Cara Mengatasi Age of Empires III yang Lag, Patah, FPS Drop, dan Stuttering Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Saladinez
Cara Mengatasi Age of Empires III yang Lag, Patah, FPS Drop, dan Stuttering

Siapa sih yang tidak kenal dengan game legendaris yang satu ini? Ya, Age of Empires atau yang lebih sering disingkat AoE merupakan sebuah game bergenre Real-Time Strategy  dimana anda sebagai pemain memiliki misi untuk membangun koloni sambil menghancurkan koloni musuh. Serial terbarunya yang paling diminati ialah Age of Empires III.

Koloni yang dapat anda pilih pun bukan koloni sembarangan, melainkan koloni atau bangsa yang memang pernah ada di dunia nyata pada zaman dahulu, seperti turki Ottoman, India Akbar, Napoleon Bonaparte, Ratu Elizabeth, dan lain-lain menyesuaikan Expansion yang dipakai. Anda akan membangun koloni tersebut dari membuat bangunan perumahan, barrack untuk melatih pasukan, membuat artileri berat, hingga benteng untuk pertahanan.

Kalau dari segi grafik, AoE III memang sudah tidak perlu ditanyakan lagi, semua sudah HD dan sangat realistis, berbeda jauh dari serial sebelumnya seperti AoE II. Mulai dari efek pencahayaan, pantulan & genangan air, suara tembakan, asap artileri, bekas hancuran bangunan, dan lain-lain semuanya sudah seperti asli.

Karena grafik yang sudah HD inilah terkadang para pemain AoE III mengeluhkan masalah seperti lag, FPS drop, dan patah-patah saat bermain. Walaupun spesifikasi untuk bermain Age of Empires III tidak terlalu tinggi, tetap saja anda memerlukan setidaknya laptop spek medium agar dapat bermain dengan lancar & grafik HD.

Nah bagi anda yang masih mengalami lag, berikut Saladinez berikan beberapa tips serta cara mengurangi lag pada Age of Empires III.

Mengatasi Lag, Patah-patah, serta Cara Meningkatkan FPS yang Drop di Age of Empires III.


1. Setting grafik ke low


Cara pertama yang menurut saya paling ampuh ialah dengan menurunkan semua kualitas grafis ke yang paling rendah. Caranya adalah dengan pergi ke Settings, lalu atur semuanya ke low di bagian Graphics. Berikut pengaturannya:

Settingan low grafik Age of Empires 3

  • Display Settings
    - Windowed Mode : On / Off (boleh on atau off)
    - Video Resolution : Sesuaikan saja, lebih kecil lebih baik
    - Bit Depth : 16
    - Refresh Rate : 60 (sesuaikan RR monitor)
    - VSync : Off
    - Anti-alias Quality : Off
  • Shader Settings
    - Shader Quality : Low
    - Shadow Quality : Off
    - Water Reflections : Off
    - Bloom Effects : Off
  • Detail Settings
    - High-poly Models : Off
    - Terrain Detail Objects : Off
    - Particle Quality : Low
    - Tracer Effects : Off
    - Obscured Unit Alpha : Max
    - Footprints : Off
  • Texture Settings
    - Terrain Texture Quality : Low
    - Model Texture Quality : Low
    - Texture Filter Quality : Low

Saya yakin FPS anda akan meningkat secara signifikan, bahkan yang sebelumnya hanya sebatas 20-an saja langsung meningkat hingga 40 keatas. Hal yang paling terpenting adalah mengecilkan resolusi layar, semakin kecil maka semakin tinggi juga FPS yang akan anda dapat.

2. Menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang


Cara kedua yang dapat anda lakukan adalah menutup atau close semua aplikasi yang anda buka pada latar belakang, hanya sisakan Age of Empires 3 saja yang terbuka. Terutama aplikasi-aplikasi berat seperti browser, Photoshop, Steam, dan lain-lain.

Hal ini disebabkan karena setiap aplikasi membutuhkan ruang RAM agar dapat berjalan. Semakin banyak aplikasi yang terbuka, semakin banyak pula RAM yang terpakai. Bila RAM sudah kepenuhan, maka game bisa saja menjadi lag karena tidak kebagian cukup RAM. Saya sendiri setelah melakukan cara kedua ini FPS menjadi meningkat sekitar 5-10.

3. Memainkan game sambil charge (laptop)


Khusus bagi anda yang memainkannya melalui laptop, saran saya mainkan game ini sambil laptop dalam keadaan ter-charge atau di cas. Biasanya, setiap laptop menggunakan mode Balance ketika baterai diatas 20 atau tidak keadaan dicas.

Sedangkan ketika dalam keadaan di cas, mode baterai menjadi High Performance, sehingga performa laptop menjadi lebih tinggi, dengan catatan baterai menjadi sedikit lebih lama untuk dicas hingga penuh, tetapi cepat habis saat charge dilepas.

4. Upgrade spek


Bila ketiga cara diatas masih belum dapat mengatasi lag saat bermain Age of Empires 3 berserta Expansionnya, maka cara terakhir yang dapat anda lakukan adalah melakukan upgrade pada spek. Memang, penyebab utama dari masalah lag pada game adalah spesifikasi yang tidak memadai, sehingga mau tidak mau anda harus upgrade ke yang lebih tinggi, dengan catatan harus menyiapkan budget hingga jutaan.

Semoga artikel diatas bermanfaat dan dapat mengurangi lag di game anda!

Artikel Terkait

0 komentar untuk Cara Mengatasi Age of Empires III yang Lag, Patah, FPS Drop, dan Stuttering

Silakan berkomentar menggunakan akun Google Plus anda. Jangan buang-buang waktu hanya untuk melakukan SPAM disini.