Cara Memasang & Menggunakan Resource Pack di Minecraft PC

Bila sebelumnya saya share artikel Cara Mengatasi Sensitivitas Kamera Minecraft yang Tidak Terkendali & Licin, kali ini saya ingin membagikan artikel seputar Minecraft lagi, yaitu Cara Memasang & Menggunakan Texture Pack di Minecraft PC.

Saya yakin hampir semua dari anda yang sudah cukup lama bermain Minecraft sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Texture Pack. Ya, Texture Pack atau sering disingkat TP merupakan sebuah cara dimana kita bisa mengubah tekstur dan grafik block yang ada di game menjadi sesuai keinginan kita.

Namun, sering kali saya melihat orang lain bahkan teman-teman bermain saya kesulitan dalam pemasangannya, karena folder direktori MC yang memang sulit ditemukan. Oleh karenanya, kali ini Saladinez ingin membagikan tutorial lengkap, langsung saja disimak berikut panduannya.

Tutorial Cara Memasang dan Menggunakan Texture Pack di Minecraft PC


  • Pertama, silakan anda gamenya terlebih dahulu.
  • Bila sudah terbuka, di menu utama silakan anda pilih menu Option > Resource Packs.
  • Lihat pada bagian kiri bawah, tekan tombol yang bertuliskan  "Open resource pack folder".
  • Kemudian anda akan dibawa ke sebuah file manager dimana direktori resource pack berada, biasanya berada di C:\Users\Saladinez\AppData\Roaming\.minecraft\resourcepacks
  • Silakan anda copy dan pastekan file resource pack yang sudah didownload dan masih berbentuk .zip ke dalam file direktori tadi.
  • Kembali ke game, sekarang anda akan melihat resource pack yang baru anda tambahkan tadi muncul di sebelah kiri (contoh pada digambar). Arahkan mouse ke RP tersebut, lalu klik tombol yang berbentuk segitiga ke kanan berwarna biru, sehingga RP anda akan pindah ke sisi kanan.

Available Resource Pack


  • Lalu tekan Done, dan tunggu beberapa saat. Kemungkinan game akan not responding.
  • Selesai, sekarang tampilan sudah berubah.


Bagaimana? Mudah saja bukan? Saran saya gunakan resolusi RP yang kecil, misal 8, 16, atau maksimal 32. Hal ini bertujuan agar game tidak menjadi berat, lag, atau patah-patah. Selamat mencoba semoga berhasil!

Artikel Terkait

0 komentar untuk Cara Memasang & Menggunakan Resource Pack di Minecraft PC