Mengatasi Plants vs. Zombies yang Lag, Error, & Tidak Bisa Dibuka

    Plants vs. Zombies, salah satu game legendaris yang cukup populer pada masanya. Seperti namanya, game yang bertemakan strategi ini akan membawamu berperang melawan zombie yang terus datang bergelombang menggunakan tanaman.

    Eits, tapi ini bukan tanaman biasa...

    Tanaman-tanaman yang ada adalah tanaman unik yang dapat mengeluarkan kacang polong yang berfungsi sebagai peluru untuk menembaki para zombie hingga mati. Tujuan zombie itu sendiri adalah untuk memakan otak dari pemilik tanaman ini, yaitu Dave. Ada 49 macam jenis tanaman yang siap membantumu melawan para zombie tersebut.

    Walaupun sebenarnya game ini hanya hadir di versi komputer saja, ternyata pihak EA berhasil merilis versi mobilenya. Tak disangka game ini mendapatkan 100 juta lebih unduhan di Play Store dengan rating 4.3.

    Namun, pernahkah kamu mendapatkan beberapa masalah ketika bermain Plants vs. Zombies? Bila iya, berikut Saladinez memberikan beberapa tips serta solusi untuk beberapa eror yang sering muncul.

    Cara Mengatasi “Download failed because the resources could not be found” di Plants vs. Zombies


    Pernahkah kamu mendapatkan pesan seperti ini ketika ingin bermain:

    “Download failed because the resources could not be found”

    Bila iya, tenang saja. Pesan tersebut memberitahumu bahwa ada file penting yang tidak ditemukan oleh game sehingga game tersebut tidak bisa dimainkan. Berikut solusinya:

    1. Pastikan file OBB ditaruh di tempat yang benar


    Bagi yang belum tau, OBB adalah sebuah file yang berisikan data-data penting dari game tersebut. Tanpa adanya file OBB, sebuah game tidak akan bisa dimainkan.

    Bila kamu mendownloadnya dari luar, maka kamu pasti akan disuruh mendownload dua file, yaitu file yang berekstensi APK dan OBB. Nah file OBB tadi harus kamu masukkan ke dalam:

    Penyimpanan internal > Android >  obb

    Kemudian silakan buka kembali game nya, saya yakin pasti sudah bisa dimainkan. Bila masih belum bisa juga, coba cara kedua berikut:

    2. Jangan download dari luar, download dari Play Store / App Store saja


    Tips kedua yang saya berikan adalah cukup download game ini dari market terpecaya saja seperti Play Store untuk Android atau App Store untuk iPhone iOS. Hal ini dikarenakan masalah ini sering muncul apabila kamu menginstal Plants vs. Zombies 2 dari hasil browsing internet sehingga untuk menginstalnya harus dilakukan secara manual.

    Karena manual, maka rentan terjadi kesalahan dalam pemasangan sehingga mengakibatkan error "Download failed because the resources could not be found" ketika kamu membuka nya.

    Cara Mengatasi Plants vs. Zombies yang Lag, Shuttering, dan FPS Rendah


    Pernahkah kamu ketika sedang bermain game ternyata tiba-tiba mengalami lag? Bila iya, kemungkinan ada masalah di hp mu karena secara garis besar game ini memiliki spesifikasi yang rendah, jadi kecil kemungkinan akan terjadi lag. Untuk spesifikasinya bisa kamu lihat pada artikel berikut:

    Baca juga: Spesifikasi game Plants vs. Zombies untuk Android dan iOS

    Bila spesifikasi sudah memadai tetapi tetap saja game terasa berat dan lag patah-patah, coba beberapa saran berikut:

    1. Download melalui Play Store / App Store


    Mengunduh game ini dari pihak luar juga bisa menyebabkan game menjadi terasa berat karena besar kemungkinan akan adanya bug pada game. Bug inilah yang membuat game terasa berat karena bisa saja ada masalah di dalamnya yang belum diupdate oleh sang developer.

    2. Matikan koneksi internet saat sedang bermain


    Cara kedua yang dapat kamu lakukan adalah dengan mematikan koneksi internet setiap kali ingin bermain. Hal ini disebabkan banyaknya iklan yang sering kali muncul dan mengganggu sehingga mengakibatkan game menjadi lag dan FPS nya turun. Belum lagi iklan-iklan tersebut sering didownload ketika kita sedang bermain, selain membuat lag, juga menguras kuota internetmu.

    3. Tutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang


    Aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang seperti Tiktok, Instagram, Facebook, bahkan game lainnya seperti Dream League Soccer dapat menjadi penyebab kenapa Plants vs. Zombies tidak bisa dibuka dan lag.

    Hal ini dikarenakan aplikasi-aplikasi tersebut memakan RAM yang cukup besar sehingga performa hp mu menjadi menurun karena harus membagi RAM dengan aplikasi-aplikasi lainnya. Aplikasi yang sering memakan RAM cukup besar biasanya adalah sosial media.

    Cara ini bukan hanya berlaku untuk game yang sering disingkat PVZ ini saja, tetapi juga ampuh untuk mengatasi lag pada berbagai macam game lainnya, termasuk cara mengatasi lag di World War Heroes.

    Kenapa Plants vs. Zombies Tidak Bisa Dibuka / Force Close?


    Pernah mengalami game tidak bisa dibuka atau bahkan force close saat baru ditekan? Bisa jadi ada masalah serius!

    Tapi tenang saja, hal ini bisa diatasi dengan beberapa langkah mudah saja. Berikut cara mengatasi Plants vs. Zombies yang tidak bisa dibuka.

    1. Pasang hanya melalui market yang terpecaya


    Ternyata selain menyebabkan lag dan error saat menginstal, ternyata mendownload dari internet biasa juga dapat menyebabkan game tidak bisa dibuka, lho! Hal ini dikarenakan bisa saja terjadi file corrupt pada data obb game tersebut, versi yang tidak sinkron, versi beta, dan masih banyak lagi yang lainnya.

    Bahkan bukan hanya itu, bisa saja game tersebut disusupi dengan virus dan malware sehingga lambat laun hp mu akan menjadi error juga! Oleh karena itu saya sangat menyarankan untuk mendownloadnya dari market terpecaya saja seperti Play Store dan App Store.

    2. Selalu update versi


    Langkah kedua adalah jangan lupa untuk selalu mengupdate versi game ke yang lebih baru. Untuk mengupdatenya bisa kamu lakukan langsung melalui marketnya saja, berikut linknya:

    App Store (iPhone iOS): Plants vs. Zombies™

    Play Store (Android OS): Plants vs. Zombies FREE

    Update versi dilakukan karena bisa saja pada versi yang kamu mainkan saat ini masih terdapat bug sehingga pada update selanjutnya bug tersebut diperbaiki oleh pihak developernya.

    3. Pastikan hp kamu kompatibel


    Langkah ketiga pastikan handphone atau smartphone yang kamu gunakan saat ini kompatibel dengan syarat spesifikasi minimum untuk memainkan game Plants vs. Zombies, yaitu Android versi 4.1 atau iOS versi 9.0. Selengkapnya bisa kamu lihat pada link yang ada pada tutorial diatas seputar cara mengatasi lag tadi.

    Bukan hanya versi OS, pastikan juga prosesor, RAM, hingga sisa penyimpanan kosongmu cukup dan memenuhi standar minimal untuk bermain.

    4. Uninstal dan instal kembali


    Cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan menghapus lalu memasangnya kembali. Hal ini dilakukan karena bisa saja pada instalasi sebelumnya kamu ada salah langkah, sehingga game menjadi error dan tidak bisa dibuka. Pastikan hapus semua file sampai ke akar-akarnya ketika melakukan uninstall agar tidak ada yang tersisa lagi.

    Namun ingat, ketika ingin menginstalnya lagi pastikan melalui market yang terpecaya, ya!

    Mungkin sekian saja artikel Saladinez seputar cara mudah mengatasi Plants vs. Zombies yang lag, error, tidak bisa dibuka, download failed, dan error lainnya di mobile Android & iOS, semoga bermanfaat buatmu!

    Jadilah komentator pertama!

    Kebijakan Komentar

    Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.

    Emoticon
    :)
    :(
    hihi
    :-)
    :D
    =D
    :-d
    ;(
    ;-(
    @-)
    :P
    :o
    }D
    (o)
    :p
    (p)
    :-s
    (m)
    8-)
    :-t
    :-b
    b-(
    $-)
    (y)
    x-)
    (l)
    Penggunaan Tag & Gambar di Komentar
    Menggunakan PRE (block element)
    [pre] ... [/pre]

    Menggunakan CODE (block element)
    [code] ... [/code]

    Memasukkan IMG (gambar)
    [img src='...'/]

    Catatan:
    • Isi ... pada tag PRE dan CODE dengan kode yang ingin dimasukkan
    • Isi ... pada tag IMG dengan link gambar yang ingin ditampilkan
    • Parse terlebih dahulu kode yang ingin dimasukkan pada tab sebelah kanan (☷), caranya yaitu masukkan kode yang ingin diparse ke dalam box input, lalu hasil parse akan muncul pada box output
    HTML Parser
    Input:
    Output: