Kelebihan dan Kekurangan Upgrade Kartu SIM ke 4G LTE baik untuk operator Telkomsel, Indosat, XL, dan lainnya - Zaman semakin berkembang, permintaan dan kebutuhan akan internet pun semakin meningkat. Di jaman yang serba instan ini internet memang tak bisa terlepaskan dari seluk beluk kehidupan. Sekarang internet dapat digunakan untuk chattingan, memesan makanan, booking tiket, beli pakaian, hingga memesan ojek online.

Hal ini membuat perusahaan-perusahaan operator semakin bersaing memberikan pelayanan yang terbaik kepada para konsumennya. Salah satunya adalah menggunakan koneksi internet yang terbaru, yaitu 4G LTE.

Kelebihan dan Kekurangan Upgrade Kartu SIM ke 4G LTE


Apa itu 4G LTE?


Bagi kamu yang sudah sering browsing pasti sudah tau apa 4G itu. Singkatnya, 4G merupakan generasi keempat dari jaringan, dengan generasi-generasi sebelumnya seperti 3G dan 2G. 4G memiliki kecepatan bandwith sekitar 10 kali lipat lebih besar dari 3G, sehingga membuatnya jauh lebih cepat bila digunakan untuk data transfer baik upload maupun download.

Jadi, bagi kamu yang masih sering mengeluhkan koneksi internet yang lambat seperti download file yang sangat lama, loading gambar lama, streaming video terputus-putus, dan lain sebagainya, sebaiknya kamu secepatnya berganti menggunakan 4G LTE, karena hampir semua masalah diatas tidak akan kamu temui lagi di 4G. Bila masih sering terkena masalah koneksi internet lambat walaupun sudah menggunakan 4G, berarti memang di daerah kamu saja yang jauh dari pemancar sinyal internet.

Sayangnya, rata-rata pengguna internet di Indonesia masih menggunakan 3G. Bukan tanpa beralasan, di daerah kita masih jarang yang menggunakan 4G karena memang jarang ada yang menjual kartu SIM 4G. Selain itu juga jaringan 4G masih agak jarang ditemukan di beberapa daerah, paling sering ditemukan didaerah perkotaan saja.

Bagaimana cara upgrade kartu SIM dari 3G ke 4G?


Tapi tenang saja, bagi kamu yang masih memiliki dan menggunakan kartu SIM 3G, kamu gak perlu ganti nomor dan kartu hanya untuk menikmati jaringan 4G. Beberapa operator besar di Indonesia seperti Telkomsel dan Indosat bisa meng-upgrade-kan kartu lama mu menjadi 4G tanpa harus ganti kartu baru.

Baca Juga: Trik Mempercepat Kecepatan Browsing & Download Anda!

Caranya mudah saja, biasanya kamu hanya perlu mendatangi pusat pelayanan jaringan operator tersebut yang tersedia di dekat rumahmu, contohnya kalau Telkomsel seperti Grapari. Lalu, kamu akan diminta melakukan beberapa prosedur upgrade dan biasanya disuruh melampirkan KTP asli, Kartu Keluarga (KK), dan tentunya SIM Card yang mau kamu upgrade ke 4G LTE.

Kelebihan dan Kekurangan Upgrade Kartu SIM ke 4G LTE


Tapi, kamu jangan kebelet ingin menggunakan dan upgrade ke 4G dulu. Ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa saja kekurangan dan kelebihan dari upgrade kartu SIM ke 4G LTE. Berikut Saladinez rangkum beberapa kelebihan dan kekurangannya dari review para pengguna beberapa operator.

Kelebihan:

  • Kecepatan internet jauh lebih cepat
  • Sangat membantu bisnis yang selalu menggunakan upload-download
  • Jarang sekali terjadi gangguan internet
  • Biasanya mendapatkan bonus kuota dari operator setelah melakukan upgrade

Kekurangan:

  • Kuota yang tersisa sebelum upgrade bisa sering hilang
  • Proses upgrade yang lumayan rumit
  • Sering terjadi kegagalan upgrade
  • Promo yang ada akan hilang setelah upgrade
  • Tidak semua HP android support 4G
  • Tidak semua daerah menyediakan koneksi 4G, biasanya hanya di daerah perkotaan saja
  • Data kontak akan hilang

Tips penting sebelum upgrade kartu SIM ke 4G LTE


Setelah melihat banyaknya kekurangan yang kemungkinan besar muncul, sebaiknya perhatikan beberapa hal penting berikut ini sebelum kamu melakukan upgrade ke 4G.

  • Pastikan jaringan 4G tersedia di daerah mu
  • Lakukan backup semua kontak dan data penting yang tersimpan di dalam SIM Card mu
  • Pastikan pula kalau hp androidmu sudah support 4G
  • Diusahakan kamu sudah berumur 17 tahun agar memudahkan proses upgrade
  • Habiskan dan kosongkan pulsa serta kuota yang masih tersisa
  • Ingat! Promo kuota internet atau telpon (kombo) yang ada akan hilang bila kamu melakukan upgrade

Kesimpulannya, bila kamu sering menggunakan internet tetapi hanya untuk keperluan kecil seperti bermain sosial media, saran saya tidak perlu upgrade ke 4G, karena promo murah yang biasanya tersedia di *363# akan hilang setelah upgrade. Berbeda dengan kamu yang menggunakan internet untuk keperluan bisnis atau Blogger, maka saya sangat menyarankan untuk mengupgrade untuk memudahkan aktivitas berselancar kamu.

Demikian artikel Saladinez seputar kelebihan dan kekurangan setelah melakukan upgrade kartu SIM dari 3G ke 4G LTE, semoga bermanfaat.

Related Posts

0 Komentar untuk Kelebihan dan Kekurangan Upgrade Kartu SIM ke 4G LTE