Arti dari Singkatan Pada Nama Klub Sepak Bola Italia - AC, SS, AS, SSC, dan lain-lain Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Saladinez
Arti dari Singkatan Pada Nama Klub Sepak Bola Italia - AC, SS, AS, SSC, dan lain-lain

Tahukah anda kalau pada setiap klub-klub sepak bola Italia terutama seperti Serie A memiliki nama depan seperti AC, SS, AS, SSC, US, dan lain-lain? Ternyata nama-nama depan "pelengkap" tersebut memiliki kepanjangan yang berbahasa Italia serta dapat diartikan ke dalam bahasa Indonesia.

Sama seperti klub sepak bola asal negara lainnya, biasanya terdapat nama depan sebagai pelengkap nama klub tersebut, salah satu contohnya yang paling terkenal adalah FC. FC sendiri merupakan kependekan dari Football Club, yang berarti klub sepak bola. Sehingga bila FC digabungkan dengan nama klub nya misal Barcelona maka menjadi FC Barcelona alias klub sepak bola asal kota Barcelona di Spanyol.

Tidak hanya FC saja singkatan-singkatan yang ada di dunia ini. Sebenarnya ada banyak sekali singkatan lain yang memiliki arti tidak hanya klub sepak bola. Tetapi kali ini Saladinez hanya akan membahas seputar arti dari singkatan yang biasanya terdapat pada klub sepak bola asal liga Italia papan atas seperti Serie A, contohnya seperti AC, SS, AS, Calcio, dan sebagainya.

Arti dan Kepanjangan dari Singkatan pada Klub Sepak Bola Italia


SS - Società Sportiva


SS adalah singkatan dari Società Sportiva alias Sports Club. Kalau dalam bahasa Indonesia, Società Sportiva berarti klub olahraga. SS digunakan pada klub Italia seperti SS Alba dan klub sangat penyerang tajam Ciro Immobile yaitu SS Lazio.

AS - Associazione Sportiva


AS bukanlah singkatan dari Amerika Serikat, melainkan Associazione Sportiva atau Sports Association, dalam bahasanya Indonesia nya adalah asosiasi olahraga. AS juga sering dipakai leh klub-klub di sana, seperti AS Livorno dan klub asal Mohamed Salah yaitu AS Roma.

AC - Associazione Calcio


AC merupakan kependekan dari Associazione Calcio, atau dalam bahasa Indonesianya memiliki arti Asosiasi sepak bola. AC sendiri sering dipakai pada klub-klub terkenal dan legendaris asal Italia, seperti AC Milan, AC Chievo Verona, AC Fiorentina, dan masih banyak lagi.

BC - Bregamasca Calcio


BC merupakan kependekan dari Bregamasca Calcio, alias Bergamo Soccer alias sepak bola Bergamo. Sedikit berbeda dari singkatan lainnya, BC merupakan singkatan yang sering dipakai oleh tim Italia yang berasal dari Bergamo. Bergamo sendiri merupakan sebuah kota yang berada di Region Lombardia, Italia. Salah satu contoh klub yang menggunakan singkatan ini adalah Atalanta BC.

ACR - Associazione Calcio Rinascita


Mungkin singkatan ACR terdengar agak asing di telinga anda, khususnya bagi anda yang baru saja mengenal seputar liga Serie A. ACR merupakan singkatan dari Associazione Calcio Rinascita, atau dalam bahasa Inggris nya Rebirth Football Association. Di sana terdapat kata "rebirth" yang berarti kelahiran kembali. Itu berarti ACR diberikan kepada klub yang masih "baru" saja dibentuk, padahal sebenarnya sudah ada sejak lama alias terlahir kembali. Salah satu klub yang menggunakan singkatan ini ada pada klub di Serie D, yaitu ACR Messina.

ACD - Associazione Calcio Dilettante


Sama seperti ACR, pasti anda juga jarang mendengar singkatan yang satu ini. Associazione Calcio Dilettante atau lebih sering disingkat ACD (bahasa Inggris: Amateur Football Association) memiliki artian "asosiasi sepak bola amatir". Dinamakan amatir karena klub sepak bola ini tergolong masih non-profesional dan biasanya ada di divisi bawah/amatir pula. Contoh klub yang menggunakan singkatan ini adalah ACD Cervia.

Selain beberapa singkatan diatas, ada beberapa singkatan lainnya yang mungkin sering anda dengar, antara lain seperti berikut ini:

SSC - Società Sportiva Calcio

  • Sports Association Football
  • Asosiasi olah raga sepak bola
  • Contoh: SSC Napoli

ASG - Associazione Sportiva Giovanile

  • Youth Sports Association
  • Asosiasi pemuda olahraga
  • Contoh: ASG Nocerina

GP - Gruppo Sportivo

  • Sporting Group
  • Grup olahraga
  • Contoh: GP Bagnolese

Dari beberapa singkatan diatas, mana yang paling sering digunakan dan terkenal dan mana yang paling jarang digunakan? Kalau menurut saya, AS dan AC lah yang paling terkenal, karena keduanya dipakai untuk klub terkenal asal Serie A, yaitu AS Roma dan AC Milan. Semoga artikel seputar "Arti dari Singkatan Pada Nama Klub Sepak Bola Italia" diatas dapat bermanfaat buat anda.

Artikel Terkait