Universitas Terbaik di Malang 2020: Perguruan Tinggi Negeri, Swasta, dan Ikatan Dinas

Dalam memilih universitas atau perguruan tinggi, pastinya akan didasarkan pada banyak aspek. Mulai dari akreditasi, banyaknya jurusan yang tersedia, popularitas, hingga peringkat universitas atau kampus tersebut di tingkat nasional hingga kancah internasional.

Beberapa orang bahkan ada yang rela keluar daerah hingga keluar negeri hanya agar ia bisa menikmati pendidikan yang berkualitas. Negara sendiri sering memfasilitasi universitas agar bisa menciptakan sarjana-sarjana muda berkualitas yang nantinya berguna untuk membangun bangsa ini.

Salah satu kota yang sering dijadikan tujuan perkuliahan selain Jakarta adalah kota Malang. Bukan tanpa beralasan, kota Malang memang memiliki banyak perguruan tinggi yang berkualitas, seperti Universitas Negeri Malang, Univ. Muhammadiyah Malang, Univ. Islam Malang, Univ. Maulana Malik Ibrahim Malang, dan masih banyak lagi. Bahkan ada salah satu universitas di Malang yang berkualitas internasional, yaitu Universitas Brawijaya.

Selain beberapa perguruan tinggi yang sudah saya sebutkan sebelumnya, masih ada banyak sekali perguruan-perguruan tinggi yang ada di Malang, baik dari perguruan tinggi Negeri (PTN), Swasta (PTS), Politeknik (POLTEK), Sekolah Tinggi (ST), dan lain-lain. Berikut Saladinez rangkum semuanya pada artikel berikut ini lengkap dengan website, biodata singkat, serta ranking nya baik secara skala nasional maupun internasional.

Universitas Negeri di Malang (UNIBRAW)

Universitas Negeri di Malang


1. Universitas Brawijaya (UB / UNIBRAW)


Nomor 1 masih ditempati oleh Universitas Brawijaya atau yang lebih sering disingkat UNIBRAW. Saya yakin pasti anda sudah pernah mendengar atau justru sudah pernah berjalan-jalan di kampus ini. Perguruan tinggi yang sering disingkat UB ini sendiri memang sudah sangat terkenal, bahkan masuk dalam jejeran 10 universitas terbaik di Indonesia. UNIBRAW menempati posisi ke-6 di Indonesia, dan menempati posisi ke 1.295 di tingkat internasional.

Program studi (PRODI) yang ditawarkan pun ada banyak. Total fakultas yang tersedia di UB ada 15 fakultas dengan keseluruhan total jurusan sebanyak 81 (dan terus bertambah). Akreditasi keseluruhan dari perguruan tinggi yang satu ini adalah A. Silakan cek website resmi dari universitas Brawijaya di https://ub.ac.id/id/.

2. Universitas Negeri Malang (UM)


Yang kedua ada Universitas yang sangat terkenal di Malang setelah Unibraw, yaitu Universitas Negeri Malang. Dulunya, perguruan tinggi ini bernama PTPG, lalu berubah menjadi IKIP, dan akhirnya pada 4 Agustus 1999 berubah lagi menjadi UM berdasarkan pada Keputusan Presiden RI No 93 Tahun 1999. UM sendiri menempati posisi 37 di Indonesia dan posisi 3887 di world rank.

Sedangkan untuk prodi, UM memiliki prodi sebanyak 65, dengan 8 fakultas serta 1 program pascasarjana. Fakultas tersebut antara lain FIP, FS, FMIPA, FE, FT, FIK, FIS, dan FPP. Akreditasi dari PTN yang satu ini adalah A. Untuk websitenya silakan cek pada link berikut https://um.ac.id.

3. Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang


Selanjutnya ada Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim atau yang sering disingkat UIN Malang. Dulunya, perguruan tinggi ini bernama Universitas Islam Indonesia-Sudan atau lebih sering disingkat UIIS, lalu diganti menjadi seperti sekarang ini dan diberi tambahan Maulana Malik Ibrahim, salah satu sosok dari Wali Songo. UIN Malang sendiri menempati posisi ke 4.338 dalam skala internasional dan 53 di seluruh Indonesia.

Akreditasi yang ditawarkan adalah A, dengan jumlah program studi sebanyak 29. Jurusan yang tersedia pun sebagian besar berkaitan dengan ilmu agama Islam, seperti guru madrasah Ibtidaiyah, al-Ahwal al-Syakhshiyyah, hukum bisnis Syariah, sastra arab, dan masih banyak lagi. Namun, di PT ini tetap memiliki prodi umum, contohnya seperti farmasi, dokter, arsitektur, TI, bahkan perpustakaan dan informasi. Untuk websitenya, anda bisa melihatnya di https://uin-malang.ac.id/.

Universitas Swasta di Malang (UMM)

Universitas Swasta di Malang


1. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)


Perguruan Tinggi yang sering disebut dengan "UnMuh" atau UMM ini memang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bahkan, banyak orang yang merekomendasikan serta menggadang-gadang bahwa UMM adalah Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Malang. Karena gedung kampus nya didominasi oleh warna putih, UMM sering disebut dengan "kampus putih" oleh warga sekitar. UMM sendiri menempati ranking 86 di Indonesia dan 5.475 di dunia versi Webometrics.

Dengan akreditasi yang sudah A, UMM memiliki program studi sebanyak 42. Jurusan yang ditawarkan pun beragam, ada pendidikan apoteker, kesejahteraan sosial, teknologi pangan, ekonomi pembangunan, dan masih banyak lagi jurusan unik lainnya. Silakan cek selengkapnya melalui website resmi UMM yaitu di https://umm.ac.id.

2. Universitas Merdeka Malang (UNMER Malang)


Yang kedua ada Universitas Merdeka Malang. Walaupun UNMER terdapat dimana-mana, tapi jangan sepelekan kualitas dari perguruan tinggi yang satu ini. Terbukti, UNMER Malang bisa menempati posisi 194 di Indonesia dan 8.358 di dunia. PT ini memiliki sebuah slogan, yaitu "The Quality University", yang bertujuan untuk menciptakan SDM yang unggul, handal, dan mumpuni dalam berbagai bidang sehingga dapat membantu masyarakat Indonesia ke yang lebih baik.

Akreditasinya berbeda dengan Univ sebelumnya, yaitu B. Tetapi jangan salah, Unmer Malang memiliki total 21 program studi yang rata-rata berkecimpung di fakultas ilmu sosial, politik, ekonomi, dan bisnis. Bahkan para mahasiswanya sering menyelenggarakan bazaar yang berfungsi untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentang suatu hal yang baru untuk membuat kehidupan yang lebih baik di masa depan. Selengkapnya, silakan anda cek pada web berikut https://unmer.ac.id/.

3. Universitas Islam Malang (UNISMA)


Nomor 3 ditempati oleh Universitas Islam Malang. Perguruan tinggi yang sering disingkat UNISMA ini bertempat di Jalan Mayjen Haryono nomor 193. UNISMA sendiri memiliki peringkat ke 346 di Indonesia dan peringkat ke 12.558 di dunia. Berdirinya kampus ini sendiri diawali dengan keinginan para sarjana muslim yang berhaluan Ahlussunnah wal Jama'ah dengan fakultas awal yaitu Tarbiyah.

Akreditasi yang dimiliki adalah B, dengan jumlah program studi sebanyak 34. Bukan hanya seputar dunia islam, UNISMA juga memiliki banyak prodi umum yang banyak dicari orang, contohnya seperti agribisnis, agroteknologi, hukum, teknik, dan program-program pascasarjana. Untuk selengkapnya, anda bisa mengecek langsung di website resminya di http://www.unisma.ac.id.

Politeknik di Malang (POLINEMA)

Politeknik di Malang


1. Politeknik Negeri Malang (POLINEMA)


Politeknik Negeri Malang atau lebih sering disingkat POLINEMA dulunya memiliki nama Politeknik Universitas Brawijaya. Lalu dilakukan pergantian nama yang didasarkan pada Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 147/O/2004 tanggal 22 November 2004. Kampus ini mendapatkan ranking ke 81 di Indonesia dan 5.365 di dunia.

Akreditasi dari POLINEMA adalah B, dengan program pendidikan yang tersedia adalah D-III dan D-IV. Jurusan yang terdapat di perguruan tinggi ini antara lain jurusan teknologi informasi, teknik elektro, teknik mesin, teknik kimia, teknik sipil, akuntansi, dan administrasi niaga. Website resminya ada di https://www.polinema.ac.id/.

2. Politeknik Kota Malang (POLTEKOM)


Urutan kedua ditempati oleh Politeknik Kota Malang. Perguruan tinggi yang satu ini lebih menekankan pendidikan vokasi pada teknologi terapan (applied technology), khususnya di bagian teknik (engineering). Ranking nya di Indonesia adalah 531, sedangkan di dunia berada di urutan ke 16.730.

Jurusan yang terdapat di POLTEKOM terbagi menjadi dua macam, yaitu pendidikan Diploma-III dan Diploma-I Pendidikan Vokasional Berkelanjutan atau PVB. Program studi yang tersedia antara lain seperti teknik informatika, mekatronika, dan telekomunikasi. Selengkapnya, silakan anda baca pada halaman resminya di sini https://www.poltekom.ac.id/.

3. Politeknik Unisma Malang (POLISMA)


Walaupun masih berjalan sekitar 3 tahun hingga penerimaan mahasiswa baru 2020/2021, tetapi nama Politeknik Unisma Malang sudah mulai tersebar hingga ke luar daerah dikarenakan membawa nama UNISMA. Rangking dari perguruan tinggi ini adalah 1.714 di Indonesia sedangkan dalam skala internasional berada pada urutan ke 27.090.

Dikarenakan masih baru, akreditasi POLISMA masih belum ada. Jurusannya pun masih ada 3, yaitu D3 - Teknologi Mesin, D3 - Teknologi Listrik, dan D4 - Teknologi Rekayasa Komputer dan Jaringan (TRKJ). Selengkapnya anda bisa mengecek pada halaman web resminya yaitu di https://poltekunisma.ac.id/web/.

Sekolah Kedinasan (Ikatan Dinas) di Malang (STPP)

Sekolah Kedinasan (Ikatan Dinas) di Malang


1. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang


Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Malang adalah sebuah perguruan tinggi yang berada di bawha naungan Kementrian Pertanian. STPP Malang memiliki visi “STPP Malang menjadi Perguruan Tinggi yang berdaya saing dan berwawasan global dalam mencetak sumberdaya manusia yang profesional di bidang Rumpun Ilmu Hayat Pertanian (RIHP)”. STPP Malang berada di urutan ke 628 di Indonesia dan 18.227 di dunia.

Fasilitas yang tersedia disini antara lain seperti ruang kuliah, instalasi praktek, perpustakaan, dan laboratorium. Program studi yang tersedia ada dua, yaitu D4 - Penyuluhan Pertanian dan D4 - Peternakan. Sebelumnya, halaman resminya berada di http://www.stppmalang.ac.id/, namun sekarang sudah tidak bisa diakses lagi.

2. Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Darat (STTAD) Malang


Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Darat Malang adalah sebuah perguruan tinggi yang berkedudukan langsung di bawah Dankodiklat TNI AD. Sekolah Tinggi ini diresmikan pada tahun 2006 lalu. Diharapkan para mahasiswa lulusan STTAD ini dapat menjadi seorang militer Angkatan Darat Indonesia yang mandiri dan dapat membela tanah airnya. Bagi anda yang ingin tau lebih lanjut seputar STTAD, bisa mengunjungi langsung ke kampusnya di Pendem, Kec. Junrejo, Kota Batu, dikarenakan halaman web resminya sedang dalam maintenance (https://www.poltekad.ac.id/).

3. Balai Diklat Keuangan (BDK) Malang


Balai Diklat Keuangan (BDK) STAN Malang adalah sebuah perguruan tinggi yang sama seperti STAN di daerah lainnya, berfungsi untuk menjadi badan pendidikan dan pelatihan keuangan negara. Ketika lulus, anda akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang nantinya akan ditempatkan di beberapa daerah di Indonesia yang masih membutuhkan tenaga kerja menjadi PNS. Untuk selengkapnya, anda bisa cek di halaman resminya yaitu di https://bppk.kemenkeu.go.id/bdk-malang.

Nah, dari total 12 perguruan tinggi yang sudah saya sebutkan diatas, manakah yang menjadi tujuan anda nantinya? Saya sangat menyarankan untuk memilih universitas dan jurusan dengan hati-hati dan penuh perhitungan, karena hal ini bukan hanya menentukan nasib anda selama 4 tahun di perkuliahan, tetapi menentukan nasib masa depan anda dan karir anda kedepannya. Sekian artikel Saladinez seputar 12 daftar universitas dan perguruan tinggi terbaik di Malang untuk 2020 baik dari negeri, swasta, politeknik, hingga kedinasan, semoga bermanfaat buat para calon mahasiswa!

Artikel Terkait:

Pilih sistem komentar

Jadilah komentator pertama!

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.