Cara Memasang & Menggunakan Mod ENB di GTA IV

Walaupun sudah berumur sekitar 10 tahun, Grand Theft Auto IV atau lebih sering disingkat GTA 4 ini masih diminati oleh para penggemar game terutama gamers yang menyukai game bertema Open-World. Bahkan, ketenarannya tidak kalah saing dengan serial terbarunya, yaitu GTA 5.

Sama seperti serial sebelumnya yaitu GTA SA, GTA IV juga dapat anda pasangi berbagai macam mod. Salah satu mod untuk meningkatkan grafik menjadi lebih realistis dan HD adalah mod yang bernama ENB Series.

Bagi yang sudah sering main GTA SA pasti sudah tidak asing lagi dengan mod yang satu ini, bukan? Ya, ENB Series merupakan sebuah mod yang dapat membuat game anda menjadi jauh lebih realistis dan HD, serta kualitas grafik jauh menjadi lebih real dari sebelumnya. Mod ini tergolong mod yang aman, karena tidak akan menyebabkan anda terkena banned bila dipakai untuk bermain online.

Beberapa teman gamers sering menanyakan, apakah bisa GTA IV dipasangi ENB? Atau, bagaimana cara memasang dan menggunakannya? Apakah sama cara pemasangannya dengan GTA SA? Semua pertanyaan diatas akan Saladinez jawab dalam tutorial langkah demi langkah berikut.

Panduan Cara Memasang dan Menggunakan Mod ENB Series untuk GTA IV


  • Pertama silakan anda download terlebih dahulu ENB yang ingin anda gunakan. Anda dapat mencarinya di Google.
  • Bila sudah, file ENB biasanya berbentuk .rar atau .zip. Ekstrak file tersebut menggunakan WinRar.
  • Setelah diekstrak akan muncul beberapa file yang kurang lebih seperti ini:

File ENB


  • Copy semua file tersebut ke dalam folder direktori dimana GTA IV diinstal. Jangan lupa membuat backup agar game tetap dapat dimainkan bila terjadi error.
  • Selesai, silakan menikmati game dengan grafik yang lebih keren!

Bagaimana? Mudah saja bukan? Cara memasang ENB di GTA IV memang sama dengan cara memasangnya di GTA SA, yang membedakan hanyalah file yang ada di dalamnya saja. File ENB yang terdapat di GTA 4 jauh lebih banyak, karena kualitas grafis game ini memang jauh lebih bagus dari serial sebelumnya.

Pemasangan mod ENB dapat menyebabkan turunnya FPS sehingga game terasa lebih berat dan lag. Tetapi tenang saja, anda dapat mengakalinya dengan menggunakan Command Line. Untuk selengkapnya silakan baca pada artikel berikut ini: Command Line GTA IV untuk Laptop Spek Low-End Agar Tidak Lag.

Selamat mencoba semoga berhasil!
ARTIKEL TERKAIT

Jadilah komentator pertama!

Kebijakan Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.

Emoticon
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
}D
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
$-)
(y)
x-)
(l)
Penggunaan Tag & Gambar di Komentar
Menggunakan PRE (block element)
[pre] ... [/pre]

Menggunakan CODE (block element)
[code] ... [/code]

Memasukkan IMG (gambar)
[img src='...'/]

Catatan:
  • Isi ... pada tag PRE dan CODE dengan kode yang ingin dimasukkan
  • Isi ... pada tag IMG dengan link gambar yang ingin ditampilkan
  • Parse terlebih dahulu kode yang ingin dimasukkan pada tab sebelah kanan (☷), caranya yaitu masukkan kode yang ingin diparse ke dalam box input, lalu hasil parse akan muncul pada box output
HTML Parser
Input:
Output: