20 Cara Mengatasi Lag & FPS Rendah di World War Heroes Terbaru!

Artikel kali ini Saladinez akan memberikan seputar tips dan trik serta cara mengatasi game World War Heroes Android & iOS yang lag, stuttering, atau FPS yang rendah, cocok buat kamu yang ingin bermain game ini di smartphone spesifikasi rendah tanpa harus merasakan lag!

World War Heroes, siapa sih yang tidak kenal dengan game yang satu ini? Saya yakin pasti para penggemar game perang khususnya yang First-Person Shooter game pasti sudah mengenal atau bahkan pernah memainkan game ini? Kamu pasti juga pernah bermain game ini, bukan?

Game ini menceritakan keadaan pada masa perang dunia kedua. Kamu bisa memilih apakah ingin menjadi pihak poros atau pihak sekutu, lalu berperang melawan tim lainnya dalam mode 5 versus 5 player. Pemenang ditentukan oleh mode game, waktu, maupun pencapaian skor.

Secara kesleuruhan, menurut saya game World War Heroes ini memang bagus, baik dari grafiknya, gameplay, hingga mode online nya pun sudah sangat baik. Terutama dari segi grafik, sudah bisa disetarakan dengan game-game PC dengan genre yang sama. Baik dari sisi pencahayaan, partikel, detail, dan lain sebagainya sudah bisa disetting hingga ke level Ultra. Mantap sekali, bukan?

Dikarenakan gamenya yang keren ini lah banyak para pemainnya yang mengeluhkan suatu hal yang sudah lazim kita dengar, yaitu LAG. Saya yakin pasti semuanya sudah tau apa itu lag beserta teman-temannya seperti patah-patah, stuttering, FPS rendah, dan sebagainya. Nah oleh karenanya, kali ini Saladinez akan membahas cara untuk mengatasi lag, stuttering, patah-patah, PING serta FPS rendah di World War Heroes. Langsung saja berikut pembahasannya.

Cara mengatasi lag, stuttering, patah-patah, PING serta FPS rendah di World War Heroes


1. Pastikan spesifikasi handphone kamu memadai


Hal pertama dan yang paling utama untuk kamu cek adalah pastikan smartphone mu memiliki spesifikasi yang cukup atau setidaknya memadai untuk memainkan World War Heroes dengan lancar tanpa lag. Hal ini penting, karena sebanyak apapun dan sesulit apapun cara yang kamu lakukan untuk menghilangkan lag di World War Heroes akan menjadi sia-sia bila smartphone mu sendiri saja tidak memiliki spesifikasi minimum agar bisa bermain.

Beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan adalah seperti versi OS, prosesor dengan minimal Clock Speed 1.3 GHz dan 2 Core (dual-core), minimal RAM 2 GB, serta setidaknya kamu memiliki ruang penyimpanan bebas sekitar 2 GB. Bila semuanya sudah terpenuhi, barulah kamu bisa memainkannya.

Pengaturan grafis di World War Heroes

2. Atur grafik ke rendah / low graphic


Langkah selanjutnya yang paling berpengaruh adalah mengatur seluruh grafiknya ke setting yang paling rendah, baik dari pemrosesan, kualitas partikel, detail, dan lain-lain. Kualitas grafik menjadi salah satu penentu utama dari penyebab World War Heroes lag, stuttering, serta patah-patah sehingga FPS pun menjadi turun.

Jangan tinggikan kualitas grafik bila smartphone android atau iOS kamu  memiliki spesifikasi rendah, terkecuali kamu memiliki hp dengan spek sultan seperti ASUS ROG atau hp lainnya yang memiliki spesifikasi sangat tinggi. Biasanya hp semacam ini memang dikhususkan digunakan untuk bermain game atau keperluan yang memang memerlukan performa tinggi lainnya.

3. Turunkan resolusi layar


Bila sudah menurunkan grafik saja kamu merasa kurang puas dengan FPS yang didapat atau masih merasakan lag, langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan menurunkan resolusi layarnya. Kamu dapat mensetting kualitas layar melalui menu Setting > Grafis. Lalu turunkan resolusinya dari 1 menjadi berada di kisaran 1x0.8 atau dibawahnya. Semakin rendah, semakin tinggi pula FPS yang akan kamu dapatkan.

Tetapi, ada satu kelemahan yang akan kamu dapatkan bila menurunkan kualitas resolusi layar, yaitu game yang menjadi semakin blur dan gambarnya menjadi kurang jelas. Oleh karenanya, Saladinez hanya menyarankanmu untuk menurunkannya di rentag 0.6 sampai 0.8 saja agar kamu tidak kesulitan melihat musuh. Apalagi bila kamu bermain di hp dengan layar yang besar, cukup turunkan maksimal hingga 0.7 saja ya!

4. Mengatur Server permainan ke Asia


Mengatur Server permainan ke Asia

Ada satu hal yang bisa jadi menyebabkan PING mu rendah, yaitu mungkin kamu salah dalam mengatur server permainannya. Kamu dapat mengaturnya di menu Setting > Permainan > Server saat ini. Saladinez sangat menyarankan untuk memilih server Asia saja karena kita sekarang berada di benua Asia. Terkecuali bila kamu sedang berada di barat, silakan pilih server Eropa atau Amerika bila kamu sedang berada di AS.

Semakin dekat server yang kamu pilih, maka semakin rendah pula PING yang kamu dapatkan sehingga kamu bisa bermain World War Heroes tanpa lag, karena salah satu penyebab lag adalah PING yang tinggi. Pemilihan server ini juga mempengaruhi pemain lain yang akan kamu temui nantinya. Bila kamu memilih server Eropa, maka sebagian besar pemain yang akan kamu temukan adalah pemain asal Eropa, dan begitu juga dengan server lainnya.

5. Tips tambahan...


Selain 4 cara diatas, saya akan memberikan beberapa tips tambahan bagimu supaya FPS nya bisa lebih tinggi lagi. Berikut tipsnya:
  1. Gunakan Game Booster
  2. Bebaskan lebih banyak lagi ruang penyimpanan (bersihkan cache)
  3. Gunakan Wi-Fi atau jaringan 4G yang cepat
  4. Tutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang
  5. Pastikan baterai dalam keadaan tidak rendah
  6. Pastikan hpmu tidak dalam keadaan mode hemat baterai / daya
  7. Hapus semua aplikasi yang tidak kamu gunakan lagi
  8. Hentikan semua aktivitas seperti download ketika ingin bermain
  9. Pastikan hp mu dalam keadaan normal (tidak panas)
  10. Matikan sementara notifikasi sosial media, karena aplikasi sosmed mengambil banyak RAM
  11. Upgrade RAM dan prosesor
  12. Update OS (android & iOS) ke versi yang terbaru
  13. Jangan dimainkan sambil charge, karena akan membuat hp cepat panas
  14. Gunakan mode high performance / gaming
  15. Jangan bermain ketika hp baru saja restart / reboot, tunggu dulu beberapa saat
  16. Turunkan intensitas cahaya layar

Berikut hasil yang Saladinez dapatkan ketika melakukan cara-cara diatas:



Sebelum (FPS Merah, kisaran 20-30)
Sebelum (FPS Merah, kisaran 20-30)

Sesudah (FPS Hijau, kisaran 50-60)
Sesudah (FPS Hijau, kisaran 50-60)

Lihat kan perbedaannya? Dari yang sebelumnya saya hanya mendapatkan FPS berada di kisaran 20-30, sekarang saya mendapatkan FPS yang sangat tinggi bahkan maksimal, yaitu 50-60. Beberapa cara yang saya terapkan dan sangat berpengaruh dalam FPS adalah dengan menurunkan kualitas grafik dan menggunakan WiFi atau jaringan dengan kecepatan yang tinggi.

Bagaimana denganmu? Apakah sudah mendapatkan FPS yang maksimal juga? Semoga setelah menerapkan 20 Cara Mengatasi Lag & FPS Rendah di World War Heroes Terbaru diatas kamu sudah bisa bermain game tanpa harus merasakan lag, patah-patah, dan stuttering lagi ya!
ARTIKEL TERKAIT

Jadilah komentator pertama!

Kebijakan Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.

Emoticon
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
}D
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
$-)
(y)
x-)
(l)
Penggunaan Tag & Gambar di Komentar
Menggunakan PRE (block element)
[pre] ... [/pre]

Menggunakan CODE (block element)
[code] ... [/code]

Memasukkan IMG (gambar)
[img src='...'/]

Catatan:
  • Isi ... pada tag PRE dan CODE dengan kode yang ingin dimasukkan
  • Isi ... pada tag IMG dengan link gambar yang ingin ditampilkan
  • Parse terlebih dahulu kode yang ingin dimasukkan pada tab sebelah kanan (☷), caranya yaitu masukkan kode yang ingin diparse ke dalam box input, lalu hasil parse akan muncul pada box output
HTML Parser
Input:
Output: