8 Cara Mengatasi Lag, Patah, & Cara Meningkatkan FPS di Minecraft PC

Minecraft, siapa sih yang tidak kenal dengan game kotak-kotak yang satu ini? Walaupun grafik dan tampilan yang tidak seberapa, game ini memiliki ribuan hingga jutaan penggemar yang tersebar di seluruh dunia. Bahkan, game ini termasuk permainan "legend" karena masanya tidak pernah habis dari dulu hingga sekarang.

Anda akan diajak untuk berpetualang di sebuah map yang sangat besar, bahkan beribu-ribu kilometer. Anda harus bertahan hidup disana dengan berbagai cara, seperti memancing ikan, menanam tumbuh-tumbuhan, hingga melakukan barter dengan Villager.

Walaupun teksturnya kotak-kotak, laptop atau pc yang speknya terlalu rendah tetap akan terasa berat sekali untuk memainkan game ini. Bahkan terkadang laptop yang spesifikasinya sudah memadai saja masih terasa berat saat memainkannya.

Oleh karenanya, kali ini Saladinez ingin membagikan cara untuk mengatasi FPS drop tadi, langsung saja disimak berikut panduannya.

Cara Mengatasi Lag, Patah-Patah, dan Cara Meningkatkan FPS yang Drop di Minecraft PC


1. Pastikan spesifikasi laptop / pc anda memadai


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengecek spek laptop yang dipakai untuk bermain game ini, karena beribu-ribu cara yang anda lakukan akan tidak berhasil dan sia-sia kalau spesifikasi pc itu sendiri tidak memadai. Untuk mengeceknya, anda dapat membuka System Information di settings, lalu bandingkan speknya dengan spek yang ada pada artikel berikut ini: Spesifikasi Game Minecraft PC.

Menurut saya game ini lebih dominan ke arah prosesor agar bisa mendapatkan FPS yang tinggi, berbeda dengan game-game modern yang terkenal saat ini seperti GTA dan Far Cry yang lebih mementingkan RAM.

2. Pasang versi Optifine


Saya yakin yang sudah sering bermain Minecraft pasti sudah tau Optifine itu apa. Optifine merupakan sebuah mod atau client baru yang akan membuat performa pc anda semakin meningkat ketika bermain Minecraft, sehingga FPS akan meningkat secara drastis, bahkan yang sebelumnya hanya mendapatkan sekitar 10-20, dengan menggunakan Optifine anda bisa mendapatkan FPS sebesar 20-40 keatas.

Selain meningkatkan performa, Optifine juga menambahkan beberapa fitur grafik baru yang membuat game menjadi lebih realistis tanpa harus mengurangi FPS, salah satu yang terkenal ialah Shader.

Untuk tutorialnya, silakan anda buka artikel berikut ini: Cara Memasang Versi Optifine ke Dalam Minecraft PC.

3. Setting semua grafik ke Low


Kemudian, anda dapat mengatur semua macam pengaturan grafik ke yang paling rendah, dengan konsekuensi grafik menjadi agak sedikit jelek dan tidak realistis. Tapi menurut saya hal tersebut tidak apa-apa, daripada anda harus bermain dengan lag dan FPS yang super rendah hingga menyentuh angka dibawah 10.

Settingan grafik low Minecraft

4. Setting prioritas JAVAW


Cara yang keempat ini menurut saya lumayan ampuh untuk mengurangi lag di Minecraft, yaitu mengatur prioritas dari program JAVAW di Task Manager. JAVAW sendiri merupakan sebuah aplikasi atau program Java yang digunakan untuk menjalankan permainan MC. Dengan menaikkan prioritasnya ke yang paling tinggi, komputer akan memprioritaskan game tersebut dan memaksimalkan performanya.

Untuk cara set priority nya tidak perlu saya bahas lagi ya, caranya sudah pernah saya tulis di dalam artikel berikut ini: Mengatasi Sensitivitas Kamera Minecraft yang Tak Terkendali / Licin.

5. Menggunakan Texture Pack yang resolusi nya rendah


Texture pack memiliki peranan yang cukup penting untuk meningkatkan FPS, karena semakin tinggi resolusi Texture Pack nya, semakin HD pula tampilannya sehingga bagi anda yang bermain di pc low spek akan mengalami lag dan patah-patah yang sangat parah. Saran saya gunakan texture pack dengan resolusi rendah, mungkin sekitar 32 x 32 atau 16 x 16 sudah cukup.

Atau, anda juga dapat menggunakan yang resolusi paling rendah yaitu 8 x 8 yang justru dapat menambah FPS secara signifikan tanpa harus membuat tampilan menjadi jelek dan grafik yang tidak HD.

Untuk tutorial cara pemasangannya anda bisa liat pada artikel ini: Cara Memasang & Menggunakan Resource Pack di Minecraft PC.

6. Menutup aplikasi background


Seperti yang sudah saya katakan diatas tadi, MC lebih mementingkan clock speed dari prosesor ketimbang RAM yang besar agar dapat bermain dengan lancar. Oleh karenanya, silakan anda tutup semua aplikasi latar belakang alias background yang masih berjalan agar tidak membebani prosesor lebih tinggi.

Terutama jangan memainkan game sambil membuka aplikasi browser seperti Google Chrome atau Firefox, karena kedua browser tersebut memakan banyak sekali CPU sehingga dapat membuat game menjadi lag.

7. Gunakan internet yang cepat


Kalau cara ketujuh ini hanya berlaku bagi anda yang bermain secara online di suatu server. Bila anda bermain di world pribadi, langkahi saja panduan ini. Pastikan anda memiliki kecepatan koneksi internet yang memadai, ya setidaknya PING dibawah 200 agar tidak lag. Entah mengapa, setiap kali jaringan saya mulai turun, game menjadi terasa berat walaupun FPS tidak turun terlalu drastis. Setelah jaringan normal kembali, game juga menjadi normal.

Bila anda menggunakan paket data yang ditethering dari hp smartphone android, gunakan provider yang cocok dan memiliki koneksi yang cepat di daerah anda. Atau tidak ada salahnya untuk memasang dan menggunakan Wi-Fi agar internet menjadi lebih kencang dan stabil.

8. Selalu gunakan versi terbaru yang sudah rilis


Yang terakhir, jangan lupa selalu mengecek dan mengupdate versi Minecraft anda ke yang paling baru, karena bisa saja versi yang lama memiliki masalah atau bug yang dapat membuat game menjadi berat dan lag. Sampai saat saya menulis artikel ini sendiri Minecraft sudah mencapai versi 1.12, yang dalam beberapa hari atau minggu kedepan akan update ke versi 1.13.

Bagaimana? Apakah setelah mengikuti kedelapan cara diatas lag, berat, dan patah-patah di game Minecraft sudah teratasi, atau bahkan hilang? Semoga bermanfaat...

Artikel Terkait

0 komentar untuk 8 Cara Mengatasi Lag, Patah, & Cara Meningkatkan FPS di Minecraft PC