Cara Menghilangkan Limited Account di Steam Lengkap Dengan Penjelasan

Saya yakin bagi anda yang baru saja membuat akun Steam pasti pernah bertanya-tanya, mengapa akun saya Limited? Nah oleh karenanya kali ini Saladinez ingin membahas seputar apa itu Limited Account serta cara mengatasi dan menghilangkannya di Steam. Langsung saja berikut artikelnya.

Para gamers PC past sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Steam. Ya, Steam merupakan sebuah situs sekaligus aplikasi yang berfungsi untuk menjual dan menampung game-game, dari game jadul hingga yang sedang trending saat ini. Sangking terkenalnya, rasanya tidak afdol bila suatu game kalau tidak dijual melalui Steam Market. Ada ratus ribuan hingga jutaan game yang tersedia di Steam dari berjenis Free to Play hingga berbayar semua ada di sana.

Selain itu Steam juga diminati baik dari developer game maupun dari para playernya karena keamanan serta sistemnya yang cukup kompleks, dari sistem pembayaran, sistem pembelian, VAC Ban, penanggulangan cheater, diskon dan promo, sale, dan masih banyak lagi semuanya tertata dan tersusun dengan rapi.

Salah satu jenis keamanan yang ada di Steam adalah berlakunya sistem "Limited Account"

Apa itu Limited Account?


Sesuai dengan namanya, Limited Account berarti sebuah akun (Steam) terbatas. Artinya, tidak semua fitur yang ada dapat digunakan bila kita menggunakan akun tersebut.

Apa kelemahan, kekurangan, dan tanda serta ciri Limited Account?


Ada beberapa tanda dan kekurangan dari Limited Account di Steam, antara lain anda tidak bisa:
  1. Menambahkan teman, hanya bisa ditambahkan saja oleh yang akunnya tidak Limited
  2. Membeli & menjual barang di Community Market
  3. Memasukkan sesuatu karya sendiri di Workshop
  4. Chat dengan teman
  5. Menaikkan level akun
  6. Vote di Greenlight
  7. Review pada suatu game atau Workshop
  8. Mengakses Steam Web API
  9. Posting sesuatu di Discussions
  10. Mendapatkan trading cards
  11. Membuat grup chat

Apa fungsi serta alasan Steam memberlakukan sistem ini?


Ada beberapa alasan mengapa Steam menggunakan sistem Limited Account, antara lain untuk mengurangi masalah spam, phising, atau gangguan lainnya. Hal ini didasarkan karena orang yang melakukan kecurangan seperti spam pasti sebagian besar menggunakan akun FAKE, sehingga dengan diberlakukannya sistem ini maka mereka yang menggunakan akun palsu tidak bisa mengakses game serta diskusi di forum.

Bagaimana cara menghilangkan Limited Account?


Seperti yang sudah diberitahu oleh pihak Steam melalui forumnya, anda sekurang-kurangnya harus mengisi Steam Wallet sebesar 5$ atau bila dirupiahkan sekitar 75 Ribu Rupiah. Ini HARUS, jadi anda harus mengisi saldo dulu setidaknya 75 ribu agar status Limited menjadi hilang. Adapun Steam Wallet dapat anda isi melalui berbagai macam sistem pembayaran, seperti melalui kartu kredit, transfer bank, Go Pay, bahkan pulsa. Untuk selengkapnya mengenai cara mengisi Steam Wallet anda dapat membacanya di sini: Lengkap! Cara Mudah Membeli Game & Isi Steam Wallet di Steam Store.

Sampai langkah ini sebenarnya status Limited Account anda sudah hilang, anda sudah dapat melakukan add friend, menelusuri diskusi di forum, chat dengan teman, dan lain sebagainya. Tapi, ada satu fitur yang masih belum dapat anda gunakan, yaitu anda tidak bisa melakukan jual beli di Market. Untuk cara mengatasinya silakan lanjut membaca...

Bila Wallet telah terisi setidaknya 5$, maka hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membeli sesuatu game yang ada di sana. Saran saya belilah game yang sedang promo atau yang harganya murah, misalnya ada game yang harganya hanya 2 ribuan saja. Atau, bisa juga anda sekalian membeli game yang anda inginkan, CS:GO misalnya. Sebelum membeli, ada beberapa tips lainnya yang perlu anda perhatikan, semuanya sudah pernah saya bahas pada artikel berikut Tips Penting Sebelum Membeli Game di Steam Store Agar Tidak Merugi.

Bukan hanya sampai sini, anda pun harus menunggu setidaknya 30 hari sejak pembelian barang pertama agar dapat mengakses dan melakukan jual beli di Community Market, sehingga peringatan macam ini akan hilang:

The market is Unavailable di Steam

Bisa dilihat saya harus menunggu sampai tanggal 8 September agar bisa melakukan jual beli. Itu berarti saya membeli game untuk pertama kalinya pada tanggal 8 Agustus alias 1 bulan yang lalu. Bila dalam waktu 30 hari anda masih belum bisa melakukan trade, bisa jadi karena akun anda terkena Trade Hold. Untuk selengkapnya silakan anda baca pada artikel berikut ini: Cara Mengatasi Trade Hold di Steam Market Lengkap Dengan Penjelasan.

Mungkin sekian saja artikel Saladinez seputar Cara Menghilangkan Limited Account di Steam Lengkap Dengan Penjelasan, semoga bermanfaat buat anda.

Related Posts

0 Komentar untuk Cara Menghilangkan Limited Account di Steam Lengkap Dengan Penjelasan