Alasan Mengapa Planet Venus Sulit Dilihat Walaupun Melalui Teleskop Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Saladinez
Alasan Mengapa Planet Venus Sulit Dilihat Walaupun Melalui Teleskop

Venus merupakan sebuah planet yang berada di urutan ke dua dari Matahari setelah Merkurius yang berada di urutan pertama. Planet ini sering kali disebut sebagai planet saudara Bumi, karena ukuran, massa, gravitasi, dan komposisi Venus yang sangat mirip dengan Bumi. Walaupun mirip, Venus memiliki permukaan yang sangat berbeda dengan Bumi, apalagi atmosfer nya yang 95% lebih diisi oleh gas karbon dioksida atau CO2 sehingga membuatnya sangat beracun dan hampir mustahil untuk dihuni oleh manusia. Selain itu, planet ini juga sangat dekat dengan Matahari sehingga suhunya sangat tinggi.

Sayangnya, planet ini sangat sulit untuk dilihat melalui teleskop, bahkan teleskop rumahan yang lumayan mahal pun kesulitan untuk memfokuskan pandangannya ke permukaan Venus sehingga kualitas gambar yang dihasilkan kurang baik dan jelas. Se-bagus-bagusnya gambar tersebut paling hanya terlihat seperti ini saja:

Penampakan Planet Venus Melalui Teleskop

Mengapa Planet Venus sulit dilihat meskipun melalui teleskop?


Yang menjadi pertanyaannya ialah: Mengapa planet Venus sangat sulit dilihat meskipun melalui teleskop sekalipun? Nah berikut Saladinez berikan 3 alasan paling akurat dari pertanyaan berikut yang saya rangkum dari beberapa sumber terpercaya.

1. Terlalu dekat dengan Matahari


Seperti yang kita ketahui, planet ini merupakan planet terdekat kedua dari Matahari, jaraknya dengan Matahari sekitar 0,72 AU atau 108 juta kilometer. Keberadaannya yang dekat dengan bintang Tata Surya kita ini membuatnya selalu nampak dengan Matahari. Ia biasanya dapat dilihat dengan jelas beberapa saat sebelum terbit dan setelah terbenam nya Matahari. Karena hanya dapat dilihat dengan jelas ketika sebelum sunrise dan setelah sunset, membuat Venus tenggelam ke dalam di dalam kabut dan turbulensi atmosfer, sehingga membuatnya terlihat buram sekalipun dilihat melalui teleskop.

2. Terlalu cerah


Seperti yang sudah saya katakan di atas, atmosfer Venus sebagian besar terdiri dari gas Karbon Dioksida. Diatas lapisan gas tersebut terdapat awan tebal yang terdiri sari sulfur dioksida (SO2) dan asam sulfat (H2SO4). Awan tersebut memantulkan sekaligus menghamburkan 90% dari cahaya Matahari, sehingga membuatnya sangat terang, sehingga membuatnya menjadi benda langit paling terang kedua setelah Bulan. Cemerlangnya permukaan Venus membuatnya sangat sulit dilihat melalui teleskop, sehingga ia hanya terlihat seperti bola lampu atau bintang terang warna-warni saja (tidak jelas / buram).

3. Atmosfer yang tidak mendukung


Seperti yang sudah saya katakan diatas, atmosfer Venus terdiri dari awan yang sangat-sangat tebal sehingga permukaannya sangat sulit untuk dilihat, apalagi melalui teleskop. Bukan hanya atmosfer Venus, atmosfer turbulensi bumi juga menghalangi pandangan teleskop sehingga terlihat lebih buram dan sulit untuk fokus ke objek penglihatan. Sangat berbeda dengan bulan dari Bumi yang dapat terlihat dengan jelas karena tidak tertutupi awan apapun dan terletak tepat diatas kita - tidak terlalu terkena dampak atmosfer bumi.

Saran saya kalau punya teleskop lebih baik dipakai untuk melihat benda langit yang jelas saja supaya lebih memuaskan hasilnya hehe, misalnya bulan, jupiter, atau milky way.

Artikel Terkait

0 komentar untuk Alasan Mengapa Planet Venus Sulit Dilihat Walaupun Melalui Teleskop

Silakan berkomentar menggunakan akun Google Plus anda. Jangan buang-buang waktu hanya untuk melakukan SPAM disini.