Hal Penting Yang Perlu Dilakukan Sebelum Membuat Event 2020


    Apakah kamu pernah datang ke sebuah event/acara? Apa yang kamu rasakan saat berada disana? Tentunya kamu merasakan kemeriahannya bukan. Pernahkah kamu bayangkan jika suatu saat kamu menjadi ketua pelaksana dari sebuah event besar? Dan apa yang harus kamu lalukan? Artikel ini sangat cocok untuk kamu yang akan menyelenggarakan sebuah event besar, baik event kantor, sekolah maupun lembaga. Sebelum kamu melaksanakan sebuah event yuk ketahui dulu apa yang harus kamu lakukan.

     

    Tahukah Kamu Apa Itu Event?


    Event atau festival adalah sebuah agenda yang dilaksanakan secara rutin baik setahun sekali maupun bulanan. Pada umumnya sebuah acara dilaksanakan untuk memperingati sebuah peristiwa penting atau hari besar serta memiliki tujuan tertentu. 

    Contohnya event tahunan sekolah. Apakah kamu pernah berkunjung ke event tahunan sekolah? Event tahunan sekolah biasanya dibuat untuk memperingati ulang tahun atau hari jadi sekolah. Event ini berisi berbagai lomba mulai dari bidang akademik sampai non akademik dan tentunya memiliki tujuan tersendiri.


    Hal-hal Yang Harus Kamu Lakukan


    Saat kamu menjadi ketua pelaksana tahukah kamu apa yang harus kamu lakukan? Simak artikel ini sampai habis dan kamu akan menemukan jawabannya. 

     

    • Membuat List Tugas Yang Akan Kamu Lakukan

    Jika kamu adalah orang yang suka mencatat berbagai hal penting pastinya kamu sudah tidak asing dengan hal ini tetapi jika kamu adalah seseorang yang tidak suka mencatat dan merasa pelupa kamu wajib banget membiasakan dirimu untuk menulis berbagai hal penting di buku mu. Kamu bisa memulai dengan menuliskan tugas yang akan kamu selesaikan pada minggu ini dan memberi tanggal yang spesifik kapan tugas itu harus selesai. Mengapa harus demikian? Hal ini agar kamu menjadi orang yang disiplin dan tidak menunda waktu dalam mengerjakan tugas mu.


    • Koordinasi

    Hal ini merupakan bagian penting dalam kesuksesan acara yang akan kamu buat, saat kamu tidak mengetahui gambaran bagaimana acara sebelumnya pastinya kamu akan menjadi bingung bukan akan tugasmu, maka dari itu koordinasilah kepada pihak panitia sebelumnya hal ini sangatlah penting. Tanyakanlah berbagaihal yang masih kurang kamu ketahui serta mulailah mencari berbagai informasi kepada siapapun.

    Selain kepada pihak panitia event sebelumnya kamu juga wajib banget nih melakukan koordinasi kepada penanggung jawab event yang akan kamu laksanakan ini serta kepada seluruh panitia. Mengapa kita harus melakukan koordinasi? Tentu saja karena jika kamu ingin acara berjalan lancar serta sukses semua pihak yang tergabung didalamnya tidak boleh ada yang miskomunikasi. 


    • Membuat Konsep Acara

    Setelah kamu mengetahui gambaran event sebelumnya tentu saja kamu telah memiliki gambaran mengenai event yang akan kamu laksanakan. Mulailah dengan memikirkan inovasi apa yang ingin kamu hadirkan dalam event mu kali ini serta catatlah berbagai inovasi dan gambaran konsepmu pada note agar kamu tidak lupa. Mulailah untuk mencari pengisi acara yang sesuai dengan konsepmu, kamu bisa mencari pengisi acara dengan datang ke taman budaya serta mulailah untuk menyusun berbagai macam lomba yang ingin kamu adakan. Tuangkan berbagai ide yang ingin kamu hadirkan serta mulailah untuk menyusun rangkaian acara yang akan dilaksanakan. 


    • Lakukan Latihan Gabungan Serta Geladi Resik

    Kamu telah mendatangi pengisi acara? Setelah itu lakukanlah latihan gabungan antar pengisi acara dan MC agar tidak ada misskomunikasi antar pengisi acara, selain itu guna menyesuaikan dengan konsep yang telah kamu rancang. Saat H-1 acara kamu wajib melakukan yang namanya geladi resik, geladi resik atau yang biasa disebut geladi bersih adalah latihan pertunjukan yang menyerupai hari H guna menyesuaikan para pengisi acara dengan keadaan saat hari H. 


    • Evaluasi Acara

    Setelah acara berlangsung pastinya kamu mempunyai evaluasi yang harus diubah pada event selanjutnya. Mulailah dengan mengumpulkan para anggotamu untuk melalukan evaluasi serta berdiskusilah pada mereka untuk menemukan penyelesaian evaluasi kalian. 


    Semoga artikel seputar hal-hal penting yang perlu dilakukan sebelum membuat event terbaru 2020 ini dapat membantu kalian semua serta bermanfaat dikemudian hari.

    Jadilah komentator pertama!

    Kebijakan Komentar

    Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.

    Emoticon
    :)
    :(
    hihi
    :-)
    :D
    =D
    :-d
    ;(
    ;-(
    @-)
    :P
    :o
    }D
    (o)
    :p
    (p)
    :-s
    (m)
    8-)
    :-t
    :-b
    b-(
    $-)
    (y)
    x-)
    (l)
    Penggunaan Tag & Gambar di Komentar
    Menggunakan PRE (block element)
    [pre] ... [/pre]

    Menggunakan CODE (block element)
    [code] ... [/code]

    Memasukkan IMG (gambar)
    [img src='...'/]

    Catatan:
    • Isi ... pada tag PRE dan CODE dengan kode yang ingin dimasukkan
    • Isi ... pada tag IMG dengan link gambar yang ingin ditampilkan
    • Parse terlebih dahulu kode yang ingin dimasukkan pada tab sebelah kanan (☷), caranya yaitu masukkan kode yang ingin diparse ke dalam box input, lalu hasil parse akan muncul pada box output
    HTML Parser
    Input:
    Output: