Spesifikasi Game: PES 2019 Mobile Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Saladinez
Spesifikasi Game: PES 2019 Mobile Android

Bila sebelumnya saya sudah pernah membuat artikel seputar spesifikasi game PES 2018 Mobile Android, kali ini saya ingin membuatnya lagi tetapi pada serial terbaru game PES yang baru saja dirilis pada tanggal 5 Desember 2018 lalu, yaitu PES 2019.

Awal bulan Desember 2018 atau lebih tepatnya lagi pada tanggal 5 merupakan saat-saat yang ditunggu oleh para penggemar game Pro Evolution Soccer, karena pihak Konami menjanjikan bahwa serial terbaru dari gamenya untuk versi mobile akan rilis pada awal Desember lalu. Ya, PES 2019 Mobile Android ternyata memang benar adanya dirilis pada saat itu oleh Konami secara gratis dan dapat anda unduh melalui Playstore.

Walaupun sejak awal perilisannya sempat diwarnai negatif oleh para penggemarnya dikarenakan maintenance yang berkepanjangan, tetapi untung saja hasil yang didapatkan setelah maintenance selesai memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Segala macam fitur baru nan unik sudah disiapkan secara matang oleh sang developer.

Salah satu yang baru dari PES 2019 adalah dari segi grafik. Grafik PES 2019 Mobile menurut saya sudah lumayan baik dan keren untuk sekelas game mobile, walaupun bila dibandingkan dengan kakaknya yaitu PES 2019 PC memang masih tergolong jauh. Grafiknya yang cukup memanjakan mata para pemainnya ini tentu harus dibarengi dengan spesifikasi hp yang memadai pula. Kalau tidak, saya yakin smartphone kesayangan anda bakalan kepanasan dan alhasil game akan menjadi sangat lag.

Apalagi pada update yang dirilis pada tanggal 5 Desember 2018 ini Konami telah memasang sebuah sistem semacam plugin yang bernama Unreal Engine 4. Tentu bagi anda para kalangan gamers sejati sudah tidak asing lagi dengan engine yang satu ini. Unreal Engine memiliki fungsi untuk meningkatkan kualitas grafis suatu game secara signifikan. Ada banyak game PC yang sudah menggunakan Unreal Engine 4, seperti Fortnite, Ark, Life is Strange 2, Minecraft: Dungeons, NBA Playgrounds, PUBG, dan masih banyak lagi. Keahliannya dalam meningkatkan grafis game memang tidak perlu dipertanyakan lagi.

Sayangnya, pihak Konami tidak memberikan spesifikasi yang jelas mengenai spesifikasi hp android yang diperlukan agar dapat memainkan PES 2019 Mobile dengan lancar tanpa lag, oleh karenanya kali ini saya ingin memberikan sedikit spek nya yang saya dapatkan dari hasil percobaan sendiri dari beberapa hp.

Spesifikasi HP Android untuk PES 2019 Mobile

  • Versi OS: Mashmallow 6.0
  • Clock Speed Prosesor: 1.4 GHz
  • RAM: 2 GB
  • Free Storage: 2 GB

Di atas tadi merupakan spesifikasi minimum nya, anda dapat memainkan PES 2019 dengan spek hp diatas dengan cukup lancar. Tetapi dengan syarat anda harus mengatur kualitas grafis nya menjadi rata kiri alias sangat rendah, itu pun terkadang FPS nya masih dapat turun menjadi di bawah 30. Jadi saran saya gunakan spesifikasi hp yang lebih tinggi terutama pada bagian kualitas prosesor nya, karena saya lihat kualitas prosesor berperan lumayan penting dalam masalah FPS.

Kalau dari pengalaman saya sendiri selama memainkan game ini dengan spesifikasi diatas, game memang tidak terlalu lag. Bahkan pada beberapa momen saya bisa mendapatkan FPS hingga 40 keatas. Tetapi dalam beberapa momen pula, FPS dapat turun sangat drastis hingga dibawah 30, contohnya seperti pada saat permulaan sebelum pertandingan dimulai, ketika stats pertandingan muncul, serta sebagian besar ketika pemain sedang melakukan selebrasi setelah menjebol gawang lawan.

Oleh karenanya, berikut akan saya berikan garis besar cara mengurangi lag di PES 2019 yang dapat anda lakukan dengan mudah tanpa biaya sepeser pun.

Cara Mudah Mengatasi Lag di PES 2019 Mobile Android


  1. Pastikan koneksi internet anda cukup cepat, usahakan gunakan koneksi internet yang terbaru yaitu 4G LTE. Lebih baik lagi bila anda menggunakan jaringan Wi-Fi.
  2. Tutup semua aplikasi latar belakang seperti sosial media atau game-game lain ketika anda ingin memainkan game ini.
  3. Pastikan baterai handphone anda tidak terlalu lemah/rendah, usahakan diatas 20%.
  4. Jangan menyalakan mode hemat baterai ketika ingin bermain.
  5. Turunkan tingkat kecerahan layar handphone anda.
  6. Bersihkan segala macam sampah atau gambar, video, dan aplikasi tidak berguna yang ada di hp anda, karena segala macam sampah tersebut dapat memperlambat kinerja hp untuk membaca ruang sehingga hp cenderung menjadi lebih lag.
  7. Turunkan kualitas grafis menjadi yang paling rendah.
  8. Matikan semua notifikasi terutama dari sosial media ketika anda sedang ingin bermain, karena menurut pengalaman saya sendiri hp sering menjadi lag secara tiba-tiba ketika notifikasi pesan masuk muncul dari sosial media seperti Line dan Whatsapp.
  9. Jangan melakukan multitasking, seperti bermain sambil mendengarkan musik, sambil mendownload sesuatu, atau sambil mengirimkan file ke hp lain.

Beberapa tips diatas juga perlu anda lakukan meskipun spesifikasi hp anda sudah memadai, karena penyebab hp menjadi lemot sebagian besar dikarenakan kesalahan para pengguna nya sendiri yang tidak dapat merawat hp nya secara baik.

Mungkin sekian saja artikel Saladinez seputar spesifikasi hp yang diperlukan untuk memainkan PES 2019 Mobile Android agar tidak lag dan patah-patah, semoga bermanfaat buat anda para #TeamPES!

Artikel Terkait