Cara Mengatasi Texture Hilang / Missing di GTA 4 Dengan commandline

Sama seperti serial sebelumnya, GTA IV juga mengusung tema open-world game dimana anda akan berperan menjadi seorang yang ahli bersenjata. Pada seri Grand Theft Auto yang kali ini anda akan memerankan seorang veteran perang yang bernama Niko Bellic. Anda akan menjelajahi kembali kota Liberty City yang sebelumnya sudah pernah dipakai di serial GTA III dan GTA Liberty City Stories.

Yang membuat saya sangat suka sama game ini adalah grafik yang sudah lumayan bagus meskipun keluaran lama, yaitu akhir tahun 2008 lalu. Karena grafiknya yang sudah bagus, anda juga dituntut untuk memiliki spesifikasi laptop terutama VGA yang memadai. Banyak sekali para pemain GTA IV yang tidak memperhatikan spesifikasi laptopnya sehingga pada saat bermain ia mendapatkan banyak masalah dan kendala, antara lain yang paling sering ditemui ialah Missing Texture alias tekstur bangunan dan jalanan yang menjadi hilang dan invisible.

Tekstur hilang GTA IV

Biasanya hal ini dapat terjadi karena VGA anda tidak kuat, sehingga secara otomatis game akan menyesuaikan grafik ke yang paling rendah. Tetapi tenang saja, anda dapat "memaksa" nya untuk di setting manual grafiknya sehingga tekstur dapat muncul kembali. Nah langsung saja berikut caranya.


  • Pertama, silakan anda buka terlebih dahulu direktori game GTA IV nya
  • Kemudian, cari file berekstensi .txt yang bernama commandline
  • Buka file tersebut, hapus semua isinya, lalu masukkan kode khusus berikut ke dalamnya:


-nomemrestrict
-norestrictions 20


  • Simpan, dan silakan anda buka lagi gamenya


Saya yakin hampir 100% masalah anda terselesaikan, asalkan anda mengikuti cara diatas dengan benar. Bila masalah masih muncul silakan anda ulangi dari cara pertama, lalu pada saat memasukkan kode khusus, masukkan kode ini:

-width 640
-height 480
-refreshrate 60
-novblank
-texturequality 0
-renderquality 0
-viewdistance 0
-detailquality 0
-shadowdensity 0
-nomemrestrict
-norestrictions 20
-availablevidmem 25.0
-percentvidmem 100
-noprecache
-safemode
-windowed
-minspecaudio

Selesai, simpan file dan lihat hasilnya. Cara diatas juga sekaligus dapat mengatasi masalah game GTA IV yang lag.

Artikel Terkait

0 komentar untuk Cara Mengatasi Texture Hilang / Missing di GTA 4 Dengan commandline