Cara Mengatasi SimCity 5 2013 yang Lag dan Patah-Patah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Saladinez
Cara Mengatasi SimCity 5 2013 yang Lag dan Patah-Patah

Jujur saja, pasti anda yang sedang membaca artikel ini memainkan game SimCity 5 di laptop spek rendah-medium, karena kalau spek high atau tinggi masalah ini modar, nda bakal lag apalagi patah-patah hehe...

Seperti yang sudah saya katakan pada artikel sebelumnya, game buatan Maxis ini menggunakan teknologi GlassBox engine, semacam engine yang membuat grafik menjadi lebih HD dan real. Semua menjadi terlihat lebih nyata, HD, bayangan, pencahayaan, benar-benar dapat memberikan pengalaman bermain yang super menakjubkan.

Penggunaan GlassBox ini menjadi berita baik sekaligus berita buruk - baik bagi yang punya laptop spek tinggi, berita buruk bagi laptop spek low-med. Saya sendiri memainkan game ini menggunakan laptop spek med-high, dan FPS yang saya dapatkan hanya berkisar 30-40 saja dengan settingan grafik paling tinggi...

Oleh karenanya, kali ini Saladinez ingin membagikan beberapa tips dan trik supaya lag dan FPS drop tadi modar, jadi anda dapat bermain dengan bebas tanpa hambatan lag dan mendapatkan FPS diatas 30 terus.

Mengatasi FPS Drop, Lag, Patah, dan Cara Meningkatkan FPS di SimCity 5


1. Pastikan spesifikasi laptop anda memadai


Hal pertama dan yang paling utama yang harus anda cek ialah pastikan kalau laptop atau PC yang anda gunakan untuk bermain game ini memenuhi setidaknya spesifikasi minimal. Karena seperti slogan buatan Saladinez:

"Beribu-ribu cara yang kau lakukan untuk mengatasi lag di game tidak akan berguna jika spesifikasi laptop tidak memadai..." -Saladinez a.k.a Ozik Jarwo a.k.a ZarwiZ

Nah spesifikasi yang anda perlukan secara garis besar dapat saya katakan laptop spek medium. Kalo mau beli laptop, bilang saja ke orangnya "mas saya beli laptop spek medium", saya bisa pastikan anda bisa bermain game ini dengan grafik low-med dan FPS diatas 30. Tapi anda harus menyiapkan dana berkisar 4 juta keatas....

Untuk yang ingin tau spesifikasi lengkapnya, saya sudah pernah membahasnya di artikel ini: Spesifikasi Game: SimCity 5 (2013) PC.

2. Setting grafik ke low


Cara kedua ialah anda dapat mengubah settingan grafik ke yang paling low. Cara ini terbilang ampuh, karena kualitas grafik SimCity 5 yang sangat HD dan keren dapat menyebabkan lag dan patah-patah parah. Terutama pada bagian setting Lightning dan Shadow, sangat membuat berat. Silakan anda set menjadi low semua seperti pada gambar dibawah ini:

Settingan Grafik Low untuk SimCity 5

Tidak apa-apa grafik jelek, yang penting tidak lag dan punya skill, betul kan?

3. Tutup aplikasi latar belakang yang berjalan


Cara terakhir yang dapat anda lakukan ialah menutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang. Jangan salah, 1 aplikasi saya dapat memakan CPU sekitar 5-10%. Bahkan, aplikasi browser seperti Chrome atau Firefox dapat memakan CPU dan Memory hingga 50% keatas. Hal ini tentu saja dapat membuat game menjadi lag, karena CPU dan RAM termakan oleh aplikasi-aplikasi lain.

Sebenarnya masih ada cara lain, seperti menggunakan Game Booster, selalu mengupdate game ke versi yang terbaru, update driver, dan lain sebagainya. Tetapi, menurut pengalaman saya sendiri ketiga cara diataslah yang paling ampuh. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Artikel Terkait