Cara Menghilangkan Area Radiasi di Simcity 5 (2013) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Saladinez
Cara Menghilangkan Area Radiasi di Simcity 5 (2013)

Hayo jujur saja, setiap dari anda yang pernah memainkan serial terbaru dari SimCity yaitu SimCity 5 tahun 2013 pasti pernah mengalami masalah dengan radiasi. Radiasi ini mirip dengan masalah-masalah lainnya seperti polusi, hanya saja jauh lebih berbahaya dibandingkan polusi udara.

Radiasi bisa muncul karena beberapa macam, yang paling populer adalah karena serangan meteor dan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) yang meledak. Kedua musibah diatas sama-sama menimbulkan area radiasi di sekitarnya, dan biasanya serangan meteor membuat area yang lebih luas dan lama baru bisa hilang.

Sim yang terkena atau tinggal di area yang terkena radiasi akan sakit, mati, hingga meninggalkan Residence nya sehingga semua bangunan di sekitarnya termasuk toko dan pabrik menjadi kosong karena mereka tinggalkan. Efek buruknya, pendapatan akan berkurang secara drastis, bahkan bisa saja menjadi minus.

Cara Mengatasi Masalah Radiasi di SimCity 5 (2013)


Kembali ke topik awal, bagaimana cara mengatasinya?

Sebenarnya tidak ada cara mengatasinya kecuali dengan menunggu.

Ya, anda hanya perlu menunggu hingga radiasi tersebut akan hilang secara perlahan sehingga anda dapat membangun kembali di area tersebut. Nah yang menjadi masalahnya ialah, waktu yang diperlukan untuk menunggu bukanlah sebentar, melainkan total 102 tahun di dalam game atau sekitar 5 hari nonstop di dunia nyata. Itu pun agar hanya menjadi 5 hari anda harus mengatur waktunya menjadi mode cheetah.

Tingkatan radiasi di SimCity 5 2013

Bisa dilihat pada gambar diatas terdapat empat tingkatan kekuatan radiasi menurut warna, yang memiliki arti sebagai berikut:

  1. Merah : Radiasi kuat
  2. Oren : Radiasi sedang
  3. Oren muda : Radiasi lemah
  4. Cream : Radiasi paling lemah


Setiap tingkatan membutuhkan waktu sekitar 34 tahun untuk hilang, sehingga 34 x 3 tingkatan = 102 tahun. Tingkatan yang paling rendah tidak saya hitung, karena yang berwarna Cream cepat saja hilangnya.

5 hari bukanlah waktu yang sebentar. 5 x 24 jam = 120 jam. Anda harus siap membuang-buang waktu selama 120 jam di depan monitor hanya untuk meratapi kota yang terkena radiasi nuklir dan bekas meteor. Bisa jadi anda malah sakit atau minus di mata anda semakin bertambah cuma karena menunggu ini.

Saran Saladinez sih jangan dilakukan, ya...

Ikhlaskan saja, cukup dijadikan pembelajaran yaitu untuk tidak membuat Nuclear Power Plant. Cukup gunakan Coal atau Oil Power Plant sebagai penggantinya untuk memenuhi kebutuhan Power alias listrik ke seluruh penjuru kota, atau bisa juga menggunakan Solar Power Plant yang jauh lebih ramah lingkungan karena tidak menyebabkan polusi.

Jadi kesimpulannya, ada 3 cara yang dapat anda lakukan, yaitu:

  1. Membuat kota baru alias New Game (disarankan)
  2. Membiarkan sebagian kota terkena dampak radiasi (tidak disarankan)
  3. Menunggu hingga 5 hari (sangat tidak disarankan)

Kalau Saladinez sendiri sih memilih yang nomor pertama, karena ini hanyalah game, jadi tidak ada yang perlu diseriusin (ya walaupun sayang juga). Selamat bermain dan semoga artikel ini bermanfaat!

Artikel Terkait

0 komentar untuk Cara Menghilangkan Area Radiasi di Simcity 5 (2013)

Silakan berkomentar menggunakan akun Google Plus anda. Jangan buang-buang waktu hanya untuk melakukan SPAM disini.