pressing dari musuh karena areanya yang sempit (dekat dengan touchline). Dengan kata lain, Wide Midfielder harua dapat melakukan passing yang tepat dan lincah apabila terjadi tekanan kepadanya.

    Pemain yang berperan sebagai Wide Midfielder


    Beberapa contoh pemain top yang berperan sebagai Wide Midfielder antara lain:
    1. Ryan Giggs
    2. Gareth Bale
    3. David Beckham (Manchester United)
    4. Arjen Robben (Bayern Munchen)
    5. Pavel Nedved
    6. Saul Niguez
    7. Koke
    8. James Milner

    Berikut artikel seputar penjelasan mengenai Wide Midfielder, tugas, posisi, dan contoh pemain yang berperan, semoga bermanfaat.

    Jadilah komentator pertama!

    Kebijakan Komentar

    Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.

    Emoticon
    :)
    :(
    hihi
    :-)
    :D
    =D
    :-d
    ;(
    ;-(
    @-)
    :P
    :o
    }D
    (o)
    :p
    (p)
    :-s
    (m)
    8-)
    :-t
    :-b
    b-(
    $-)
    (y)
    x-)
    (l)
    Penggunaan Tag & Gambar di Komentar
    Menggunakan PRE (block element)
    [pre] ... [/pre]

    Menggunakan CODE (block element)
    [code] ... [/code]

    Memasukkan IMG (gambar)
    [img src='...'/]

    Catatan:
    • Isi ... pada tag PRE dan CODE dengan kode yang ingin dimasukkan
    • Isi ... pada tag IMG dengan link gambar yang ingin ditampilkan
    • Parse terlebih dahulu kode yang ingin dimasukkan pada tab sebelah kanan (☷), caranya yaitu masukkan kode yang ingin diparse ke dalam box input, lalu hasil parse akan muncul pada box output
    HTML Parser
    Input:
    Output: