Panduan Cara Menjual & Membeli Barang di Steam Market + Video Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Saladinez
Panduan Cara Menjual & Membeli Barang di Steam Market + Gambar

Apakah anda tau cara sell atau menjual suatu barang dari game anda di Steam Market? Ternyata, menjual barang seperti skin, case, key, dan lain-lain yang seputar game sangatlah mudah, bila anda belum tau, kali ini Saladinez ingin membuat tutorial nya step-by-step lengkap dengan gambar panduan nya.

Orang yang memiliki jiwa pebisnis pasti tertarik dan melihat sesuatu dari pandangan bisnis pula, tak terkecuali dalam hal game. Siapa sangka, game yang dulu hanya menjadi sarana penghilang kebosanan dan pengisi waktu luang dapat disulap menjadi sarang bisnis yang sangat menguntungkan.

Salah satu media bisnis para gamers ini adalah Steam Market. Steam Market merupakan sebuah komunitas yang dibuat oleh Steam, yang berfungsi sebagai tempat jual beli segala macam barang yang didapatkan dari sebuah game yang dijual di Steam, seperti DotA 2, CS:GO, PUBG, dan lain-lain.

Beberapa barang yang sering dijual di Steam Market ini seperti pakaian khusus di PUBG, item-item pendukung untuk hero DotA 2, Case, Key, dan Skin senjata di CSGO, dan masih banyak lagi. Tetapi, apakah anda tau cara menjual barang-barang tersebut di Steam Market menggunakan akun Steam anda? Bila belum tau, kali ini Saladinez ingin memberikan caranya lengkap dengan gambar dan sekaligus cara membeli barang juga, langsung saja berikut tutorialnya.



Cara Menjual Barang di Steam Market

  • Buka Steam Community Market, lalu klik tombol "Sell an item" yang terdapat di kanan atas

Community Market Sell an Item

  • Nanti akan muncul inventory Steam anda, klik pada salah satu item yang ingin anda jual, contohnya pada gambar di bawah ini saya ingin menjual item case dari CSGO yaitu Horizon Case

Memilih item yang akan dijual dari inventory

  • Setelah itu scroll ke bawah, di sana akan terdapat harga rata-rata dari item yang ingin anda jual, bila anda tetap ingin menjualnya dengan harga tersebut tekan "Sell"

Harga median dan volume penjualan di Market

  • Lalu akan muncul grafik harga dari item anda, pada bagian "You Receive", isi dengan nominal Steam Wallet yang akan anda terima bila barang tersebut terjual, sedangkan "Buyer Pays" merupakan nominal yang harus dikeluarkan oleh pembeli untuk membeli item anda (mungkin termasuk pajak?). Usahakan pada bagian Buyer Pays jangan sampai lebih tinggi dari harga median pada hari anda menjualnya, misal pada gambar di bawah harga median nya ialah Rp 8.874.

Grafik harga barang

  • Bila sudah selesai mengatur harganya, ceklis pada bagian "I agree to the TOS...", lalu tekan tombol "OK, put it up for sale"
  • Sekarang tekan OK

Konfirmasi penjualan

  • Selesai, barang telah dijual dan bila ada yang membelinya, anda akan dikirimi Gmail serta Steam Wallet anda akan bertambah secara otomatis

Disuruh Konfirmasi Steam Guard?

  • Bila setelah menjual muncul pesan seperti ini:

Pesan untuk diperlukan konfirmasi tambahan

  • Itu berarti anda telah mengaktifkan steam guard mobile authenticator, sehingga anda disuruh mengonfirmasi terlebih dahulu melalui aplikasi steam di mobile, caranya adalah pertama silakan anda buka terlebih dahulu aplikasi steam di mobile nya, tekan menu kiri atas, klik pada bagian "Confirmation"

Steam Mobile Confirmations

  • Lalu, ceklis pada bagian item yang ingin anda jual, klik Confirm Selected

Mengonfirmasi barang

  • Selesai...

Cara Membeli Barang di Steam Market

  • Silakan anda buka Steam Community Market
  • Lalu, pilih salah satu item yang anda beli dengan cara mencari pada kotak pencarian yang tersedia, misalnya pada gambar di bawah saya mencari trading card untuk CS:GO

Steam Community Market

  • Scroll ke bawah, lalu klik tombol hijau yang bertuliskan "Buy..."

Beli barang

  • Ceklis pada bagian Agreement di kotak kiri bawah, tentukan harga beli yang anda inginkan pada kotak kanan atas (saran saya biarkan saja, jangan diubah angkanya), lalu tekan Place Order

Menyetujui Terms dan order

  • Tunggu beberapa saat hingga muncul pesan seperti ini:

Pembelian selesai

  • Selesai, item sudah masuk ke dalam inventory dan Steam Wallet anda telah berkurang

Bagaimana? Menurut saya pribadi, dari menjual, konfirmasi, hingga pembelian barang di Steam Market semuanya mudah untuk dilakukan, bahkan saya yakin yang masih awam pun dapat melakukannya. Semoga panduan Saladinez diatas seputar Cara Menjual & Membeli Barang di Steam Market + Gambar dapat bermanfaat, berguna, dan membantu anda, ya...

Artikel Terkait