Pada saat itu, saya sedang asik bermain game dan mengotak-atik Command Prompt. Eh tiba-tiba muncul pesan error seperti gambar di atas ini.

Awalnya saya mengira hal ini merupakan hal yang sepele, tinggal saya tekan Close sudah selesai. Ternyata, keesokan harinya saat saya baru menyalakan laptop saya pesan error ini muncul lagi. Saya sempat agak direpotkan oleh pesan ini karena selalu mengganggu aktifitas saya saat sedang bermain game atau yang lainnya. Game akan langsung ter-minimize dan muncul pesan ini. Lalu saya mencoba mencari cara untuk mengatasi masalah ini, saya ikuti panduannya, tetapi hasilnya tidak memuaskan. Tidak ada satupun cara yang dapat mengatasi masalah ini. Baik cara yang menggunakan Command Prompt sampai yang menggunakan Regedit. 

Akhirnya, setelah berjuang mencari solusi, saya mendapatkan caranya dan berhasil saya terapkan di laptop saya sendiri. Total waktu yang saya gunakan untuk mencari solusi ini sekitar 5-6 hari, cukup lama untuk masalah dan solusi yang mungkin agak sepele jika anda telah mengetahuinya. Oke langsung ke caranya saja ya.

1. Cara regedit

1. Tekan Windows + R secara bersamaan, lalu ketik Regedit dan klik Enter atau OK.
2. Di Regedit alias Registry Editor, cari:  

HKEY_LOCAL_MACHINE > Software > Microsoft > Windows Script Host > Settings




3. Klik kanan, lalu pilih New -> DWORD (32-bit Value).


4. Ganti namanya menjadi Enabled.


5.Kemudian klik 2x pada Enabled, lalu ganti angka pada Value Data dari 0 menjadi 1. Setelah itu klik OK.


6. Selesai, Restart laptop anda untuk menerapkan pengaturan tadi.

Bagaimana? Apakah masih ada muncul pesan error seperti tadi? Mungkin jawabannya ada yang iya ada yang tidak. Nah bagi yang masih muncul pesan errornya, ikuti cara yang kedua.

2. Cara SMADAV

1. Klik Icon Tray yaitu gambar panah di sebelah kanan Taskbar.



2. Lalu klik kanan ikon SMADAV, klik Allow Windows Script & Macro (Forever).



3. Bila muncul kotak pesan, Klik saja OK.



4. Langkah terakhir yaitu Restart laptop anda.

Jawabannya pasti berhasil bukan? Sekarang anda bisa bebas menggunakan laptop anda tanpa ada gangguan-gangguan seperti itu lagi. Ternyata solusinya sangat mudah, tetapi bila kita tidak ingin mencoba untuk mengatasinya, maka akan menjadi bertambah masalahnya. Terima kasih telah berkungjung dan jangan lupa berbagi itu keren!

Artikel Terkait

0 komentar untuk Masalah Windows Script Host Access Disabled/Error

Silakan berkomentar menggunakan akun Google Plus anda. Jangan buang-buang waktu hanya untuk melakukan SPAM disini.