Cara Mengatasi Playerunknown's Battleground Mobile yang Lag / Lemot

Siapa sih yang tidak kenal dengan game yang bernama Playerunknown's Battleground. Game ini memiliki genre battle-royal dan buatan Tencent Games. Game yang sering disebut PUBG ini memang lagi viral di seluruh dunia sejak akhir 2017 sampai 2018, salah satunya di Indonesia.

Salah satu hal yang membuat game ini sangat diminati banyak kalangan adalah Gameplay nya yang cukup menarik. Anda dan 99 player lainnya akan masuk ke sebuah pesawat yang melintas di atas sebuah pulau, lalu anda bebas mau terjun di mana. Sesampainya di bawah, anda harus cepat-cepat mencari loot yaitu berupa senjata, armor, tas, dan medkit guna melawan & bertahan dari player lainnya serta bahaya safe/red zone.

Oleh karena itu, PUBG memiliki banyak sekali cloningannya, seperti Rules Of Survival, Free Fire, dan masih banyak lagi dengan alasan versi PC dari PUBG yang berbayar dan tuntutan spesifikasi yang tinggi.

Satu hal yang menarik lagi yaitu anda dapat mendownload PUBG versi Mobile secara gratis via Google Play Store. Tidak berbeda jauh dengan yang versi PC, PUBG Mobile ini juga dilengkapi dengan grafik yang memukau serta HD. Tak ayal, banyak sekali yang mengeluhkan lag yang berlebihan pada saat dimainkan di mobile.

Lalu, bagaimana cara mengatasi lag dan lemot di Playerunknown's Battleground Mobile? Atau setidaknya bagaimana cara meningkatkan FPS PUBG Mobile? Berikut Saladinez rangkum untuk anda.

Solusi untuk PUBG Mobile yang lag dan lemot & cara meningkatkan FPS nya


1. Spesifikasi handphone/smartphone


Hal yang paling pertama yang harus anda lakukan adalah mengecek apakah hp kesayangan anda cocok dan memiliki spesifikasi yang memadai untuk memainkan PUBG Mobile ini. Bila spesifikasinya rendah, mau bagaimanapun game akan tetap terasa berat, lemot, bahkan lag spike.

Rekomendasi spesifikasi yang anda perlukan agar dapat bermain lancar dengan FPS tinggi yaitu:

  • Android 5.1.1 +
  • RAM : 2 GB
  • Free Space : 1.5 GB +
  • Clock Speed : 1.8 GHz +


Untuk selengkapnya, anda dapat membaca artikel berikut: Spesifikasi Game: PlayerUnknown's Battlegrounds Mobile.

2. Setting grafik


Setelah itu, cara kedua yang dapat anda lakukan adalah mengubah settingan grafik di PUBG menjadi rendah agar tidak lag lagi. Cara setting nya cukup mudah, buka game, tekan tombol gear yang ada di sebelah kanan atas, pilih pada bagian grafik, lalu setting menjadi seperti ini:

Frame Rate : Medium/High
Graphics : Smooth

Settingan grafik rendah PUBG Mobile

Berikut keterangan dari setiap pengaturan grafik pada gambar diatas:

Frame Rate:


  • Low : Baterai tidak cepat boros, tetapi game menjadi lebih lag
  • Medium : Baterai sedang-sedang saja, game menjadi tidak terlalu lag
  • High : Baterai cepat habis, game semakin lancar dan sangat ampuh mengurangi lag

Graphics


  • Smooth : Grafik tidak HD & buram, render lambat, kualitas grafik berkurang, tetapi performa game meningkat drastis
  • Balanced : Grafik tidak terlalu HD tetapi jelas, render sedang, kualitas sedang, performa game biasa saja
  • HD : Grafik HD, render semakin cepat, kualitas bagus, performa game menurun (semakin lag bagi hp spesifikasi rendah)
  • Ultra HD : Grafik Ultra HD, render semakin cepat dan jauh, kualitas super baik, performa game paling rendah


3. Hapus cache / sampah, & aplikasi tidak berguna


Kalau kedua cara di atas masih kurang ampuh, anda dapat menghapus sampah-sampah yang menumpuk pada hp anda. Anda dapat download dan menginstal aplikasi-aplikasi yang tersebar di Play Store seperti Clean Master dkk untuk membersihkan sampah cache yang tidak berguna ini.

Setelah itu, lihat kembali aplikasi-aplikasi yang ada di hp anda. Bila ada beberapa aplikasi yang jarang atau bahkan tidak pernah anda pakai, saya sangat menyarankannya untuk dihapus saja, karena hal tersebut hanya membuat berat dan mengurangi Free Space di hp anda.

4. Instal ulang hp / reset data factory


Bila semua cara paling ampuh di atas tetap tidak dapat menghilangkan atau bahkan mengurangi lag, kemungkinan besar masalah terdapat pada hp anda sendiri. Bisa jadi terdapat virus atau data aplikasi sosial media anda yang terlalu menumpuk, sehingga performa hp menjadi menurun.

Anda dapat membawa hp tersebut ke counter terdekat untuk dilakukan factory reset atau reset semua data yang ada. Atau, anda juga dapat melakukannya sendiri bila tau caranya. Banyak kok cara factory reset di Google...

Bagaimana? Mudah-mudahan, setelah melakukan keempat cara diatas, segala macam lag dan lemot pada saat bermain Playerunknown's Battleground Mobile dapat hilang dan FPS semakin kencang.

Artikel Terkait

0 komentar untuk Cara Mengatasi Playerunknown's Battleground Mobile yang Lag / Lemot

Silakan berkomentar menggunakan akun Google Plus anda. Jangan buang-buang waktu hanya untuk melakukan SPAM disini.