Cara Menampilkan Icon Taskbar seperti Baterai, Sinyal WiFi, dan Volume/Sound Speakers yang tidak muncul di Windows 7, 8, dan 10 - Penggunaan komputer dan laptop pada masa kini memang sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita. Baik di rumah, kantor, sekolah, rumah sakit, bandara, bahkan hampir di semua tempat pasti memerlukan perangkat komputer atau laptop untuk mempermudah pekerjaan.

Oleh karenanya tak heran bila pihak Windows terus melakukan update pada OS nya agar para penggunanya semakin merasa nyaman dan semakin dipermudah pekerjaannya. Selain itu update juga dapat berguna untuk mengatasi berbagai macam masalah yang mengganggu alias BUG yang sering muncul di laptop kamu. Salah satu masalah atau bug yang akan kita bahas kali ini adalah menghilangnya beberapa ikon di Taskbar.

Sebelumnya, apakah kamu sudah tau apa itu Taskbar? Taskbar adalah sebuah bar yang biasanya terletak memanjang di bawah layar. Taskbar sendiri berfungsi seperti "Pusat Kontrol" atau bar notifikasi di handphone. Isinya dapat berupa notifikasi sistem, quick-app, status baterai, volume, status internet, menu Start, dan masih banyak lagi.

Ikon Taskbar

Mengapa Ikon di Taskbar Menghilang Tiba-tiba Di Windows 7, 8, dan 10?


Apakah kamu pernah mengalami masalah berupa beberapa icon di Taskbar seperti status baterai yang secara tiba-tiba menghilang ketika kamu menghidupkan laptop? Sebelumnya saya sendiri pernah mengalami hal ini. Tentu hal ini sangat mengganggu aktivitas saya. Contohnya pada saat itu icon status baterai saya secara tiba-tiba hilang. Saya jadi kesulitan untuk mengecek berapa sisa baterai laptop saya.

Penyebab dari menghilangnya beberapa icon ini sendiri biasanya karena beberapa hal sepele, seperti program yang gagal berjalan ketika kamu menyalakan laptop (startup), atau bisa juga karena laptop kamu mengalami lag sehingga beberapa program tidak bisa berjalan dengan semestinya.

Cara Mengatasi Ikon Taskbar Yang Hilang Seperti Status Baterai, Bar Sinyal, dan Volume


Nah cara memunculkannya kembali sebenarnya mudah saja. Kamu hanya perlu mengetahui "cara kerja" dasar dari Taskbar saja. Taskbar ini sendiri dijalankan oleh sebuah program bawaan Windows yang bernama Windows Explorer. Jadi untuk menampilkannya kembali kamu hanya perlu melakukan restart pada program Windows Explorer tadi saja. Cara ini ampuh untuk semua versi Windows, baik Windows 7, 8, maupun 10. Untuk cara restartnya adalah sebagai berikut.

  • Pertama, silakan buka Task Manager, caranya dengan mengklik kanan pada bagian Taskbar, lalu pilih Task Manager.
  • Klik pada bagian program yang bernama Windows Explorer
  • Klik tombol Restart

Restart Windows Explorer

  • Tunggu beberapa saat hingga Explorer melakukan restart
  • Selesai

Saya yakin dengan melakukan cara diatas pasti beberapa ikon di taskbar kamu yang hilang kini sudah muncul kembali. Sebenarnya ada beberapa cara lain yang dapat anda gunakan untuk memunculkan ikon di taskbar, seperti membuat file BAT dan melakukan restart komputer. Namun menurut saya cara inilah yang paling ampuh dan paling gampang, sehingga saya hanya memberi tutorial untuk cara ini saja.

Demikian artikel Saladinez seputar Cara Menampilkan Icon Taskbar seperti Baterai, Sinyal WiFi, dan Volume/Sound Speakers yang tidak muncul di Windows 7, 8, dan 10, semoga bermanfaat!

Related Posts

0 Komentar untuk Cara Mengatasi Icon Taskbar Yang Hilang (Baterai, Sinyal, Volume) di Windows 7, 8, dan 10