Cara Mengatasi COC yang Selalu Disconnect / Koneksi Terputus

Mengatasi Clash of Clans yang selalu mengalami Disconnect atau Koneksi Terputus ketika sedang bermain atau loading log in - Clash of Clans, siapa yang tidak kenal dengan game yang satu ini. Saya yakin hampir setiap gamer hp android pasti pernah memainkan game yang satu ini, termasuk kamu kan?

Ketenarannya di Indonesia bermula pada kisaran tahun 2016 lalu. Saat itu game yang sering disingkat COC ini mulai terkenal dan merambah ke seluruh Indonesia bahkan menjadi game terfavorit nomor satu di Indonesia hanya dalam jangka waktu yang singkat saja. Kesuksesan game ini membuat pihak developernya yaitu Supercell menjadi semakin terkenal di Indonesia serta langsung meluncurkan game baru yang bernama Clash Royale. Sayangnya, game CR tidak setenar dan sesukses pendahulunya, yaitu COC.

Karena game ini merupakan game online, jadi kamu memerlukan koneksi internet yang cukup untuk memainkannya. Bahkan ketika ingin membukanya saja kamu harus sudah terhubung ke internet. Pihak developer sendiri tidak menyediakan game dalam mode offline, sehingga bila kamu menemukan COC offline bisa dipastikan game tersebut merupakan hasil mod dari para Clashers, sebutan untuk para penggemar COC.

Masalah yang sering dihadapi oleh para Clasher adalah tentu pada koneksi internet. Ketika sedang asik bermain, mereka atau termasuk kamu sendiri sering mengalami Disconnect atau masalah koneksi terputus. Bahkan beberapa Clasher melaporkan mereka tidak bisa masuk ke desanya, karena selalu mendapatkan notifikasi koneksi terputus saat loading di awal.

Nah bila kamu mengalaminya juga, berarti kita sama. Namun tenang saja, jangan khawatir karena kamu bakalan tetap bisa masuk ke desa kesayanganmu lagi dengan beberapa tips yang bakalan Saladinez rangkum berikut ini.

Mengatasi Clash of Clans yang Selalu Disconnect / Koneksi Terputus di Android & iOS


1. Pastikan internetmu stabil


Hal paling pertama yang harus kamu perhatikan adalah pastikan kalau internetmu stabil atau sudah lumayan cepat. Hal ini dikarenakan masalah disconnect sangat berkaitan erat dengan kualitas internet, jadi kalau internetmu sedang bermasalah, maka jangan heran kalau sering mengalami hal ini.

Saya sangat menyarankan supaya kamu memakai jaringan WiFi atau setidaknya menggunakan 4G LTE. Kalau 3G sih sebenarnya bisa saja, tetapi kembali ke yang sudah saya bilang diatas, kamu bakalan lebih sering mendapatkan disconnect ketika sedang menyerang!

2. Gunakan VPN


Bila jaringan yang kuat masih saja membuatmu selalu mendapatkan masalah koneksi terputus ketika bermain COC, maka langkah lainnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan VPN. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan VPN maka sama saja kita sedang menggunakan server di tempat lain yang lebih cepat, sehingga semakin kecil kemungkinan kamu bakalan terkena masalah ini lagi. Gunakan lokasi server VPN yang terdekat seperti di Singapura.

Kamu bisa menggunakan VPN secara gratis dengan mengunduhnya melalui Play Store atau App Store. Saya kira ada banyak sekali aplikasi serupa yang gratis bersebaran di internet, bahkan kualitasnya bisa menandingi dengan aplikasi yang premium alias berbayar. Lagipula, kamu cuma memakainya untuk bermain game saja kan?

3. Ganti operator kartu SIM & beli kuota


Bila masih belum bisa juga, coba kamu ganti deh kartu SIM mu. Hal ini juga sangat berpengaruh, karena memang ada beberapa kartu SIM yang menunjukkan bahwa sinyalnya kuat, namun internetnya lambat. Biasanya hal ini juga dapat terjadi bila kuotamu sudah sisa sedikit. Jadi, gunakan operator SIM yang sudah terkenal dan jaringannya sudah masuk hingga ke pelosok Indonesia seperti Telkomsel atau Indosat.

4. Hentikan sementara semua hal yang memakan internetmu!


Coba periksa, ketika kamu sedang mengalami masalah COC disconnect, kamu sedang mendownload sesuatu? Atau ada aplikasi yang sedang diupdate oleh Play Store? Atau justru ada aplikasi latar belakang yang sedang mengambil kuota internetmu?

Bila iya, coba hentikan sementara semua hal tersebut, karena dapat mengganggu kualitas internet untuk keperluan gaming mu. Lanjutkan lagi aktivitas yang berkaitan dengan internet setelah kamu selesai bermain. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah seperti mematikan sementara aplikasi sosmed, menjeda aktivitas download, menghapus aplikasi latar belakang, dan lain sebagainya.

5. Instal ulang COC kamu


Bila semua cara juga masih tidak membuahkan hasil, langkah terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan menginstal ulang game Clash of Clan mu. Caranya cukup simpel, kamu cukup menghapus game nya, restart hp, buka Play Store, lalu download lagi game COC nya. Tapi ingat! Jangan lupa untuk melakukan login ke Email atau Supercell ID dulu sebelum melakukan instal ulang agar data game mu tidak hilang ya!

Itulah 5 hal yang bisa saya sebutkan seputar Cara Mengatasi COC yang Selalu Disconnect / Koneksi Terputus terbaru 2020, semoga bermanfaat buat kamu para clashers!
Oleh Ozik Jarwo

Desember 27, 2019

Artikel Terkait

> <
Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.