Cara mengatasi ERROR warning System CMOS Checksum Bad sehingga layar Black Screen di Windows 7, 8, 8.1, dan 10 - Zaman semakin berkembang. Pekerjaan yang dilakukan manual oleh manusia semakin tergeser oleh adanya perangkat-perangkat bantuan seperti komputer. Bila pada jaman dahulu posisi tukang pos masih cukup vital sebagai alat berkomunkasi dengan orang yang jaraknya jauh dengan kita, sekarang sudah ada teknologi seperti SMS dan Email. Dengan sms dan email, anda tidak perlu bersusah payah menulis surat, mengirimnya ke kantor pos, bahkan hingga menunggu berminggu hingga berbulan-bulan agar surat tersebut sampai ke tujuan.

Pekerjaan di kantor pun semakin dimudahkan oleh adanya perangkat komputer. Bahkan hampir semua pekerjaan seperti membuat email, mengirim surat, melamar pekerjaan, bernegosiasi, hingga jual beli semuanya dilakukan melalui komputer.

Tetapi tetap saja, komputer adalah barang elektronik yang dapat rusak. Bahkan kerusakannya dapat secara tiba-tiba tanpa anda ketahui. Salah satu kerusakan yang paling sering ditemui oleh para pengguna komputer adalah Black Screen alias layar hitam.

Nah kali ini, Saladinez akan memberikan beberapa pengertian, tips, serta cara memperbaiki komputer atau laptop yang mengalami error kerusakan black screen yang disebabkan oleh System CMOS Checksum Bad. Untuk lebih jelasnya silakan lihat pada gambar di bawah ini.

ERROR Warning System CMOS Checksum Bad

Pengertian Apa Itu CMOS?


CMOS merupakan singkatan dari Complementary metal–oxide–semiconductorization. Ia berbentuk seperti baterai kecil yang tertanam pada motherboard di komputer anda. CMOS sendiri berfungsi untuk memberikan daya kecil pada komputer ketika sedang dalam keadaan mati.

Bahasa mudahnya, CMOS itu seperti otak manusia. Sekalipun manusia sedang tidur, otak tidak akan ikut tidur dan tetap mengatur tubuh serta menyimpan data-data penting. CMOS juga seperti itu. Walaupun komputer anda sedang dalam keadaan mati, CMOS tetap bekerja sebagai "ram kecil" dengan tugas seperti mengatur tanggal dan waktu, settingan BIOS ketika boot, membaca hardware yang terpasang, dan masih banyak lagi. Hal inilah yang membuat tanggal dan waktu di komputer anda tetap berjalan meskipun komputer pernah dimatikan.

Baca Juga: Mengatasi Error The application was unable to start correctly (0xc0000142)

Penyebab System CMOS Checksum Bad


Penyebabnya sederhana, yakni CMOS anda gagal berfungsi dengan semestinya sehingga komputer mengalami gagal boot yang menyebabkan komputer menjadi hang black screen. Komputer gagal melakukan boot karena CMOS tidak bekerja mengatur settingan BIOS, sehingga BIOS tidak terbaca dan layar hanya akan menunjukkan warna hitam saja. Bahkan dalam beberapa kasus tombol power menjadi tidak berfungsi, sehingga anda harus mematikannya secara manual melalui lepas baterai atau mencabut aliran listrik.

Bagaimana Cara Mengatasi Error Warning System CMOS Checksum Bad?


Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah yang satu ini, diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Restart komputer


Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan restart. Ketika sedang menyalakan komputer tiba-tiba masalah ini muncul, anda dapat melakukan restart dengan cara menekan tombol power cukup lama. Nanti komputer atau laptop anda akan melakukan restart dengan sendirinya. Namun, bila sudah ditekan tetapi tidak terjadi apa-apa, apa yang harus anda lakukan? Lanjut ke cara nomor 2.

2. Cabut dan pasang kembali baterai / aliran listrik


Cara ini tidak terlalu saya rekomendasikan karena bila dilakukan terlalu sering maka bukan tidak mungkin laptop anda mengalami kerusakan hardware. Ketika tombol power sudah tidak berfungsi lagi, cara terakhir yang dapat anda lakukan adalah mencabut baterai secara paksa agar laptop menjadi mati, lalu memasangnya lagi, dan cobalah nyalakan laptop anda. Bagi yang menggunakan komputer bisa dilakukan dengan cara mencabut aliran listrik ke CPU. Biasanya setelah melakukan cara ini komputer dapat berfungsi seperti sedia kala lagi.

3. Ganti baterai CMOS


Cara ini sebenarnya agak beresiko terutama bagi anda yang belum terlalu paham seputar seluk beluk komputer. Anda dapat mengecek tipe CMOS yang cocok buat komputer anda, membeli baterai CMOS yang baru, lalu mengganti baterai CMOS yang lama dengan yang baru tadi. Untuk tutorialnya sudah banyak dibahas di video Youtube. Harga baterai CMOS pun tidak terlalu mahal, hanya di kisaran 10 ribu hingga 50 ribu Rupiah saja, bahkan banyak dijual di online-online shop. Ingat! Lakukan dengan hati-hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

4. Bawa ke tempat service komputer dan laptop


Jika anda masih kesulitan, masalah tidak kunjung selesai, atau tidak ingin ribet, saran saya cukup bawa saja ke tempat service komputer dan laptop terdekat. Percayakan kepada mereka yang ahlinya, agar kecil kemungkinan terjadi error atau bahkan rusak lagi. Jelaskan secara rinci bagaimana kerusakan yang anda alami kepada mereka, lalu beri mereka waktu untuk memperbaikinya. Saya yakin bila masalahnya hanya ini saja, harga perbaikannya tidak terlalu mahal, kok.

Sebenarnya masih ada cara lain yang dapat anda lakukan, seperti melakukan reset BIOS ke pengaturan awal, melakukan update pada BIOS, hingga melakukan perbaikan secara otomatis dengan DVD atau dibantu dengan perangkat lain. Tapi semua hal ini memerlukan setidaknya pengetahuan dasar komputer agar dapat dilakukan dengan mulus tanpa masalah. Bagi anda yang masih awam, saran saya langsung bawa saja ke tempat service terdekat.

Sekian artikel Saladinez seputar Cara Mengatasi ERROR System CMOS Checksum Bad Black Screen, semoga dapat bermanfaat buat anda.

Related Posts

0 Komentar untuk Cara Mengatasi ERROR System CMOS Checksum Bad Black Screen