Cara mengatasi Age of Empires II Definitive Edition yang lag, patah-patah, stuttering, FPS rendah, dan error.

    Pernah mengalami lag ketika sedang bermain game Age of Empires II: Definitive Edition? Atau bahkan tidak cuma lag, tetapi juga FPS yang rendah, stuttering, patah-patah, error, tidak bisa dibuka, dan sebagainya sehingga mencari cara mengatasi lag di Age of Empires II Definitive Edition dengan mudah?

    Sama, saya juga pernah mengalaminya. Tapi menurut saya hal ini wajar saja karena kita memang memainkan game ini dalam versi Definitive Edition.

    Apa itu Age of Empires Definitive Edition?


    Dalam versi Definitive Edition, biasanya sebuah versi game akan mengalami peningkatan baik dari sisi grafis, gameplay, tweak, dan lain sebagainya. Tidak hanya pada game Age of Empires saja, tetapi game-game lainnya seperti Mafia dan Sleeping Dogs juga memiliki versi Definitive Edition nya.

    Biasanya, pihak developer mengeluarkan versi yang sering disingkat dengan DE ini karena melihat versi sebelumnya dari gamenya yang masih ramai dimainkan oleh para gamers. Karena versi tersebut sudah lama dan mendapat desakan dari para pemainnya untuk dilakukan update, maka pihak Developer melakukan remake game tersebut.

    Baca juga: Cara Mengatasi Age of Empires III yang Lag, Patah, FPS Drop, dan Stuttering

    Bagaimana cara meningkatkan FPS serta mengurangi lag di Age of Empires II: Definitive Edition?


    Ada beberapa cara yang akan saya berikan pada artikel kali ini. Langsung saja berikut solusi nya.

    1. Atur Graphics Presets & Render ke low


    Setting grafik paling rendah untuk Age of Empires II: Definitive Edition

    Cara pertama dan yang paling ampuh adalah dengan mengatur grafik ke yang paling terendah. Beberapa setting grafik terendah versi saya yaitu dengan mematikan fitur:
    • V-Sync
    • Anti-Aliasing
    • Render 3D Water
    • Render Beach Waves
    • Vignette
    • Map Lightning
    • Blood
    • Particles: Low
    • Depth of Field
    • Enable Bloom
    • Enable Sharpen
    • Animate Fog
    • Animate Fog Border

    Cara ini lumayan ampuh bagi saya, karena terbukti saya mengalami peningkatan FPS 10 hingga 20 Frame per Second. Untuk mengakses pengaturan ini, silakan buka terlebih dahulu game nya, tekan pengaturan, lalu pilih menu tab Graphics. Kemudian atur settingan nya seperti pada gambar di atas.

    2. Matikan fullscreen dan perkecil resolusi


    Tidak hanya pada game Age of Empires II: Definitive Edition saja, tetapi mematikan fullscreen dan memperkecil resolusi juga bisa menjadi solusi untuk masalah lag pada game-game lainnya. Hal ini dikarenakan semakin besar resolusi maka semakin berat juga pekerjaan dari prosesor dan VGA.

    Cara mengaturnya sama seperti pada poin nomor 1. Ubah display mode menjadi windowed, lalu ubah resolution nya menjadi yang paling kecil. Namun dengan mengubah resolusi biasanya membuat game menjadi lebih jelek kualitas grafiknya (baca: burik). Jadi harap dipikirkan terlebih dahulu sebelum memperkecilnya.

    3. Pastikan spesifikasi memadai


    Langkah ketiga adalah dengan memastikan laptop atau komputer yang kamu pakai memiliki minimum spesifikasi yang cukup untuk memainkan game ini. Jangan samakan spesifikasi game Age of Empires II biasa dengan yang Definitive Edition, ya. Karena pada versi DE ini tentu kamu memerlukan spesifikasi laptop yang sedikit lebih tinggi karena kualitas grafiknya yang juga lebih bagus daripada sebelumnya.

    Pengalaman saya sendiri mencoba memainkan game ini di laptop tanpa VGA dengan RAM 4 GB dan setting grafik paling rendah bisa mendapatkan FPS sekitar 20 sampai 30. Ditekankan untuk memiliki VGA yang memadai agar bisa memainkan game ini dengan lancar.

    Baca juga: Spesifikasi Game: Age of Empires II: HD Edition PC

    4. Tutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang


    Jangan membuka aplikasi-aplikasi lain ketika bermain game ini, misal seperti browser yang biasanya mengambil banyak sekali RAM. Padahal, game ini bisa mengambil RAM sekitar 2 GB ketika kamu bermain. Apalagi membuka game-game lain, karena game ini mengambil VGA yang cukup banyak untuk merender.

    Tutup semua aplikasi bahkan yang menurutmu sepele seperti Explorer. Karena mau bagaimanapun aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang tetap mengambil resource seperti CPU, RAM, VGA, dan lain sebagainya sehingga dapat menurunkan performa gaming kamu.

    Baca juga: Mengatasi Initialization Failed Saat Membuka Age of Empires III: Complete Collection

    5. Matikan mode hemat daya dan mainkan sambil charge


    Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan mematikan mode hemat daya yang ada di komputer kamu. Hal ini sering kali dilewatkan oleh para gamers, padahal pengaruhnya sangat besar bagi performa. Komputer yang memiliki mode hemat daya yang menyala akan menurunkan performanya hingga 50% agar menghemat baterai, sehingga game kamu pun akan ikut terkena imbasnya.

    Selain itu juga disarankan kamu memainkan gamenya sambil dalam keadaan laptop di charge. Tujuannya adalah biasanya laptop meningkatkan performanya hingga ke maksimal disaat dalam keadaan charge. Hal ini dikarenakan laptop terus menerus mendapatkan suplay listrik sehingga tidak perlu menghemat daya.

    Mungkin kelima saran diatas sudah cukup meningkatkan FPS kamu hingga menjadi tidak lag lagi. Sekian artikel Saladinez seputar cara mengatasi Age of Empires II Definitive Edition yang lag, patah-patah, stuttering, FPS rendah, dan error, semoga bermanfaat.

    Jadilah komentator pertama!

    Kebijakan Komentar

    Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.

    Emoticon
    :)
    :(
    hihi
    :-)
    :D
    =D
    :-d
    ;(
    ;-(
    @-)
    :P
    :o
    }D
    (o)
    :p
    (p)
    :-s
    (m)
    8-)
    :-t
    :-b
    b-(
    $-)
    (y)
    x-)
    (l)
    Penggunaan Tag & Gambar di Komentar
    Menggunakan PRE (block element)
    [pre] ... [/pre]

    Menggunakan CODE (block element)
    [code] ... [/code]

    Memasukkan IMG (gambar)
    [img src='...'/]

    Catatan:
    • Isi ... pada tag PRE dan CODE dengan kode yang ingin dimasukkan
    • Isi ... pada tag IMG dengan link gambar yang ingin ditampilkan
    • Parse terlebih dahulu kode yang ingin dimasukkan pada tab sebelah kanan (☷), caranya yaitu masukkan kode yang ingin diparse ke dalam box input, lalu hasil parse akan muncul pada box output
    HTML Parser
    Input:
    Output: