Mengatasi GTA IV Black Screen & Stuck Play di Windows 10

Apakah anda mengalami hal serupa seperti stuck / layar menjadi hitam (black screen) saat menekan tombol Play di GTA IV? Atau game justru tidak bisa dibuka di Windows 10? Nah kali ini Saladinez ingin membuat artikel seputar cara mengatasi segala macam masalah di GTA IV, khususnya untuk pengguna Windows 10 setelah Fall Creator Update. Langsung saja disimak artikelnya ya...

Siapa sih yang tidak kenal dengan Grand Theft Auto IV? Game yang sering disingkat menjadi GTA IV ini memang sudah terkenal dan memiliki peminat yang tidak kalah dengan serial terbarunya yaitu GTA V. Di sini anda akan berperan sebagai Niko Bellic, seorang veteran perang yang datang ke Liberty City karena tergiur iming-iming kehidupan mewah yang ditawarkan oleh sepupunya, yaitu Roman Bellic.

Hal yang membuat game ini tetap menjadi idaman oleh para gamer adalah karena game ini cocok buat anda yang ingin merasakan keseruan GTA SA, dengan grafik yang tidak kalah dengan GTA V, tapi spesifikasi yang dibutuhkan tidak terlalu tinggi. 

Terbukti, gameplay GTA IV memang sangat menarik perhatian, terutama pada beberapa misi anda dapat memilih dua pilihan, misalnya pada beberapa misi sebelum akhir anda dapat memilih uang (berbisnis dengan musuh) atau pembalasan (membunuh musuh). Selain itu juga spesifikasi GTA IV tidaklah terlalu tinggi, anda hanya perlu VGA seadanya dan RAM 4 GB agar bisa memainkan game ini dengan lancar.

Karena sudah dirilis lebih dari 10 tahun yang lalu, sebenarnya game ini hanya cocok untuk dimainkan di Windows XP dan 7, tetapi para penikmatnya tetap memaksakan untuk memainkannya pada seri Windows terbaru seperti Windows 8 dan 10. Alhasil, game terkadang error dan tidak dapat dimainkan sebagaimana mestinya.

Nah oleh karenanya kali ini Saladinez ingin memberikan solusi kepada anda para pengguna Windows 10 agar dapat memainkan game GTA IV serta sekaligus mengatasi masalah seperti stuck pada Play, Loading Screen lama, dan black screen. Langsung saja silakan ikuti beberapa panduan di bawah ini.

Cara Main GTA IV di Windows 10 serta Mengatasi Black Screen, Loading Lama, dan Layar Stuck di Play


1. Gunakan Compability Mode


Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, game ini sebenarnya hanya cocok untuk dimainkan di Windows XP dan 7. Nah untungnya, pada beberapa versi Windows terbaru anda dapat melakukan Compability Mode alias membuka sebuah program dengan mode kompabilitas. Cara ini lumayan ampuh untuk mengatasi GTA IV yang tidak dapat dimainkan, biasanya ditandai dengan pada saat dibuka tidak terjadi apa-apa atau hanya blank saja alias stuck.

Gunakan Compability Mode

Untuk caranya, silakan anda terlebih dahulu folder direktori tempat terinstal GTA IV nya, biasanya di: C:\Program Files (x86)\Steam\steamapps\common\Grand Theft Auto IV\GTAIV. Klik kanan pada file yang bernama GTAIV.exe, pada tab Compability Mode silakan anda checklist "Run this program in compability mode for:", lalu pilih Windows 7. Silakan tekan OK dan coba mainkan gamenya.

2. Matikan / Disable Fullscreen Optimizations


Langkah kedua adalah dengan mematikan fitur Fullscreen Optimizations. Fitur ini hanya akan anda temui bila anda menggunakan versi Windows 10 yang terbaru. Kegunaan alias fungsi dari fitur ini adalah untuk memaksimalkan performa gaming anda, terutama bila anda bermain game dalam mode fullscreen. Salah satu contohnya adalah tampilan layar yang lebih smooth dan tidak ada ruang kosong di pinggir layar.

Matikan / Disable Fullscreen Optimizations

Untuk cara mematikannya silakan anda masuk ke folder direktori game, klik kanan pada GTAIV.exe, pilih Properties, lalu pada bagian tab Compability checklist option "Disable fullscreen optimizations". Sebagian besar mengatakan kalau cara ini cukup ampuh untuk mengatasi loading yang lama di GTA IV atau stuck di loading screen. Selain itu juga cara ini dapat sedikit menambah FPS di game anda.

3. Menambah file DLL


Cara ketiga adalah anda dapat menambahkan file DLL terbaru untuk dipasangkan ke game nya. DLL sendiri merupakan file khusus yang biasanya digunakan untuk menunjang kegiatan gaming, dan biasanya terpasang pada program khusus pula seperti DirectX atau Microsoft Redistributable. Cara pemasangannya pun cukup mudah, anda hanya perlu mendownload dua file berikut ini:

https://www.dll-files.com/wmvcore.dll.html
https://www.dll-files.com/wmasf.dll.html

Setelah didownload, silakan anda taruh kedua filenya di direktori tempat anda menginstal game GTA IV nya. Tetapi sebelumnya silakan anda keluar dulu dari game atau restart laptop anda setelah menaruh file DLLnya, lalu buka lagi gamenya. Cara ini lumayan ampuh untuk mengatasi Force Close di GTA IV dan EFLC.

Mungkin ketiga cara diatas lah yang menurut saya paling ampuh, karena sudah membantu banyak pemain di Steam Community. Sekian artikel Saladinez yang berjudul Mengatasi GTA IV Black Screen & Stuck Play di Windows 10, semoga bermanfaat buat anda.

Related Posts

0 Komentar untuk Mengatasi GTA IV Black Screen & Stuck Play di Windows 10