Cara Mengatasi GTA IV yang Lag, FPS Drop, Macet, dan Patah atau Stuttering Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Saladinez
Cara Mengatasi GTA IV yang Lag, FPS Drop, Macet, dan Patah atau Stuttering

Punya game GTA IV, tapi pada saat dimainkan game malah menjadi lag? Tenang saja kali ini Saladinez ingin memberikan tutorial seputar cara mengatasi & menghilangkan GTA IV yang lag, FPS drop, patah, macet, serta beberapa mod yang berguna untuk menambah halus alias FPS Boost. Berikut artikel panduannya....

Saya yakin semua dari anda pasti sudah mengenal dengan game yang satu ini. Ya, Grand Theft Auto IV merupakan serial GTA yang sudah dirilis sekitar 10 tahun lebih atau lebih tepatnya lagi sekitar tahun 2008 lalu. Walaupun sudah cukup berumur, game yang sering disingkat GTA IV ini tidak pernah kehabisan pemain, justru semakin lama semakin stabil karena seringnya didiskon oleh Steam, hehe...

Di serialnya kali ini anda akan berperan sebagai Niko Bellic, seseorang veteran perang yang datang ke Liberty City untuk memenuhi panggilan sepupunya yaitu Roman Bellic yang mengajaknya karena sepupunya mengatakan bahwa ia telah menjadi orang kaya di Liberty City. Setelah sampai ke sana, ternyata perkataan sepupunya tadi hanyalah angan-angan, justru sepupunya sedang mengalami kesulitan dalam membayar uang tagihan. Sehingga kedatangan Niko justru untuk membantu perekonomian sepupunya dengan cara bekerja sama dengan orang-orang.

Kalau dari segi grafis, GTA IV memang tidak kalah dengan GTA V, hanya saja perlu beberapa mod tambahan agar menjadi lebih realistis lagi karena game ini memang mengusung tema peperangan geng sehingga penampilannya sedikit brownish. Karena grafiknya tidak terlalu bagus, maka spesifikasi game GTA IV juga tidak terlalu tinggi.

Walaupun tidak terlalu tinggi, tetap saja ada beberapa pemain yang memainkannya di laptop dengan spesifikasi yang lebih rendah, alhasil game pun menjadi lag dan FPS turun drastis. Tetapi tenang saja, kali ini Saladinez ingin membuat artikel seputar cara mengatasi lag di GTA IV agar anda dapat memainkannya di laptop / pc spek rendah alias low. Langsung saja silakan ikuti panduan berikut ini.

Cara Main GTA IV di Low PC serta Mengurangi Lag, Patah, Macet, dan FPS Drop


1. Menutup aplikasi background


Hal pertama yang menurut saya paling penting adalah dengan menutup aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang, terutama aplikasi yang berjalan tersebut adalah sesama game. Hal ini dikarenakan sebagian besar penyebab dari GTA IV yang lag adalah VRAM yang tidak memadai, sedangkan setiap game yang sedang berjalan pasti akan memakan VRAM.

Bila anda bermain GTA IV sambil bermain game lainnya juga, maka performa game jadi terbagi dan tidak maksimal. Saran saya tutup semua aplikasi background dan bila perlu gunakan aplikasi peningkat performa seperti Game Booster agar FPS menjadi bertambah dan game jadi lebih smooth.

2. Turunkan kualitas grafik


Hal kedua yang paling penting adalah atur grafik in-game menjadi rata kiri alias low semua. Hal ini sangat penting bagi anda yang memiliki laptop atau pc dengan VRAM yang sangat rendah. Selain itu, menurut saya semua game juga pasti akan bertambah FPS nya bila grafiknya diturunkan, bukan? Langsung saja silakan anda buka gamenya terlebih dahulu, lalu pilih pada bagian Options, dan turunkan semua grafik ke yang paling low, contohnya seperti ini:

Settingan Low GTA IV

3. Gunakan mod FPS Boost


FPS Boost merupakan sebuah file modifikasi di GTA IV yang berfungsi untuk menambah performa game serta meningkatkan FPS dan mengurangi lag. Sebagian besar cara kerjanya adalah dengan memaksa menurunkan grafik yang ada di game menjadi super-duper low. Kalau anda ingin memasangnya, silakan download mod nya di link berikut (jangan lupa untuk backup terlebih dahulu):

FPS Boost for Extreme Low PC [Updated]
FPS BOOST v3

Selain menurunkan grafik, ada beberapa perubahan lainnya yang terjadi, seperti tidak ada pedestrian (pejalan kaki), beberapa suara dihilangkan, kualitas suara diturunkan, tidak ada loading screen, render yang lambat, dan masih banyak lagi, sehingga hanya tersisa beberapa bangunan dan misi saja. Tentu hal ini membuat pengalaman gaming anda menjadi menurun, walaupun FPS jadi meningkat drastis. Jadi saran saya jangan gunakan mod ini bila anda ingin memainkan GTA IV dengan serius.

4. Jangan gunakan mod lain selain FPS Boost


Cara terakhir yang dapat anda lakukan adalah jangan tergiur untuk memasang mod lainnya selain mod yang dapat meningkatkan FPS. Mod-mod yang saya maksud seperti penambahan jenis kendaraan baru, TimeCyc supaya tampilan GTA IV lebih cerah, ENB, dan mod lainnya. Karena pengalaman saya sendiri FPS langsung menurun secara drastis setelah memasang TimeCyc baru.

Mungkin keempat cara diatas merupakan cara terampuh yang saya tau, bila anda tau cara lainnya jangan segan untuk memberikannya melalui kolom komentar ya. Sekian artikel Saladinez seputar Cara Mengatasi GTA IV yang Lag, FPS Drop, Macet, dan Patah atau Stuttering, semoga bermanfaat buat anda.

Artikel Terkait

0 komentar untuk Cara Mengatasi GTA IV yang Lag, FPS Drop, Macet, dan Patah atau Stuttering

Silakan berkomentar menggunakan akun Google Plus anda. Jangan buang-buang waktu hanya untuk melakukan SPAM disini.