Perbedaan Antara PUBG Mobile Biasa / Normal dengan Versi Lite Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Saladinez
Perbedaan Antara PUBG Mobile Biasa / Normal dengan Versi Lite

PlayerUnknown's Battleground atau lebih sering disingkat PUBG adalah sebuah game bergenre Battle Royale dimana anda akan diturunkan ke sebuah pulau antah-berantah dengan misi menjadi the last man standing. Game ini memang lagi sangat populer dari tahun 2017 hingga sekarang, bahkan setiap harinya ada ribuan hingga jutaan pemainnya yang sedang aktif bermain.

Ketenarannya ini ternyata ditanggapi positif oleh sang developer yaitu Tencent. Ia langsung membuat PUBG versi Mobile, bahkan tidak seperti versi PC yang dijual kisaran 250-300k, tetapi dibagikan secara gratis, jadi anda dapat memainkannya tanpa harus keluar biaya sama sekali.

Nah PUBG Mobile sekarang sudah diupdate lagi, sehingga terbagi menjadi dua macam, yaitu versi biasa dan versi Lite. Apa saja perbedaannya? Berikut Saladinez rangkum dalam artikel kali ini...

Perbedaan Antara PUBG Mobile Biasa dengan Versi Lite


1. Spesifikasi rendah


Perbedaan pertama yang paling mencolok ialah spesifikasi yang dibutuhkan untuk bermain PUBG Mobile sangatlah rendah, bahkan mirip-mirip saja seperti saingannya yaitu Free Fire. Hal ini memang sesuai dengan namanya, "Lite", yang berarti versi ringannya. Hanya dengan RAM 512 MB, anda sudah bisa bermain dengan lancar tanpa lag. Berbeda dengan versi normalnya yang membutuhkan minimal RAM 2 GB.

Baca juga: Spesifikasi Game: PlayerUnknown's Battlegrounds Mobile

Selain itu, clock speed dari prosesor yang dibutuhkan tidak jauh berbeda dari versi normal, hanya sedikit lebih rendah saja. Mereka berdua sama-sama membutuhkan setidaknya prosesor Quad-Core. OS yang dibutuhkan juga jauh lebih jadul, yaitu Android Ice Cream Sandwich versi 4.0.3. Berbeda dengan versi normal yang membutuhkan setidaknya sistem operasi Android Lolipop 5.1.1.

2. Size yang lebih kecil


Pertama ialah size atau ukuran dari PUBG Mobile lite jauh lebih kecil dibandingkan dari versi biasa. Bila biasanya ukuran total mencapai 2 GB, PUBG Lite secara keseluruhan hanya berukuran berkisar antara 300-350 MB saja. File yang anda download pun hanya berukuran 270 MB saja, sehingga tidak terlalu membebani memori HP khususnya bagi anda yang tidak menggunakan memori eksternal.

3. Grafik lebih "burik"


Jangan tanya seputar "apakah grafik di Lite masih bagus?". Tentu jawabannya tidak. Segala macam seperti shadow, bloom, dan efek-efek grafik lainnya dihilangkan pada versi Lite. Jadi selamat tinggal untuk cacing gamers. Hal ini dikarenakan PUBG Lite memang dikhususkan untuk pemilik hp kentang agar dapat bermain dengan lancar tanpa lag dan FPS yang jauh lebih tinggi. Bila sebelumnya rerumputan dan tekstur terrain terlihat HD, di versi ringan ini anda akan melihat semua ngeblur. Tekstur dibuat se-burik dan se-ringan mungkin agar FPS semakin meningkat.

4. Ukuran map lebih kecil & jumlah pemain dikurangi


Di versi Lite anda tidak bakalan mendengar nama-nama seperti Pochinki, Georgopol, atau Yasnaya lagi, karena ukuran map pada versi ringan ini hanya berkisar 2 x 2 km saja. Berbeda jauh dengan versi normal yang 4x lebih besar, yaitu 8 x 8 km. Selain itu juga terdapat beberapa nama baru di Erangel seperti Village, Factory, East Port, dan lain-lain.

Karena ukurannya yang kecil, tidak mungkin jumlah pemainnya hingga 100. Jadi, jumlah pemain di map dikurangi hingga 60% sehingga hanya menjadi 40 orang saja. Selain karena map yang tidak cukup, pengurangan pemain juga bertujuan untuk mengurangi lag.

5. Jumlah game mode masih sedikit


Sampai saat saya menulis artikel ini, PUBG Lite masih belum memiliki game mode bermacam-macam seperti Arcade atau First Person, sehingga anda hanya dapat bermain Solo, Duo, atau Squad dalam mode Third Person (TPP) di Classic. Hal ini dikarenakan pemain dari versi Lite tergolong masih sedikit, sehingga bila ditambahkan mode-mode baru pasti matchmaking akan menjadi lama atau bahkan tidak ada pemainnya sama sekali.

6. Perbedaan server


Tentunya yang terakhir adalah server antara PUBG Mobile biasa dengan versi Lite berbeda, karena dari jumlah pemain, bentuk map, gameplay, hingga setting semua berbeda sehingga tidak mungkin kedua jenis PUBG ini berada di dalam satu server yang sama. Hal ini juga membuat anda tidak bisa bermain dengan teman anda yang berbeda versi.

Selain hal-hal diatas, sebenarnya masih ada banyak hal dan perbedaan lainnya yang belum saya jabarkan, misalnya seperti jumlah BOT yang ada di Lite lebih banyak, tidak ada skin senjata, dan fitur-fitur unik seperti Royale Pass.

Demikian artikel seputar perbedaan antara PUBG Mobile biasa dengan PUBG Mobile Lite, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

0 komentar untuk Perbedaan Antara PUBG Mobile Biasa / Normal dengan Versi Lite

Silakan berkomentar menggunakan akun Google Plus anda. Jangan buang-buang waktu hanya untuk melakukan SPAM disini.