10 Tempat Sniping Terbaik untuk Map Dust II di CSGO Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Saladinez
10 Tempat Sniping Terbaik untuk Map Dust II di CSGO

Kali ini Saladinez ingin memberikan tips serta panduan bagi anda para AWPers CSGO, yaitu seputar tempat sembunyi sambil scope sniper atau sniping terbaik untuk map Dust II yang terbaru di CSGO. Langsung saja disimak baik-baik artikelnya...

Siapa sih yang tidak kenal dengan game tembak-tembakan yang satu ini? Saya yakin sebagian besar dari anda pasti sudah mengenal dengan game yang bernama Counter Strike Global Offensive. Game yang sering disingkat CSGO ini memang sudah sangat melegenda, bahkan para penggemarnya tidak pernah habis dari sejak zaman CS versi 1.6, CZ, hingga GO.

Kalau dari segi gameplay, CS masih tetap mempertahankan sifat aslinya dari versi awal, yaitu adanya beberapa gamemode seperti Defuse Bomb dan Hostage Rescue serta beberapa minigames seperti Arms Race dan Deathmatch. Tahun 2017 lalu pihak Valve sempat melakukan update besar-besaran pada serial terbaru CS yaitu CSGO, salah satu update yang dilakukannya ialah penambahan game mode baru yaitu Wingman dan Flying Scoutman.

Game mode yang paling banyak diminati adalah Competitive dan Casual. Competitive sangatlah diminati karena bila anda memenangkan match di mode ini maka anda akan mendapatkan banyak XP untuk naik rank. Sedangkan Casual sangat diminati karena game mode ini dijadikan untuk tempat berlatih atau "pemanasan" sebelum bermain Competitive. Salah satu jenis latihan yang paling sering dilakukan adalah latihan sniping menggunakan AWP atau SSG di map Dust II oleh para sniper.

Alasan mengapa banyak sekali pengguna senjata jenis sniper di CSGO karena senjata ini sangatlah mematikan, bahkan senjata seperti AWP hanya memerlukan satu kali tembakan di badan untuk mematikan musuh, sehingga sniper selalu menjadi pemain yang paling PRO dan ditakuti di sebuah tim. Selain itu juga sniper cocok untuk bermain di map Dust II karena map nya yang lumayan besar dan terbuka sehingga cocok dengan karakteristik sniper yang memang cocok bermain long-range.

Menjadi seorang sniper tidaklah mudah. Anda tidak bisa sembarang memilih tempat atau spot untuk stay di sana. Anda harus memilih spot yang bagus untuk melakukan sniping, karena sniper sangatlah tidak cocok untuk dibawa rush ke depan, ia lebih cocok untuk stay di suatu tempat atau biasa sering disebut bermain "safe" (aman).

Nah oleh karenanya kali ini Saladinez ingin memberikan tips kepada anda para snipers seputar spot-spot terbaik untuk stay dan melakukan sniping di map Dust II. Langsung saja berikut tempat-tempatnya.

Spot Sniper Terbaik untuk Map Dust II di CSGO


1. Mid Doors > Catwalk


Mid Doors > Catwalk

Tempat pertama yang saya rekomendasikan adalah di sekitaran Mid Doors. Tempat ini lebih cocok buat anda yang menjadi tim CT. Anda dapat berdiri tepat di di depan truk rusak, lalu menghadap ke arah Catwalk. Spot sniping ini saya rekomendasikan karena pada saat ronde baru dimulai, keseringan para Terrorist pergi ke Bombplant A melalui Catwalk, sehingga anda dapat menembak setiap Tero yang berjalan di Catwalk sebelum mereka sampai ke A.

2. Bombsite B > Upper Tunnel


Bombsite B > Upper Tunnel

Tempat kedua adalah dengan bersembunyi di balik box-box kayu bertutupkan kain biru di Bombsite B, lebih tepatnya lagi pada bagian Back Plat. Tempat ini sangat cocok bagi tim CT untuk menjaga Bombsite dari serbuan Tero yang berasal dari Upper Tunnel. Saya yakin hampir 100% pasti Terrorist mengurungkan niatnya untuk pergi ke B, atau justru tetap pergi dengan melempar bom asap terlebih dahulu di depan Closet.

3. CT Spawn > CT Mid


CT Spawn > CT Mid

Menurut saya spot ketiga ini memang sudah diatur oleh pembuat map Dust II, karena di sebelah box kayu yang terdapat di CT Spawn diberi beberapa potongan kayu yang disenderkan di box tersebut, yang dapat kita naiki. Tempat ini cocok untuk CT atau T yang sedang menunggu kedatangan musuh yang berasal dari Middle dan menuju ke CT Middle. Tempat ini sangat tertutup dan gelap, sehingga kecil harapan musuh tau keberadaan anda terkecuali ia memang seseorang yang sudah PRO dan kenal tempat-tempat sniping terbaik di Dust II.

4. Side Pit > Bombsite A


Side Pit > Bombsite A

Nah kalau yang ini cocok untuk kedua tim baik CT maupun T, hanya saja cara penggunaannya yang berbeda. Bila CT berfungsi untuk menjaga Bombsite A agar tidak ada yang plant bomb di sana, maka Tero yang menjaga di sini berfungsi untuk menjaga bom yang di plant agar tidak di defuse oleh CT. Spot ini merupakan tempat favorit saya, karena kecil sekali harapan CT atau T mengetahui keberadaan kita. Sekalipun mereka mengetahuinya, maka akan sulit untuk menembak kita karena jarak yang sangat jauh, terkecuali mereka juga memakai sniper.

5. Long A Car > Short A


Long A Car > Short A

Spot selanjutnya adalah anda dapat berdiam diri sambil berjongkok alias crouching di balik sebuah mobil berwarna biru di Long A sambil sniping daerah Short A, menunggu Terrorist untuk datang. Menurut saya tempat ini lumayan strategis, selain Short A anda juga bisa melakukan sniping ke arah Long Doors dan CT Ramp di tempat ini. Tetapi tempat ini memiliki dua kekurangan, yaitu anda memerlukan refleks tingkat tinggi agar tembakan ke arah musuh yang melewati Short A menjadi tepat sasaran, serta anda rentan ditembak melalui Middle & Long Doors secara bersamaan, sehingga setidaknya ada 2 orang teman yang menjaga Middle dan Long Doors agar anda dapat melakukan sniping dengan aman di sini.

6. Outside Long Car > Long Doors


Outside Long Car > Long Doors

Kalau tempat yang satu ini lebih sering digunakan pada mode Casual, jarang ada yang menggunakannya di mode Competitive karena biasanya Long Doors sering dilempari dengan Smoke dan Counter Terrorist malah pergi ke Short A atau Middle. Spot ini letaknya persis di belakang mobil berwarna kuning yang terletak di Outside Long, kemudian anda dapat melakukan scope ke sela-sela Long / Double Doors. Biasanya CT sering menunggu disitu atau sambil sniping juga dari arah Blue Box.

7. Outside Long > Top Middle


Outside Long > Top Middle

Masih di Outside Long, anda dapat melihat ke belakang mobil yang berwarna kuning, disana terdapat ranjang buah kayu yang bertumpuk-tumpuk. Anda dapat melompat ke sana, lalu arahkan scope ke Top Middle. Tempat ini lumayan cocok buat anda yang ingin mencegat CT yang berasal dari Middle menuju ke arah Long A. Tetapi ada satu kekurangan dari tempat ini, yaitu tempat perlindungan yang kurang bagus sehingga besar harapan anda yang mati bila musuh mengetahui keberadaan anda.


8. T Ramp Car > Upper Tunnel


T Ramp Car > Upper Tunnel

Pada saat baru saja round dimulai, anda harus cepat-cepat membeli AWP atau SSG, lalu pergi ke T Ramp yang letaknya di sebelah kiri dati T Spawn. Cari mobil yang berwarna biru di sana, lalu berjongkok di belakang mobil tersebut sambil melakukan sniping ke arah Upper Tunnel arah Bombsite B. Tempat ini cocok bagi anda yang ingin mematahkan formasi CT yang ingin menciduk Terrorist yang berada di Middle melalui Tunnels.

9. Middle Xbox > Cat Stairs


Middle Xbox > Cat Stairs

Kalau spot ini cocok untuk kedua tim baik T maupun CT. Di middle atau lebih tepatnya lagi dekat dengan Doors, anda dapat melihat ada sebuah box kayu di sana. Anda dapat melompat ke atasnya melalui catwalk, atau dengan berlari menggunakan pisau dari arah Lower Tunnel dan melompat secepat mungkin. Lalu, anda dapat mengecek ke arah Stairs di Cat alias Short A sambil menunggu CT atau T yang datang. Tetap berhati-hati, karena bisa saja musuh muncul secara tiba-tiba atau datang dari arah kiri anda (CT Middle) dan belakang anda (Lower Tunnel).

10. CT Spawn Box > Elevator


CT Spawn Box > Elevator

Yang terakhir, mungkin anda membutuhkan bantuan dari teman anda agar bisa melakukan ini. Anda bisa pergi ke CT Spawn melalui Middle, lalu lihat box yang terletak di sebelah kanan anda, lompat dan naiki box tersebut sehingga anda dapat melihat CT yang sedang berjongkok di Elevator A. Untuk dapat menaiki box tersebut anda memerlukan bantuan dari salah seorang teman anda, suruh teman anda tadi berjongkok di sebelah box, lalu anda lompat ke atasnya dan lompat lagi ke arah box. Hati-hati serangan dari arah Bombsite B, ya!

Menurut saya sepuluh spot diatas merupakan tempat-tempat terbaik dan yang paling aman dibandingkan tempat lainnya, jadi saya sudahkan artikel Saladinez seputar "10 Tempat Sniping Terbaik untuk Map Dust II di CSGO" ini, semoga bermanfaat buat anda.

Artikel Terkait

0 komentar untuk 10 Tempat Sniping Terbaik untuk Map Dust II di CSGO

Silakan berkomentar menggunakan akun Google Plus anda. Jangan buang-buang waktu hanya untuk melakukan SPAM disini.