8 Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Mengirim Pesan & Selalu Pending

Para pengguna Whatsapp pasti sudah pernah mengalami WA bermasalah, salah satu masalahnya ialah ketika mengirim pesan, muncul tanda jam atau tanda pending, yang berarti pesan yang tidak bisa terkirim sehingga anda tidak bisa mengirim pesan tersebut.

Tidak bisa kirim pesan WA sebenarnya hal yang wajar dan sudah banyak orang lain yang mengalami hal serupa, namun hal ini tentu sangat mengganggu karena fungsi utama dari aplikasi itu sendiri adalah untuk mengirim pesan kepada teman atau orang lain, entah melalui private chat atau melalui grup.

Nah oleh karenanya, kali ini Saladinez ingin membagikan seputar bagaimana cara mengatasi Whatsapp yang error, silakan disimak baik-baik.

Cara Mengatasi Whatsapp Error Tidak Bisa Mengirim Pesan dan Selalu Pending


1. Pastikan aplikasi WA selalu update


Cara pertama yang dapat anda lakukan ialah memastikan bahwa aplikasi WA anda selalu dalam kondisi paling update agar tidak ketinggalan zaman. Hal ini penting mengingat bisa saja pada versi sebelumnya atau versi yang lama terdapat bug atau masalah sehingga anda tidak bisa mengirim pesan kepada siapa saja.

Bukan hanya untuk menghilangkan error ini, update aplikasi juga dapat menambahkan fitur-fitur baru ke dalam aplikasi dan membuat WA menjadi lebih stabil sehingga kecil kemungkinan bisa muncul error atau hal aneh lainnya.

2. Gunakan koneksi yang cepat, minimal 3G atau 4G


Sinyal yang lemah juga sangat berpengaruh terhadap masuk atau tidaknya pesan kepada sang penerima. Bila internet anda lemot pesan akan lama sekali baru terkirim bahkan terkadang gagal terkirim, sebaliknya bila internet anda cepat pesan akan cepat sekali terkirim dan sampai.

Saran saya gunakan kartu data yang sinyalnya bagus di sekitar daerah anda dan pastikan minimal kartu tersebut sudah 3G atau lebih baik lagi kalau sudah 4G. Bila anda memiliki cukup budget, tidak ada salahnya bila memasang Wi-Fi agar jaringan jauh lebih stabil dan cepat.

3. Hapus Cache Whatsapp


Cache atau dalam bahasa Indonesianya adalah sampah merupakan file-file tidak berguna yang biasanya hanya terpakai pada saat dulu, jadi sekarang sudah tidak berguna lagi. Bisa saja file tersebut merupakan file yang menyebabkan error dan bentrok di aplikasi WA anda sehingga tidak bisa mengirim pesan.

Cara menghapus cache mudah saja, anda hanya perlu masuk ke setting > aplikasi > Whatsapp > hapus cache. Tenang saja, menghapus cache tidak akan menghilangkan data anda sehingga aman dan tidak membuat anda harus login lagi dengan nomor telepon atau password.

4. Restart HP anda


Bisa sudah menghapus cache masih saja tidak bisa, anda harus segera melakukan restart alias mematikan lalu menyalakan ulang hp android anda. Hal ini bertujuan agar hp dapat segar kembali, dan bila memang aplikasi WA error, maka akan diperbaiki ketika sedang direstart.

Bukan cuma WA, aplikasi-aplikasi medsos untuk chatting lainnya seperti Line, BBM, Facebook, Messenger, dan sebagainya juga harus direstart setelah melakukan hapus cache agar dpaat kembali berjalan dengan normal.

5. Coba hapus data


Langkah kelima yang dapat anda lakukan adalah dengan menghapus data WA. Menghapus data akan menghapus semua chat, foto, video, dan hal lainnya yang berkaitan dengan akun WA anda, tetapi tidak menghapus akun tersebut sehingga bila sewaktu-waktu anda bisa membukanya kembali dengan catatan histori chat yang hilang.

Cara menghapus data mirip saja dengan menghapus cache, yaitu dengan membuka pengaturan > aplikasi > Whatsapp > Hapus data. Jangan lupa untuk melakukan backup yaitu dengan cara screenshot chat-chat penting agar tidak hilang. Lalu, buka kembali WA nya dan silakan login menggunakan nomor telepon dan password anda bila diminta.

6. Uninstall aplikasi dan download ulang


Bila kelima cara diatas masih tidak bisa mengatasi masalah WA yang tidak bisa mengirim pesan, anda dapat melakukan uninstall alias menghapus aplikasi Whatsapp dari hp android anda dan mendownload ulang melalui Play Store atau Google. Cara ini terbilang ampuh, karena secara otomatis telah menghapus semua data dan cache hingga ke akar-akarnya.

Setelah di download ulang, silakan anda instal, buka, dan login ke akun anda menggunakan nomor telepon pribadi atau password bila diminta.

7. Pastikan anda tidak diblokir oleh orang tersebut


Sebanyak apapun anda mengirim pesan pasti tidak akan bisa masuk dan terkirim ke orang lain kalau anda sudah diblokir olehnya, entah karena kesal kepada anda, atau hal lainnya. Pemblokiran dapat saja terjadi tanpa se pengetahuan anda, sehingga secara tiba-tiba anda tidak bisa mengirim pesan kepadanya.

Bila sudah terblokir, cara terakhir yang dapat anda lakukan hanyalah berganti akun atau meminta orang tersebut untuk unblock anda entah melalui ketemuan langsung atau telpon.

8. Kosongkan sebagian ruang penyimpanan


Cara terakhir yang dapat anda lakukan bila ketujuh cara diatas masih belum bisa mengatasi masalah anda adalah dengan mengosongkan sebagian ruang penyimpanan anda. Hal ini bertujuan agar pesan dapat terkirim, karena biasanya WA memberlakukan cache untuk pesan sehingga bila ruang memori anda penuh, pesan tidak masuk ke cache dan otomatis tidak akan bisa terkirim pula.

Berikut artikel Saladinez seputar delapan cara mengatasi Whatsapp tidak bisa mengirim pesan dan pesan selalu pending, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

0 komentar untuk 8 Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Mengirim Pesan & Selalu Pending