Cara Melakukan Backup & Restore Game di Steam Dengan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Saladinez
Cara Melakukan Backup & Restore Game di Steam Dengan Mudah

Tahukah anda cara backup dan restore game di Steam? Ternyata hampir semua game yang ada di dalam Steam dapat anda backup guna mengirim dan memainkannya di device lain dengan cara di restore. Langsung saja berikut artikel panduannya...

Sudah tidak bisa diragukan lagi Steam merupakan sebuah distributor game desktop yang paling terkenal dan bagus saat ini. Bagaimana tidak, dari game jadul hingga game yang sedang terkenal saat ini pasti ada dan dijual di Steam, bahkan rasanya kurang afdol kalau sebuah game tidak dijual di Steam.

Selain banyaknya game yang tersedia di sana, Steam juga memiliki beberapa fitur unik dan penting yang sangat berguna bagi para gamers, salah satu fiturnya ialah Backup dan Restore Game.

Apa itu Backup dan Restore Game Steam?


Seperti namanya, backup berarti anda mencadangkan file game yang sudah pernah anda download sebelumnya melalui Steam. Sedangkan restore berarti anda mengembalikan file game hasil backup ke tempat yang sama atau tempat lain.

Apa fungsi dari Backup dan Restore Game Steam?


Biasanya, fitur ini sering digunakan untuk mengirim atau memindahkan sebuah file game dari Steam ke device lain, misal dari laptop anda ke laptop lain. File game tersebut dapat dimainkan di laptop lain asalkan dimainkan melalui akun Steam yang sudah membeli game tersebut.

Fitur ini juga sangat sering digunakan oleh para gamers yang sudah membeli suatu game tetapi koneksi internetnya tidak mendukung untuk mendownload game yang sudah dibelinya tadi, entah karena koneksinya lambat, kuota terbatas, atau tidak ingin menunggu lama-lama untuk mendownload game.

Fungsi mudahnya seperti ini, misalnya anda sudah membeli game GTA V. Seperti yang anda ketahui, file size dari GTA V sangatlah besar, yaitu kisaran 60 GB, sedangkan anda sendiri mengakses internet menggunakan kuota data, sehingga anda harus mengeluarkan kocek yang cukup besar untuk membeli kuota 60 GB untuk mendownload game GTA V tadi. Nah disinilah backup dan restore berperan. Biasanya ada orang-orang yang menjual backup game GTA V dalam bentuk CD. Anda bisa membeli CD tersebut, pindahkan ke laptop / pc anda, lalu lakukan restore. Selesai, GTA V sudah terinstal di device anda tanpa perlu anda download.

Bagaimana cara Backup dan Restore game di Steam?


Ternyata cara backup game di Steam itu mudah saja, anda hanya perlu mengikuti sedikit langkah, lalu menunggu beberapa saat saja. Langsung saja berikut panduannya.

  • Pertama silakan anda buka terlebih dahulu aplikasi Steam di laptop / pc, lalu login dengan akun Steam anda
  • Bila sudah, pada menu bagian kiri atas, tekan Steam > Backup and Restore Games

Backup and Restore Games Steam

  • Nah disini anda dapat melakukan dua hal, yaitu backup atau restore. Mari kita mulai dari cara backup nya terlebih dahulu

Backup

  • Kemudian pilih pada bagian "Backup currently installed programs", jangan lupa untuk download terlebih dahulu game yang ingin anda backup

Backup currently installed programs

  • Lalu pilih game yang ingin anda backup, contohnya pada artikel kali ini saya ingin membackup Battlefield: Bad Company 2, lalu tekan Next

Memilih program

  • Pilih dimana anda ingin menaruh file hasil backup nya, saran saya biarkan saja default, lalu tekan Next

Destinasi backup

  • Tidak terlalu penting, tekan Next lagi...

Advanced Options

  • Tunggu hingga proses backup selesai. Lama proses backup ditentukan oleh beberapa faktor, seperti besarnya file size dan ukuran RAM yang dimiliki. Jadi saran saya jangan lakukan banyak aktivitas berat di laptop / pc anda selama proses backup berlangsung.

Menunggu hingga selesai...

  • Bila sudah selesai akan muncul tampilan seperti ini:

Backup selesai

Restore

  • Bila file backup masih berbentuk CD, silakan anda mount terlebih dahulu menggunakan aplikasi seperti PowerISO
  • Lalu, pilih pada bagian "Restore a previous backup", tekan Next

Restore a previous backup

  • Browse, cari folder dan file direktori hasil mount backup gamenya, tekan Next

Mencari folder untuk restore

  • Centang pada bagian Create desktop shortcut agar shortcut game muncul di Desktop, lalu tekan Next, dan ikuti panduan yang ada selanjutnya, seperti Agreement, folder hasil direktori, dst. Biasanya tinggal tekan next-next saja...

Membuat option shortcut desktop

  • Tunggu hingga proses instalasi selesai
  • Bila sudah selesai, silakan mainkan game anda melalui shortcut di desktop...

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Selain dapat menghemat kuota, membeli sebuah backup game juga dapat menjadi solusi untuk tidak membuang-buang waktu yang lumayan lama untuk mendownload sebuah game yang ukurannya sangat besar. Sekian artikel Saladinez seputar Cara Melakukan Backup & Restore Game di Steam Dengan Mudah, semoga bermanfaat buat anda.

Artikel Terkait