Anda termasuk salah seorang gamers? Kalau jawabannya iya pasti sering download game bukan? Terkadang saat sedang mendownload, sering kali kita agak merasa kesal karena lamanya waktu terbuang untuk menunggu download-an selesai. Kali ini saya akan membagikan cara mempaercepat download-an anda baik itu berupa film, aplikasi, dan lain-lain, baik menggunakan aplikasi maupun tidak menggunakan aplikasi. Langsung aja ya.


1. Gunakan Aplikasi Pemercepat Download


Ya, gunakan aplikasi pemercepat download-an anda. Dengan menggunakan aplikasi, kecepatan download-an anda bisa 2x lipat lebih cepat, wow. Aplikasi-aplikasi seperti ini seperti:
a. Internet Download Manager
b. FlashGet
c. CryptLoad
d. EagleGet
Dan masih banyak lagi, selengkapnya ada di Wikipedia. Tetapi tidak semua aplikasi diatas gratis lho, contohnya Internet Download Manager atau sering disebut IDM, aplikasi ini termasuk aplikasi download terbaik yang pernah saya tau, tetapi aplikasi ini beli, alias tidak gratis. Bila anda mencari di Google IDM gratis, hati-hati saja terkadang ada saja orang-orang yang tidak bertanggung jawab yaitu memasukkan virus ke aplikasi-aplikasi seperti ini.

2. Ping DNS


Selain menggunakan software, mempercepat download bisa juga dilakukan dengan menggunakan mem-Ping DNS kita sendiri. Untuk cara kerja Ping itu sendiri adalah dengan cara menggunakan metode mengirim sebuah paket data melalui IP (internet protocol). Fungsi Ping juga bisa untuk mempertahankan atau menstabilkan koneksi jaringan PC. Simak saja cara dibawah ini.


a. Langkah Pertama

Buka Command Prompt, caranya yaitu klik Windows + R, lalu ketik CMD dan klik Ok.

b. Langkah Kedua

Masih di CMD, ketik ipconfig /all, lalu klik Enter. Lalu akan muncul konfigurasi semacam ini.
Diantara list diatas ada tulisan :
Catat nomor tersebut, karena nomor tersebut adalah DNS anda. Contoh DNS saya yaitu 208.67.222.222


c. Langkah Ketiga

Masih di CMD tadi, klik enter lalu ketik:

ping -l 3000 208.67.222.222 -t

Catatan:
3000 : Untuk mengirimkan data sebanyak 3000 bytes, bisa anda ubah.
208.67.222.222 : Nomor DNS saya, ubah nomor ini sesuai nomor DNS anda yang telah dicatat pada langkah kedua.


d. Langkah Terakhir

Jangan tutup CMD tersebut selama anda masih download atau masih sedang membutuhkannya. Bila perlu cukup Minimize saja.

3. Tutup Semua Aplikasi yang Tidak Perlu

Anda harus menutup aplikasi-aplikasi yang tidak anda perlukan karena kebanyakan aplikasi yang kita buka dapat mengambil sedikit maupun banyak kecepatan internet browsing kita. Terkadang aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang tersebut sedang meng-update aplikasinya sehingga dapat menguras kecepatan internet kita atau lain sebagainya.

Sebenarnya ada banyak cara-cara untuk mempercepat download anda, tetapi hanya 3 cara diatas yang menurut saya paling ampuh untuk mempercepat download anda. Kecepatan download anda juga sangat tergantung pada kecepetan internet anda. Cara-cara diatas hanya sedikit mempercepat download anda, atau hanya sekitar 20% pengaruhnya. 80% lainnya tergantung pada kecepatan internet anda. Terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa berbagi itu keren!

Artikel Terkait