Cara Menaikkan & Menurunkan Team Cost di PES 2019 Mobile

Pernahkah anda bertanya apa itu Team Cost alias Biaya Tim yang terdapat pada PES 2019 Mobile Android? Atau justru anda sama sekali belum mengetahui apa itu? Bila iya, maka kali ini Saladinez akan memberikan penjelasan mengenai pengertian lengkap seputar Team Cost, cara menaikkan, serta cara menurunkan Biaya Tim di PES 2019 Mobile. Langsung saja berikut penjelasannya.

Apa itu Team Cost / Biaya Tim di PES 2019 Mobile?


Team Cost merupakan fitur yang cukup unik yang terdapat di beberapa serial terbaru game Pro Evolution Soccer, baik untuk versi PC maupun versi Mobile. Singkatnya, Team Cost merupakan biaya keseluruhan tim yang anda bawa ketika ingin bertanding, termasuk pemain yang berada di dalam bangku cadangan. Istilahnya, anda dapat melihat seberapa "berharganya" tim yang anda miliki. Semakin besar angka yang ditunjukkan, semakin berharga pula tim anda.

Untuk dapat melihatnya, anda dapat masuk ke Manajemen Squat, lalu lihat pada bar bagian kanan yang bertuliskan "Cost" atau "Biaya". Contohnya dapat anda lihat pada gambar di bawah ini.

Apa itu Team Cost / Biaya Tim di PES 2019 Mobile?

Sistem Perhitungan Jumlah Team Cost


Seperti yang saya sudah katakan di atas tadi, semakin tinggi nilai Team Cost anda, semakin berharga pula tim yang anda miliki. Nah disini berarti ada keterkaitan erat antara Team Cost dengan para pemain yang anda bawa. Semakin bagus dan terkenal pemain yang anda bawa, semakin bertambah pula Team Cost squat anda, baik pemain yang anda taruh di kesebelasan maupun yang ada di bangku cadangan semuanya berpengaruh kecuali pemain yang tidak anda bawa ke pertandingan alias Reserves.

Sistem Perhitungan Jumlah Team Cost

Sekarang coba anda tekan salah satu pemain yang anda punya, misalnya pada gambar diatas saya beri contoh Sergio Aguero. Aguero memiliki Cost sebesar 38, Cost yang tergolong cukup tinggi karena memang ia merupakan seorang pemain yang terkenal dan berstatus Black Ball di PES. Setiap pemain yang ada di kesebelasan anda memiliki cost nya masing-masing, jumlah cost nya tergantung dari seberapa tinggi rating pemain tersebut. Semakin tinggi rating nya, semakin tinggi pula cost nya.

Nah semua pemain yang ada di kesebelasan dan Substitute anda akan dijumlahkan semua Cost nya, lalu hasil penjumlahannya bisa anda lihat pada Team Cost yang terdapat pada Management Squad tadi.

Bagaimana Cara Menambah Jumlah Maksimal Team Cost?


Ternyata Team Cost yang anda miliki tidak boleh lebih dari batasan yang telah ditentukan. Bila melebihi batasan, maka pemain tersebut tidak akan dapat anda masukkan ke dalam tim inti. Batasan atau jumlah maksimal Team Cost ini tergantung pada Management Skill dari pelatih yang anda pakai.

Setiap pelatih seperti Joachim Loew, Zinedine Zidane, Mourinho, Ernesto Valverde, dan kawan-kawannya memiliki Management Skill nya masing-masing. Istilahnya sama seperti para pemain yang juga memiliki Cost nya masing-masing. Hanya saja berbeda dari pemain yang Cost nya bergantung pada skill serta overall yang ia miliki, Management Skill pada pelatih bergantung pada seberapa sukses pelatih tersebut di dunia nyata.

Bagaimana Cara Menambah Jumlah Maksimal Team Cost?

Balik lagi ke Team Cost, oleh karenanya bila anda ingin memasukkan banyak pemain bintang dengan Cost tinggi ke dalam tim inti, maka anda harus membarengi nya dengan pelatih yang berkelas juga. Beberapa pelatih terbaik di PES adalah seperti Pep Guardiola, Joachim Loew, Mourinho, Diego Simeone, Jurgen Klopp, dan masih banyak lagi. Anda dapat merekrutnya dengan melihat pada bagian Contract > Signable Manager. Selain dengan Management Skill nya yang tinggi, pelatih bagus juga ditandai dengan harganya yang lumayan mahal, yaitu hingga 25 ribu GP PES keatas.

Bagaimana Cara Menaikkan atau Menurunkan Team Cost di PES 2019 Mobile


Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, Team Cost sangat berkaitan dengan pemain yang anda bawa. Itu berarti untuk menaikkan Team Cost, maka anda juga harus mengisi squat anda dengan pemain-pemain yang berkelas, seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Virgil van Dijk, Toni Kroos, Andres Iniesta, Gareth Bale, dan masih banyak lagi. Pemain berkelas ditandai dari ratingnya, semakin tinggi overall yang dimiliki maka semakin bertalenta pula pemain tersebut. Biasanya pemain yang memiliki rating overall tinggi juga ditandai dengan status ball nya, yaitu Black Ball.

Kebalikannya, bila anda ingin menurunkan Team Cost nya misal karena anda tidak memiliki pelatih yang cukup sepadan juga, maka anda cukup memasukkan pemain dengan rating overall yang tidak terlalu tinggi, misal sekelas Gold Ball. Tapi jangan salah, walaupun tidak Black Ball, beberapa pemain Gold Ball seperti Son Heung-Min tidak perlu dipertanyakan talentanya. Semua juga tergantung dari seberapa hebat anda dalam mengolah bola untuk mencetak gol. Pemain bagus hanyalah sebuah faktor "pendukung" saja, karena yang paling utama adalah skill dan strategi yang anda miliki.

Mungkin beberapa penjelasan singkat mengenai pengertian, cara menaikkan, serta cara menurunkan Team Cost di PES 2019 Mobile dapat saya akhiri. Bila ada yang bingung atau kurang jelas, silakan tanyakan melalui kolom komentar yang tersedia, terima kasih.

Related Posts

0 Komentar untuk Cara Menaikkan & Menurunkan Team Cost di PES 2019 Mobile