Cara Ampuh Mempercepat Kinerja HP Vivo Agar Tidak Lelet & Lemot Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Saladinez
Cara Ampuh Mempercepat Kinerja HP Vivo Agar Tidak Lelet & Lemot

Seperti yang kita ketahui, Vivo memang tergolong hp android yang sedang tren pada saat ini. Dengan spesifikasi yang memadai seperti RAM 2 GB, Clock Speed prosesor 1.5 GHz keatas, dan ukuran memory internal yang besar membuatnya sangat cocok dipakai untuk hp gaming.

Selain itu, rata-rata hp Vivo memiliki harga yang terjangkau, yaitu berkisar antara 1.5 juta hingga 3 juta rupiah saja untuk merek dan spesifikasi mirip dengan versi Y15, Y69, dan Y51 L. Hal ini berarti Vivo memiliki kualitas yang sangat baik untuk sekelasnya, sehingga tidak salah anda memilihnya untuk mendukung berbagai macam kegiatan, seperti foto, musik, bermain game, hingga untuk kerja.

Walaupun spesifikasinya memadai, tetap saja akan ada waktunya handphone android tersebut mengalami masalah-masalah seperti lelet, lemot, lag, dan lain sebagainya. Salah satunya ialah Vivo, ia juga akan mengalami masalah seperti itu bila sudah terlalu lama dipakai. Atau bisa jadi hp Vivo menjadi lelet dan lemot karena kebiasaan buruk anda pada saat bermain hp.

Nah kali ini Saladinez ingin membahasnya sekaligus memberikan cara mengatasi hp Vivo yang lelet dan lemot sekaligus dapat mempercepat kinerjanya. Langsung saja disimak dengan baik-baik artikelnya...

Penyebab HP Vivo Lelet, Lemot, atau Lag


1. Terserang Virus


Kemungkinan pertama yang dapat terjadi ialah hp anda terkena virus. Manusia yang terkena atau sedang sakit pasti akan cepat kelelahan, tidak nafsu makan, tidak kuat berdiri, hingga terkadang hanya bisa terbaring di tempat tidur. Nah sama dengan handphone, bila ia terkena virus atau malware, ia akan menjadi lemot, lag, bahkan terkadang bila terjangkit virus yang berbahaya bisa saja hp menjadi matot alias mati total.

Virus atau malware yang berbahaya dapat menggandakan diri ketika sudah memasuki sebuah sistem, sehingga ia dapat memenuhi kapasitas sistem seperti prosesor dan RAM dan membuat hp menjadi lemot. Virus dapat muncul bila anda sering mendownload aplikasi-aplikasi illegal atau yang berbau crack dari internet.

2. Kapasitas penyimpanan penuh


Yang kedua adalah hp tidak memiliki ruang bebas di penyimpanan internalnya. Aplikasi-aplikasi pihak ketiga terlebih seperti game online memerlukan penyimpanan ekstra agar dapat berjalan dengan lancar, karena game online atau aplikasi chatting media sosial sering mengalami update produk agar aplikasinya tetap stabil.

Bila memori internal anda penuh, hp akan menjadi lelet karena sistem tidak memiliki cukup ruang untuk melakukan update, sehingga aplikasi tetap menjadi yang versi lama dan stabilitas bisa saja berkurang.

3. Terlalu banyak aplikasi background / berjalan di latar belakang


Aplikasi-aplikasi media sosial dan chatting seperti Facebook, Line, Whatsapp, BBM, dan sebagainya akan selalu mengirimi anda pembaruan melalui notifikasi, entah notifikasi ada chat baru masuk, perlu pembaruan aplikasi, dan lain sebagainya. Munculnya notifikasi ini menandakan bahwa aplikasi selalu berjalan di latar belakang, sehingga aplikasi tersebut tetap memakan RAM dan prosesor walaupun anda tidak menggunakannya.

Setelah mengetahui secara garis besar apa saja yang membuat hp Vivo lemot, lelet, dan lag, anda seharusnya sudah tau bagaimana cara mengatasinya...

Cara Mengatasi HP Vivo yang Lag, Lemot, dan Lelet


1. Menginstal aplikasi antivirus


Karena virus dapat membebani RAM dan prosesor, maka anda harus segera menghilangkannya yaitu dengan cara menginstal aplikasi antivirus. Anda bisa mencarinya di Play Store atau Google, tapi saran saya download aplikasi antivirus melalui Play Store saja karena keamanannya sudah terjamin.

Setelah selesai didownload dan instal, maka anda perlu melakukan scan dan menghapus semua aplikasi atau file yang menurut antivirus tadi berbahaya.

2. Rajin Menghapus Sampah atau Cache


Sampah alias cache merupakan file-file yang tidak berguna bekas dari suatu aplikasi. Cache ini bersifat menumpuk dan tidak berguna, sehingga bila anda biarkan maka lama kelamaan akan terus menumpuk menjadi semakin besar ukurannya, bahkan sampah dari Youtube saja bisa mencapai 500 MB!

Anda harus selalu rajin menghapusnya. Untuk cara menghapusnya ada 2 macam, yaitu dengan menginstal aplikasi pembersih cache dari Play Store seperti CCleaner atau menghapusnya secara manual melalui pengaturan > aplikasi > hapus cache.

3. Hapus / uninstall aplikasi yang jarang dipakai


Setiap aplikasi memiliki ukuran yang beragam. Rata-rata, sebuah aplikasi memiliki ukuran dari 20 MB hingga 1 GB. Mungkin ukuran seperti itu tidak terlalu besar, tetapi bila tidak terpakai maka akan menjadi sayang karena hanya akan "memberati" hp android Vivo anda. Saran saya hapus atau uninstall aplikasi-aplikasi yang jarang dipakai, atau bahkan anda tidak memakainya sama sekali.

4. Jangan menginstal terlalu banyak aplikasi sosial media


Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, aplikasi sosmed selalu berjalan di latar belakang agar chatting baru selalu muncul di notifikasi. Itu artinya semakin banyak sosmed yang anda instal, semakin terbebani pula RAM hp anda.

Mungkin hal ini tidak masalah bagi hp yang spek nya tinggi. Tapi untuk hp seperti Vivo Y 51 atau sejenisnya hal ini sangat membebani RAM, sehingga apabila anda membuka aplikasi lainnya akan menjadi lemot dan lelet karena RAM yang hampir penuh hanya untuk sosmed saja.

5. Uninstal ulang HP atau Factory Reset


Bila semua cara diatas sudah dilakukan tapi tetap saja lemot, cara terakhir yang dapat anda lakukan adalah dengan membawa ke counter terdekat untuk dilakukan instal ulang atau bagi anda yang mengerti dapat melakukan Factory Reset secara manual di rumah. Cara ini terbilang ampuh, karena semua data akan terhapus dan hp menjadi seperti baru lagi.

Bagaimana? Apakah setelah melakukan kelima cara ampuh diatas masalah-masalah seperti lemot, lag, dan lelet masih sering muncul di HP Vivo? Selamat mencoba semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

0 komentar untuk Cara Ampuh Mempercepat Kinerja HP Vivo Agar Tidak Lelet & Lemot

Silakan berkomentar menggunakan akun Google Plus anda. Jangan buang-buang waktu hanya untuk melakukan SPAM disini.