Cara Membuat & Mengubah GTA IV jadi Mode Windowed

Saya yakin 100% para gamer pasti sudah pernah memainkan game yang bernama Grand Theft Auto. Game yang lebih sering disingkat GTA ini sudah populer di seluruh belahan dunia, termasuk di Indonesia. Hal yang membuat para pemain sangat menyukai nya ialah genre open-world nya, sehingga anda bebas berkelana ke seluruh dunia di map sambil melakukan banyak hal, seperti mengendarai kendaraan, masuk ke toko, menembak sesuatu, dan lain-lain.

Salah satu versi yang paling diminati oleh para pemainnya ialah GTA IV. Hal ini dikarenakan spesifikasi laptop untuk bermain GTA IV tidak terlalu jauh daripada GTA SA, sedangkan grafiknya tidak kalah keren dari GTA V.

Bila anda memiliki spek laptop yang terlalu rendah bahkan sampai ke kategori low-end, GTA IV akan menjadi terasa sangat berat dan lag. Salah satu cara mengatasi lag tersebut ialah dengan bermain pada mode resolusi rendah dan windowed.

Contoh GTA IV yang dimainkan dalam mode Windowed

Nah masalahnya, GTA IV tidak memiliki settingan ini pada bagian Graphic di Options nya. Tapi tenang saja, Saladinez bisa mengakalinya melalui commandline.txt, sehingga hasilnya seperti pada gambar diatas. Berikut tutorial nya.

Cara Mengubah GTA IV Menjadi Mode Windowed & Mengembalikannya Menjadi Fullscreen dengan commandline.txt


  • Pertama silakan anda buka folder direktori dimana GTA IV terinstal.
  • Kemudian, cari file yang bernama commandline.txt

Tidak menemukan filenya? Silakan anda buat secara manual dengan menggunakan Notepad. Berikan nama commandline dan simpan dalam bentuk ekstensi .txt.

  • Silakan buka filenya, kemudian cari dan hapus tulisan "-fullscreen". Tidak ada? Lanjut ke langkah selanjutnya.
  • Lalu, tambahkan command -windowed di baris paling akhir.


Menambahkan command baru


  • Simpan, dan coba sekarang buka gamenya.


Sekarang GTA IV akan berjalan dalam mode Windowed. Untuk mengubah ukuran window nya, silakan ganti resolusi melalui Options > Graphics. Sedangkan bila anda ingin mengubahnya kembali menjadi fullscreen, silakan buka kembali commandline.txt nya, lalu ganti command -windowed menjadi -fullscreen. Bagaimana? Mudah saja bukan?

Artikel Terkait

0 komentar untuk Cara Membuat & Mengubah GTA IV jadi Mode Windowed