Cara Mengatasi Workers Needed / Shortage di SimCity 5 (2013) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Saladinez
Cara Mengatasi Workers Needed / Shortage di SimCity 5 (2013)

Bila sebelumnya saya sudah membahas seputar Cara Menghilangkan Area Radiasi, kali ini saya ingin membahas lagi seputar Simcity 5, yaitu cara memperbanyak workers atau pekerja di kota agar tidak terkena masalah workers shortage.

100% dari pemain SimCity 5 keluaran 2013 pasti pernah mengalami masalah kota yang biasanya bertuliskan "workers needed" atau "workers shortage". Kedua masalah tersebut artinya tetap sama, yaitu kota membutuhkan pekerja untuk menjalankan bangunan komersial, industri, atau fasilitas kota lainnya.

Pekerja alias workers memang sangat dibutuhkan dan perannya sangat vital pada sebuah kota. Bila kota anda kekurangan pekerja, beberapa fasilitas penting seperti penampungan air, pembangkit listrik, tempat pembuangan, tambang, atau bahkan tempat judi tidak dapat bekerja. Alhasil tumbuhlah masalah baru seperti residents yang kekurangan air, tidak mendapatkan listrik, sampah bertebaran, dan lain-lain, sehingga secara perlahan penduduk kota menurun drastis dan profit kota menurun hingga minus.

Ngeri banget, ya?

Itu baru penjelasan dasar dan secara garis besar saja. Sebenarnya masih ada banyak masalah lainnya yang akan muncul bila suatu kota di SimCity 5 kekurangan atau bahkan tidak memiliki worker, salah satunya polusi karena tidak ada tempat pembuangan sampah.

Oke langsung saja, berikut cara mengatasinya...

Cara Mengatasi Kota Kekurangan Pekerja / Workers Needed Shortage di SimCity 5 (2013)


1. Perbanyak membuat zona residents


Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memperbanyak zona residents alias zone perumahan. Cara ini sangat penting, karena workers alias pekerja itu datang dari perumahan. Para pekerja, pembeli, dan orang-orang biasa hidup dan tinggal di perumahan.

Buatlah lebih banyak zona perumahan agar jumlah pekerja di kota semakin bertambah. Tapi ingat! Jangan buat terlalu banyak, karena kalau terlalu banyak, yang ada malah workers yang tidak memiliki pekerjaan karena tidak cukup lahan pekerjaan, sehingga mereka menganggur dan meningkatkan kriminalitas di kota.

2. Kurangi jumlah zona komersial dan industri


Cara kedua yang dapat anda lakukan adalah mengurangi jumlah zona dan bangunan komersial dan industri. Kedua zona ini menguras banyak sekali pekerja, terutama bila land value nya tinggi. Selain menyebabkan masalah workers shortage, terlalu banyak zona komersial juga menambah masalah baru, yaitu kurangnya pembeli.

Gunakan perbandingan 1 : 1 : 4 untuk zona komersial, industri, dan perumahan. Zona perumahan harus diperbanyak, karena worker bukan hanya bekerja untuk komersial dan industri, tetapi juga untuk fasilitas kota seperti tempat gambling, pembangkit listrik, tempat tambang, dan lain-lain.

3. Lihat jenis pekerja komersial yang dibutuhkan melalui Land Value


Cara terakhir, coba anda lihat land value setiap komersial dan residents. Terdapat 3 jenis land value, kita permudah aja menjadi tingkat 1, 2, dan 3. Tingkat 1 yang paling rendah (warna biru muda / $), tingkat 2 sedang (biru / $$), tingkat 3 yang paling tinggi (biru tua / $$$). Semakin tinggi tingkat land value, semakin bagus pula bentuk perumahan nya / toko komersial nya.

Nah sekarang anda harus menyamakan jumlah land value komersial dengan resident. Bila resident anda rata-rata sudah memiliki land value tingkat 3 atau ditandai dengan 3 dolar ($$$), maka komersial anda juga harus memiliki rata-rata land value yang sama, yaitu $$$.

Mengapa harus seperti itu?

Karena workers sendiri terbagi menjadi 3 macam, pekerja tingkat bawah, tingkat sedang, dan tingkat tinggi. Tingkatan workers tersebut ditentukan melalui dimana dia tinggal, bila ia tinggal di land value yang tinggi, maka dia termasuk pekerja tingkat tinggi juga.

Bangunan komersial membutuhkan workers yang memiliki tingkatan pekerja yang sama dengan land value nya. Bangunan komersial dengan land value $$$ hanya dapat mempekerjakan workers yang tinggal dari land value $$$. Sebaliknya, bangunan komersial dengan land value $ (rendah), hanya dapat mempekerjakan workers yang tinggal di perumahan dengan land value $.

Oke menurut saya penjelasan diatas mungkin sudah lumayan jelas ya, soalnya saya bingung bagaimana menjelaskannya secara mudah, karena game ini memang benar-benar membuat anda menjadi seorang "walikota" beneran. Semua diatur secara detail dan spesifik. Hal inilah yang membuat saya betah bermain lama-lama karena otak saya jadi terus berpikir. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

0 komentar untuk Cara Mengatasi Workers Needed / Shortage di SimCity 5 (2013)

Silakan berkomentar menggunakan akun Google Plus anda. Jangan buang-buang waktu hanya untuk melakukan SPAM disini.